header

Tentang Kami

img

Profil

LAB 45 adalah lembaga kajian yang ingin menyelaraskan antara ilmu pengetahuan dan praktik empiris di bidang peramalan strategis.

LAB 45 berkonsentrasi pada perkembangan global yang berdampak strategis dan bersifat disruptif terhadap kemajuan dan stabilitas Indonesia.

LAB 45 bekerja membantu para pemangku kebijakan dalam mendorong proses transformasi Indonesia menuju negara maju pada tahun 2045.

img

Program

Konsentrasi riset LAB 45 adalah berbagai perkembangan seputar politik keamanan dan ekonomi politik.

Topik-topik dalam studi politik keamanan meliputi politik konstituen, politik luar negeri, strategi pertahanan, keamanan maritim, radikalisme dan separatisme.

Ruang lingkup kajian ekonomi politik antara lain blok perdagangan, liberalisasi ekonomi, politik fiskal dan moneter, kemaritiman, pembangunan berkelanjutan, serta peran badan usaha milik negara.

LAB 45 juga membangun kapasitas dan kolaborasi dengan komunitas epistemik yang memiliki perhatian terhadap perkembangan global dan nasional.

img

Produk

Kompetensi utama LAB 45 adalah tilik data, proyeksi dan mitigasi.

LAB 45 mengembangkan pangkalan data berdasarkan kaidah dan parameter ilmiah untuk menghasilkan analisis yang kuat dan ringkas.

LAB 45 melakukan peramalan strategis dan perencanaan skenario untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan dan mitigasi risiko-risiko terhadap perkembangan Indonesia selama 25 tahun ke depan.

LAB 45 menghasilkan produk analisis berbasis data empiris berupa Buku, Monograf, Tilik Data, Memo Kebijakan, dan Bedah Literatur.

Tim Kami

img
Andi Widjajanto
Penasihat Senior

Andi Widjajanto adalah Penasihat Senior di LAB 45. Konsentrasi kajiannya adalah pertahanan, hubungan internasional, dan keamanan siber.

Andi kini menjabat sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet di masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (2014-2015) dan Penasihat Senior Kepala Staf Kepresidenan (2016-2022).

Andi mempelajari ilmu hubungan internasional dan studi pertahanan di School of Oriental and African Studies (SOAS), London School of Economics and Political Science (LSE), National Defense University di Washington D.C., dan S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS) di Singapura.

img
Makmur Keliat
Penasihat Senior

Makmur Keliat adalah Penasihat Senior di LAB 45.  Fokus kajiannya meliputi moneter, fiskal, sektor keuangan dan diplomasi ekonomi. Sejak 1999, ia aktif sebagai dosen di Departemen Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia.

Makmur memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta, Sarjana Muda dan Doktorandus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gadjah Mada. Ia pun meraih gelar Doktor dari School of International Studies, Jawaharlal Nehru University.

img
Jaleswari Pramodhawardani
Penasihat Senior

Jaleswari Pramodhawardani adalah peneliti senior di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Di LAB 45, ia adalah Penasihat Senior dengan konsentrasi kajian politik keamanan dan gender.

Dani meraih gelar sarjana strata satu dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas 17 Agustus 1945. Ia kemudian memperoleh gelar strata dua dari Pusat Studi Kajian ilmu Wanita, Universitas Indonesia.

Saat ini, Dani menjabat sebagai Deputi V Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, Papua dan Hak Asasi Manusia Strategis di Kantor Staf Presiden. Sebelumnya, ia bertugas sebagai Staf Khusus Sekretaris Kabinet (2014-2015) dan Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan (2015-2016).

img
Haryadi
Penasihat Senior

Haryadi adalah staf pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga. Di LAB 45, ia aktif sebagai Penasihat Senior dengan fokus kajian seputar pemilihan umum, politik lokal dan multikulturalisme.

Haryadi menempuh pendidikan sarjana dan paskasarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada (UGM). Berbekal pendidikan tersebut, ia menjadi fasilitator bagi rekonsiliasi konflik daerah antara 1999 dan 2003.

Alumnus UGM ini juga pernah diangkat sebagai Penasihat Senior Kepala Staf Kepresidenan (2016-2019). Saat ini, Haryadi menjadi anggota Tim Ahli Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri (2017-sekarang) dan anggota Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (2020-2025).

img
Iis Gindarsah
Koordinator

Iis Gindarsah adalah Koordinator di LAB 45. Ia juga aktif sebagai staf pengajar pada Program Studi Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung.

Gigin memperoleh gelar Master di bidang Kajian Strategis dari S. Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University (2010). Sebelumnya, ia menyelesaikan studi magister Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia (2009).

Sejak tahun 2007, alumnus FISIP Unpar ini pernah bergabung sebagai peneliti di sejumlah lembaga pemikir, baik di dalam maupun luar negeri. Bidang kepakarannya meliputi transformasi pertahanan, inovasi teknologi persenjataan, hubungan sipil-militer, dan diplomasi pertahanan di Asia Timur.

img
M. Riza Damanik
Senior Fellow

Muhammad Riza Damanik adalah Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Di LAB 45, ia adalah Senior Fellow dengan lingkup kajian mengenai kelautan dan perikanan, ekologi politik, pemberdayaan ekonomi dan pemulihan lingkungan hidup. 

Riza mulai mempelajari ilmu kelautan, ekologi politik dan pemberdayaan masyarakat di Universitas Hasanuddin dan Universitas Diponegoro. Ia menyelesaikan pendidikan strata-2 di Universitas Gadjah Mada dan program Doktornya di Universiti Sains Malaysia.

Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) ini juga memperoleh pendidikan khusus bidang Ekologi Politik dari Institute of Social Studies di Belanda (2008), Pendidikan Advokasi Kebijakan Publik dari International for Rural Reconstruction di Filipina (2006), dan Ekonomi Politik Perjanjian Kerjasama Investasi Bilateral dari Transnational Institute di Jerman (2014).

img
Sigit Pamungkas
Senior Fellow

Sigit Pamungkas adalah staf pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada (UGM). Sejak tahun 2020, ia menjadi Tenaga Ahli Utama di Kantor Staf Presiden (KSP).

Di LAB 45, Sigit merupakan Senior Fellow untuk kajian politik elektoral. Sejak memperoleh gelar Master di UGM, ia banyak menekuni isu-isu strategis seputar perilaku politik, pemilihan umum, partai politik dan legislatif.

Sigit pernah menjabat sebagai Anggota termuda Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (2012-2017). Alumnus UGM ini pun diangkat menjadi Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (KAHMI) untuk periode 2017-2022.

img
Reyhan Noor
Analis Utama
Ekonomi Politik

Reyhan Noor adalah Analis Utama Ekonomi Politik di LAB 45. Ia sempat magang di PwC Consulting Indonesia. Minat penelitiannya adalah kebijakan fiskal dan moneter, serta sektor keuangan di Indonesia.

Reyhan memperoleh gelar sarjana ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Saat ini, ia sedang menyelesaikan studi di program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik di almamaternya tersebut.

img
Reine Prihandoko
Analis Kebijakan
Politik Keamanan

Reine Prihandoko adalah Analis Kebijakan Politik Keamanan. Sebelumnya, ia bergabung dalam Kelompok Kerja 8 (Pokja 8) untuk reformasi keamanan dan transformasi pertahanan (2018-2019). Ia sangat berminat pada penelitian seputar keamanan siber, reformasi sektor keamanan dan kebijakan luar negeri.

Reine menyelesaikan studi strata satu dengan konsentrasi pada kajian keamanan di Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Indonesia. Saat ini, ia sedang menyelesaikan studi magister dengan peminatan pada analisis kebijakan publik di Fakultas Ilmu Administrasi di almamaternya tersebut.

img
Dizar Sabana
Analis Kebijakan
Politik Keamanan

Dizar Ramadan Sabana bergabung dengan LAB 45 sebagai Analis Kebijakan Politik Keamanan. Ia pernah bekerja sebagai Analis Kebijakan Luar Negeri di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Dizar mempelajari studi hubungan internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia dengan fokus pada kajian keamanan. Minat penelitiannya meliputi kajian keamanan kritis, keamanan non-tradisional dan dinamika keamanan Asia Tenggara.

img
Omar Farizi Wonggo
Analis Kebijakan
Politik Keamanan

Omar Farizi Wonggo adalah Analis Kebijakan Politik Keamanan di LAB 45. Ia sebelumnya bertugas sebagai staf peneliti bidang politik dan hubungan internasional di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Omar menyelesaikan studi sarjananya di Departemen Hubungan Internasional, Universitas Indonesia. Ia memiliki ketertarikan pada isu-isu seputar kebijakan pembangunan dan politik internasional.

Sejak 2018, Omar banyak melakukan analisis kebijakan antara lain perlindungan warga negara Indonesia di luar negeri, diplomasi perbatasan Indonesia, strategi penguatan kapasitas industri pertahanan, serta strategi pemindahan perwakilan negara asing dan organisasi internasional di Ibu Kota Nusantara.

img
Indah Lestari
Analis Kebijakan
Ekonomi Politik

Indah Lestari adalah Analis Kebijakan Ekonomi Politik di LAB 45. Sebelumnya, ia berkarir sebagai salah satu staf di Dewan Pengawas Perum Badan Urusan Logistik (BULOG).

Indah mempelajari studi Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia dengan fokus pada kajian ekonomi politik internasional. Minat penelitiannya meliputi ekonomi pembangunan, ketahanan pangan, bantuan luar negeri, dan perdagangan internasional.

img
Fariz Raffandi Marzuki
Asisten Peneliti
Ekonomi Politik

Fariz Raffandi adalah Asisten Peneliti untuk kajian-kajian ekonomi politik di LAB 45. Saat ini, ia sedang menyelesaikan studi stata satu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Minat penelitiannya seputar kebijakan moneter, industrialisasi dan perdagangan, pembangunan manusia, serta pengentasan kemiskinan.

img
Rionanda Dhamma Putra
Asisten Peneliti
Ekonomi Politik

Rionanda Dhamma Putra adalah Asisten Peneliti untuk kajian-kajian ekonomi politik di LAB 45. Saat ini, ia sedang menyelesaikan studi strata satu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Minat penelitiannya seputar ekonomi pembangunan, pengentasan kemiskinan, kebebasan ekonomi, serta keuangan-perbankan.

img
Diyauddin
Analis Utama
Maha Data

Diyauddin adalah Analis Utama Maha Data di LAB 45. Ia menyelesaikan studi sarjana di Jurusan Sastra Asia Barat, Universitas Hasanuddin dan memperoleh gelar master di Program Pascasarjana Kajian Intelijen Strategis, Universitas Indonesia.

Undu pernah menjadi Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Makassar Raya dan mondok sebagai santri di Madrasah Aliyah Program Khusus / Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri di Makassar. Minatnya pada pengolahan informasi berbasis sumber terbuka (open source intelligence) kini mendorongnya mendalami analisis maha data dan kajian politik media.

img
Raisuddin
Analis Maha Data
Politik Media

Raisuddin adalah salah satu Analis Maha Data di LAB 45. Ia memperoleh gelar sarjana dengan konsentrasi hukum Islam dari Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan. Sebelumnya, Rais pernah mondok di Pesantren Ikatan Masjid Mushallah Indonesia Muttahidah (IMMIM) di Makassar.

img
Ratu Dyah Ayu Gendiswardani
Analis Maha Data
Politik Media

Ratu Dyah Ayu Gendiswardani adalah Analis Maha Data. Ia pernah bergabung dalam Kelompok Kerja 8 (Pokja 8) untuk reformasi keamanan dan transformasi pertahanan (2018-2019). Minat penelitiannya meliputi dinamika perpolitikan nasional, perkembangan media 4.0  dan diplomasi siber.

Gendis menyelesaikan studi strata satunya di Fakultas Falsafah dan Peradaban, Universitas Paramadina. Ia sedang menempuh pendidikan magister dengan peminatan pada kajian gender di Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia.

img
Ali Nur Alizen
Analis Maha Data
Politik Media

Ali Nur Alizen adalah salah satu Analis Maha Data di LAB 45. Sebelumnya, ia bergabung sebagai peneliti lepas di Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) dan terlibat dalam penelitian lapangan di Litbang Kompas.

Alizen menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Minat kajiannya meliputi perkembangan media sosial, literasi dan dinamika demokrasi di ruang digital.

img
Birgitta A.P. Saputro
Sekretaris Utama

Birgitta A.P. Saputro adalah Sekretaris Utama di LAB 45. Ia memulai karirnya sebagai staf di Media Center Jokowi-JK pada tahun 2014 dan bergabung dalam Kelompok Kerja 8 (Pokja 8) dari tahun 2018 sampai 2019.

Birgitta mempelajari studi ilmu komunikasi di Universitas Katolik Atma Jaya dan London School of Public Relations. Bersama beberapa teman sebayanya, ia juga aktif dalam komunitas orang muda “We The Youth”.

img
Rinaldy
Kreator Konten

Rinaldy adalah Kreator Konten di LAB 45. Ia pun aktif di komunitas orang muda sebagai Creative Director "We The Youth". Co-Founder dari @thedots.id ini memulai karirnya sebagai staf magang di Detikcom dan CNN Indonesia.

Aldy menyelesaikan studi sarjana dengan konsentrasi advertising di London School of Public Relations. Ia pernah mengikuti pelatihan khusus di Double Deer Academy dengan peminatan Digital Music Production, dan Bali Praia Dj School.

img
Rudi Yusuf
Kreator Konten

Rudi Yusuf adalah salah satu Kreator Konten di LAB 45. Ia memulai karirnya sebagai staf magang desain grafis dan video editor di ikonkata.com. Co-Founder dari @hipebix ini sebelumnya berkarir di PT. Indonesia Indikator.

img
Ary Jonathan
Kreator Konten

Ary Jonathan aktif sebagai Kreator Konten di LAB 45. Sebelumnya, ia berkarir sebagai Art Director di SAE Film Institute. Ary menyelesaikan pelatihan khusus di Binus Center dengan peminatan Video Editing.

img
Henry Ultawijaya
Administrator

img
Angelica Syafei
Administrator

Angelica Syafei lulus dari SMK Sahid Jakarta dan Tadika Puri Airliness dan sempat menggali pengalaman di Segara Tour & Travel. Saat ini Anggi mengurus administrasi LAB 45 dengan melanjutkan pendidikan Bahasa Korea di Kkuljaem Korean.

img