header

Internship

Kesempatan Magang


img

Program

LAB 45 membuka ruang kreativitas kepada mahasiswa/mahasiswi untuk memperoleh pengalaman kerja dan melakukan penelitian mengenai topik dan isu strategis bagi kemajuan Indonesia.

LAB 45 menyelenggarakan program magang dalam tiga periode setiap tahun dengan durasi selama empat bulan.

Para kandidat dapat mengajukan aplikasi magang lebih awal atau sebelum batas waktu berikut:

  • Kuartal I (Januari sd. April)  : 10 Desember
  • Kuartal II (Mei sd. Agustus)  : 10 April
  • Kuartal III (September sd. Desember)  : 10 Agustus

Peminatan

Kesempatan magang tersedia bagi mahasiswa/mahasiswi program sarjana atau pascasarjana yang relevan dengan konsentrasi kajian LAB 45.

Para kandidat dapat memilih untuk magang sesuai dengan bidang peminatan: (1) politik keamanan; (2) ekonomi politik; dan (3) politik media.

Program magang LAB 45 bersifat sukarela. Para kandidat terpilih akan diterangkan lebih lanjut mengenai uraian tugas oleh para analis.

Persyaratan

  • Mahasiswa/mahasiswi minimal tahun ketiga/keempat atau mereka yang baru lulus dengan disiplin ilmu di bidang ekonomi, politik, hubungan internasional dan komunikasi.
  • Berminat pada isu-isu ekonomi, politik dan keamanan terkini, serta perkembangan media di Indonesia.
  • Berbakat dalam menganalisis dan menulis akademik.
  • Menguasai metodologi kuantitatif dan/atau kualitatif.
  • Khusus peminatan analisis big data tentang politik media, diutamakan pendaftar yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
  • Tidak sedang terikat dalam program magang di instansi pemerintahan, korporasi atau lembaga riset lain pada saat menjalani internship di LAB 45.

Peluang

LAB 45 menyediakan sejumlah kesempatan untuk mengembangkan diri bagi para peserta magang berupa (i) pengalaman empiris dalam melakukan penelitian ilmiah; (ii) berkolaborasi dengan para analis kebijakan dan maha data; (iii) akses pada publikasi, rapat dan seminar; serta (iv) berjejaring dengan komunitas pengambilan kebijakan.

Protokol Kesehatan

Mencermati perkembangan pandemi COVID-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya, LAB 45 menyelenggarakan program magang dengan menggabungkan metode jarak jauh dan tatap muka.

Pertemuan langsung antara analis dan asisten peneliti hanya dilakukan dalam situasi khusus dan wajib mematuhi kebijakan protokol kesehatan LAB 45 yang dievaluasi secara berkala sesuai dengan perkembangan terkini.

Daftar

Research Interns

Aubrey Firaekayoga
Aubrey Firaekayoga
Ekonomi Politik

Saya adalah mahasiswi Prodi S1 Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Sejumlah isu kajian yang saya minati meliputi bidang ekonomi politik internasional, pembangunan internasional, gender, serta HAM.

Gennifer Samuela Kiswanto
Gennifer Samuela Kiswanto
Ekonomi Politik

Fresh graduate, lahir di Surabaya, ingin berkontribusi pada kemajuan negara dan kesejahteraan masyarakat. Selalu berusaha yang terbaik dan memberikan yang terbaik, sisanya biarkan yang Diatas yang turun tangan.

Stephanie Lidya Nashirah Suprapto
Stephanie Lidya Nashirah Suprapto
Ekonomi Politik

Stephanie Lidya merupakan mahasiswi S-1 Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Minat kajian yang Stephanie geluti terdiri atas berbagai isu Ekonomi Politik Internasional dan Analisis Kebijakan Luar Negeri Indonesia.

Malinda Rachel Lasromauli
Malinda Rachel Lasromauli
Ekonomi Politik

Malinda Rachel Lasromauli merupakan mahasiswi jurusan Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia. Ia memiliki ketertarikan pada isu-isu ekonomi politik, ekonomi internasional, dan ekonomi pembangunan.

Jesseline
Jesseline
Ekonomi Politik

Jesseline tengah menjalani pendidikan sarjana ilmu ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Minat kajiannya adalah pada perkembangan terkini di bidang ekonomi internasional, makroekonomi, dan ekonomi moneter.

Arya Raditya Tjahjono
Arya Raditya Tjahjono
Politik Keamanan

Arya Raditya Tjahjono merupakan mahasiswa semester akhir di Fakultas Hukum, Universitas Airlangga. Ia berminat mengkaji isu-isu seputar hukum publik internasional, hukum humaniter, dinamika politik dan keamanan. Selain itu, Arya  tertarik pada perkembangan peperangan modern terutama di ranah siber.

Anastasia Artantri Widyautami
Anastasia Artantri Widyautami
Politik Keamanan

Anastasia Artantri Widyautami adalah mahasiswi jurusan hubungan internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Ia memiliki minat pada studi kebijakan luar negeri, kajian-kajian keamanan, perdamaian dan resolusi konflik.

img

Alumni Kami

kutip

Selama mengikuti kegiatan magang, banyak yang menjadi hal baru bagi saya dalam lingkungan intern terutama jika dibandingkan dengan kegiatan intern sebelumnya yang saya ikuti. Kegiatan yang dilakukan magang Lab45 terasa berbeda dan sangat seru dijalani karna selain dengan mengerjakan tugas juga memiliki pengalaman serta trik cara melakukan tugas dengan cepat. Selain itu, mentor Lab45 terkhusus dalam bidang ekonomi politik yang saya ikuti selalu memberikan arahan dan membimbing dalam setiap pekerjaan yang diberikan agar pekerjaan terasa lebih santai dan tidak banyak mengulang atau revisi pekerjaan. Cukup terbilang banyak tugas yang membuat saya senang dalam melakukannya termasuk dalam melakukan review Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Indonesia tahun 2025-2045, meskipun tidak terasa asing karena dengan latar belakang yang berasal dari bidang ekonomi pembangunan, akan tetapi dalam membaca dokumen tersebut memberikan insight tersendiri yang mengetahu rencana kegiatan-kegiatan yang dilakukan termasuk dalam peningkatan ekonomi hijau dan ekonomi biru yang baru saya pelajari lebih dalam saat kegiatan magang ini. Mengikuti kegiatan seminar, review artikel, analisis data menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan yang sekaligus juga menunjang kegiatan yang sesuai dengan minat saya dalam bidang riset dan menambah skill dalam mengerjakan secara teliti dan efisien. Akan tetapi, ada kegiatan yang saya harapkan dari awal namun tidak tercapai, yaitu melalukan riset secara langsung mengenai variabel Indonesia 2045 yang dilakukan oleh intern secara langsung dengan metode ilmiah.

tim
Fajar Andriansyah
kutip

Menjalani program intern di LAB 45 tidak hanya memberikan saya pengalaman, namun memberikan saya wadah untung berkembang. Menjadi kebanggaan tersendiri untuk saya dapat bergabung dalam intern di LAB 45, banyak keahlian yang terasah selama perjalanan intern saya di LAB 45. Semua itu dapat terjadi tentu dengan kehadiran dan bantuan dari kakak-kakak yang selalu terbuka dan selalu membimbing dari awal hingga akhir. LAB 45 juga membuat saya dapat berjejaring dan menemukan relasi-relasi baru sehingga tidak hanya mengembangkan sisi pengetahuan, namun juga memperluas kehidupan sosial. Pengalaman intern di LAB 45 akan selalu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Saya berharap dapat bertemu lagi di lain kesempatan di masa mendatang.

tim
Mohammad Abrar Dares
kutip

Magang di LAB 45 merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Selama empat bulan, saya belajar banyak tentang sektor pertahanan di Indonesia, mulai dari sejarah, politik, hingga strategi. Saya juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan para pakar dan pengambil kebijakan di bidang pertahanan, yang memberikan saya wawasan yang lebih luas.

tim
Sandy Juda Pratama
kutip

Menjadi bagian dari LAB45 memberi pengalaman berharga bagi saya untuk terlibat dalam berbagai penelitian dan pendalaman isu strategis yang sedang berkembang secara global saat ini. Banyaknya diskusi terjadi antara pemagang dan analis, sehinggq telah membukakan pengetahuan-pengetahuan baru yang dapat diperoleh selama program berlangsung. Tidak hanya program ini mampu memberi kesempatan pesertanya untuk berkembang secara profesional, namun bimbingan para mentor dalam membagikan pengalamannya juga turut membuat kita berkembang secara personal.

tim
Pasek Acyuta Diwangkara Satyakusuma
kutip

Mendapatkan kesempatan magang di LAB 45 bagi saya adalah pengalaman yang sangat bermanfaat bagi saya, karena selama empat bulan magang disana saya mendapatkan banyak pembelajaran yang membuat saya berkembang, saya juga bisa mendapatkan ilmu dari analis yang merupakan ahli dalam bidang maha data yang mana menurut saya kesempatan tersebut tidak bisa selalu saya dapatkan dimanapun, selain itu saya juga bisa berkesempatan untuk merealisasikan apa yang saya pelajari dari bidang analisis ini yang mana hal tersebut bisa berguna untuk karir saya di masa depan.

tim
Raihansyah Bagja Pamungkas
kutip

Mengikuti program magang di LAB 45 merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya mengingat dalam empat bulan saya mengikuti program magang ini, saya mendapatkan banyak pengalaman yang mengasah keahlian saya dan memungkinkan saya untuk berinteraksi dengan pakar-pakar di bidang kajian yang saya minati. Saya juga selalu dituntun oleh para analis dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dengan demikian memungkinkan saya untuk mengembangkan keahlian saya lebih lanjut terutama dalam pengumpulan dan pengolahan data. Terima kasih banyak LAB 45 atas semua ilmu yang telah diberikan, semoga akan terus berguna dalam karir saya kedepannya.

tim
Joseph Kristanto