Publikasi Ekonomi Politik

img
Sabtu, 29 Oktober 2022

Ekonomi Hijau dalam Visi Indonesia 2045

Kategori Ekonomi Politik
Author LAB 45, CSIS

Seluruh negara tengah menghadapi krisis planet (planetary crisis) yang tidak dapat diselesaikan oleh beberapa negara saja. Inisiatif mitigasi yang diselenggarakan secara multilateral telah membuahkan Kesepakatan Paris yang menuntut komitmen tidak hanya negara maju tetapi juga negara berkembang dalam menurunkan emisi, salah satunya adalah Indonesia. Dalam memenuhi komitmen tersebut Indonesia telah mengarusutamakan pembangunan berkelanjutan yang dilakukan melalui praktik Ekonomi Hijau. Berdasarkan kondisi tersebut, monograf ini mencoba melakukan 1) Evaluasi perkembangan Ekonomi Hijau; 2) Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi Indonesia; 3) memberikan strategi dan rekomendasi; dan 4) Menyusun proyeksi perkembangan Indonesia ke depan.

img
Kamis, 29 September 2022

Prospek Ekonomi Biru bagi Pemulihan Ekonomi Indonesia

Kategori Ekonomi Politik
Author LAB 45, SDGs Center UNDIP, PKSPL-IPB

Indonesia memiliki potensi ekonomi biru yang besar sebagai alternatif penggerak pemulihan dan pertumbuhan ekonomi. Realisasi atas potensi ini menjadi krusial ketika pertumbuhan dari sektor lainnya tidak lagi bisa menopang kebutuhan yang terus berkembang. Oleh karena itu, pemetaan dan perencanaan terhadap potensi ini perlu disusun sedini mungkin. Keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan keberlangsungan ekologi menjadi kunci pengembangan ekonomi biru. Dalam konteks tersebut, kajian ini menganalisis

img
Rabu, 21 September 2022

Dampak Utang Jatuh Tempo terhadap Nilai Tukar

Kategori Ekonomi Politik
Author Fariz Raffandi Marzuki, Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat

Tekanan dari pembayaran kupon dan jatuh tempo utang terhadap nilai tukar cenderung tidak menimbulkan masalah. Tekanan ini juga relatif minimal terhadap Neraca Transaksi Berjalan (Current Account).

img
Kamis, 01 September 2022

Tinjauan Ekonomi Hijau

Kategori Ekonomi Politik
Author LAB 45, CSIS

Istilah Ekonomi Hijau pertama kali muncul oleh Pearce et al. pada 1989, lewat laporan “Blueprint for a Green Economy”. Semenjak itu, terjadi perkembangan istilah. Pada 2011, United Nations Environment Programme (UNEP) mendefinisikan Ekonomi Hijau sebagai “peningkatan kesejahteraan dan kesetaraan sosial, dan secara signifikan mengurangi risiko lingkungan dan kelangkaan ekologi”.

img
Selasa, 12 Juli 2022

BBM Bersubsidi untuk Nelayan

Kategori Ekonomi Politik
Author M. Riza Damanik

Hasil survei memperlihatkan penyaluran BBM bersubsidi ke nelayan kecil dan tradisional belum tepat sasaran. Ketidaktepatan distribusi BBM bersubsidi ke nelayan kecil dan tradisional telah merugikan semua pihak.

img
Jum'at, 27 Mei 2022

Covid-19 in Indonesia: Impacts on the Economy and Ways to Recovery

Kategori Ekonomi Politik
Author Ikhlas Tawazun, Rionanda Dhamma Putra, Trayaka Rosadi

Covid-19 memiliki dampak sistemik bagi perekonomian, tidak terkecuali Indonesia. Sebagai sebuah perekonomian yang bergantung pada konsumsi, pemerintah Indonesia dihadapkan oleh dilema antara menekan laju penyebaran virus atau mempertahankan roda perekonomian. Kebijakan pembatasan sosial menjadi ‘pil pahit’ bagi perekonomian untuk dapat memulihkan aktivitas ekonomi sebelum pandemi terjadi. Meski begitu, masih terdapat beberapa pekerjaan rumah untuk memperbaiki scarring effect akibat Pandemi Covid-19.

img
Rabu, 25 Mei 2022

Penataan Bisnis Minyak Sawit

Kategori Ekonomi Politik
Author Makmur Keliat

Pemerintah telah membuat langkah positif membuka kembali keran ekspor minyak sawit. Juga telah melakukan investigasi pelanggaran bisnis minyak sawit. Namun, upaya itu perlu dilengkapi agenda kebijakan untuk perbaikannya.

img
Kamis, 28 April 2022

Polemik Komoditas Gula

Kategori Ekonomi Politik
Author Fariz Raffandi Marzuki, Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat

Produktivitas komoditas gula dalam negeri tidak dapat berkembang akibat dua hal, yaitu: (1) rendahnya upaya intensifikasi seperti mesin dari pabrik gula yang mayoritas berumur 100-184 tahun; dan (2) terbatasnya kegiatan ekstensifikasi terlihat dari ketersediaan lahan tanam tebu.

img
Jum'at, 08 April 2022

Tantangan Realitas Geopolitik Baru

Kategori Ekonomi Politik
Author Makmur Keliat

Hingga kini institusi-institusi internasional belum efektif mengatasi kelabilan global sebagai akibat dari tindakan perang dan agresi militer. Ada sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia di masa depan.

img
Jum'at, 01 April 2022

Polemik Harga Minyak Goreng

Kategori Ekonomi Politik
Author Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat

Pasar minyak goreng di Indonesia mendapat banyak intervensi. Di hulu, intervensi dilakukan oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian ESDM. Sementara itu, Kementerian Perdagangan melalui Harga Eceran Tertinggi (HET) melakukan intervensi di hilir.