header

Publikasi

Publikasi Kami

img
Selasa, 21 Juni 2022

Pertahanan Ibu Kota Negara: Strategi dan Gelar Militer

CBDS Universitas Bina Nusantara, LAB 45 Politik Keamanan Research Report

Studi ini menganalisis geografi militer, karakter ancaman, dan adopsi strategi dalam peperangan yang melibatkan ibu kota negara.

img
Senin, 20 Juni 2022

Pola Tagar-tagar Terpopuler di Twitter selama Mei 2022

Katherine Agatha Agape, Muhlis Politik Media Tilik Data

Twitter menampilkan topik-topik populer (trending topic) berupa kata kunci (keyword) dan tagar (hashtag) dalam satu periode waktu. Studi ini menganalisis tagar-tagar Twitter yang ramai dibicarakan oleh warganet Indonesia dari 1 Mei sampai 31 Mei 2022.

img
Jum'at, 27 Mei 2022

Covid-19 in Indonesia: Impacts on the Economy and Ways to Recovery

Ikhlas Tawazun, Rionanda Dhamma Putra, Trayaka Rosadi Ekonomi Politik Bedah Literatur

Covid-19 memiliki dampak sistemik bagi perekonomian, tidak terkecuali Indonesia. Sebagai sebuah perekonomian yang bergantung pada konsumsi, pemerintah Indonesia dihadapkan oleh dilema antara menekan laju penyebaran virus atau mempertahankan roda perekonomian. Kebijakan pembatasan sosial menjadi ‘pil pahit’ bagi perekonomian untuk dapat memulihkan aktivitas ekonomi sebelum pandemi terjadi. Meski begitu, masih terdapat beberapa pekerjaan rumah untuk memperbaiki scarring effect akibat Pandemi Covid-19.

img
Rabu, 25 Mei 2022

Penataan Bisnis Minyak Sawit

Makmur Keliat Ekonomi Politik Media Eksternal

Pemerintah telah membuat langkah positif membuka kembali keran ekspor minyak sawit. Juga telah melakukan investigasi pelanggaran bisnis minyak sawit. Namun, upaya itu perlu dilengkapi agenda kebijakan untuk perbaikannya.

img
Rabu, 18 Mei 2022

Pertempuran Ibu Kota Negara, 1910-2021

Binus University, Tim Peneliti LAB 45 Politik Keamanan Tilik Data

IKN yang berfungsi ganda sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi adalah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan dibandingkan dengan IKN yang hanya menjadi pusat pemerintahan. Selain itu, IKN dengan medan geografi yang kompleks (kombinasi perbukitan, persungaian, dan pegunungan) justru menjadi sasaran paling banyak, menandakan bahwa pihak penyerang selalu menemukan cara untuk mengatasi kendala medan geografi dalam menggempur IKN.

img
Kamis, 28 April 2022

Polemik Komoditas Gula

Fariz Raffandi Marzuki, Indah Lestari, Makmur Keliat, Reyhan Noor Ekonomi Politik Tilik Data

Produktivitas komoditas gula dalam negeri tidak dapat berkembang akibat dua hal, yaitu: (1) rendahnya upaya intensifikasi seperti mesin dari pabrik gula yang mayoritas berumur 100-184 tahun; dan (2) terbatasnya kegiatan ekstensifikasi terlihat dari ketersediaan lahan tanam tebu.

img
Rabu, 27 April 2022

Transformasi Perang Darat 2045

Andi Widjajanto, Dizar Sabana, Febry Triantama, Iis Gindarsah Politik Keamanan Buku

Perang adalah bagian tak terpisahkan dari peradaban manusia. Sejarah mencatat semua bangsa pernah terlibat dalam peperangan, terutama di palagan darat. Akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karakter perang darat mengalami perubahan dari masa ke masa. Pengalaman historis Indonesia menjadi penting untuk dikaji karena sebagai negara kepulauan, sekitar 52 persen dari seluruh operasi militer yang digelar sejak 1945 berbasis pada kekuatan darat. Berangkat dari pemikiran tersebut, buku ini bermaksud untuk mengkaji perkembangan literatur akademik seputar peperangan darat, memetakan posisi Indonesia dalam konflik bersenjata kontemporer, dan memproyeksikan karakter perang darat di masa depan.

img
Senin, 18 April 2022

Tren Dissenting Opinion dalam Putusan Mahkamah Konstitusi (2003-2022)

Dizar Sabana, Mutti Anggitta, Reine Prihandoko Politik Keamanan Tilik Data

Sejak berdiri pada 13 Agustus 2003, Mahkamah Konstitusi telah mengeluarkan putusan atas 1.639 perkara. Di dalam proses pengambilan putusan, tidak jarang terjadi perbedaan pendapat di antara kesembilan hakim Mahkamah Konstitusi. Pendapat yang berbeda ini dikenal dengan istilah hukum “Dissenting Opinion”.

img
Senin, 18 April 2022

Dapatkah UU TPKS Mengakhiri Kawin Anak?

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

DPR mengesahkan RUU TPKS menjadi UU 12 April lalu. UU ini berisi 93 pasal yang mengatur 19 jenis kekerasan seksual, termasuk kawin anak. Berdasarkan Pasal 10 UU TPKS, pelaku pemaksaan kawin anak dapat dihukum pidana penjara paling lama sembilan tahun dan/atau denda paling banyak Rp200.000.000. Artikel ini akan fokus membahas kawin anak, tanpa bermaksud mengecilkan pentingnya jenis kekerasan seksual lainnya. Tentu dengan UU TPKS ini kita berharap angka semua jenis kekerasan seksual akan turun, tak cuma kasus kawin anak.

img
Jum'at, 08 April 2022

Tantangan Realitas Geopolitik Baru

Makmur Keliat Ekonomi Politik Media Eksternal

Hingga kini institusi-institusi internasional belum efektif mengatasi kelabilan global sebagai akibat dari tindakan perang dan agresi militer. Ada sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia di masa depan.