header

Internship

Kesempatan Magang


img

Program

LAB 45 membuka ruang kreativitas kepada mahasiswa/mahasiswi untuk memperoleh pengalaman kerja dan melakukan penelitian mengenai topik dan isu strategis bagi kemajuan Indonesia.

LAB 45 menyelenggarakan program magang dalam tiga periode setiap tahun dengan durasi selama empat bulan.

Para kandidat dapat mengajukan aplikasi magang lebih awal atau sebelum batas waktu berikut:

  • Kuartal I (Januari sd. April)  : 10 Desember
  • Kuartal II (Mei sd. Agustus)  : 10 April
  • Kuartal III (September sd. Desember)  : 10 Agustus

Peminatan

Kesempatan magang tersedia bagi mahasiswa/mahasiswi program sarjana atau pascasarjana yang relevan dengan konsentrasi kajian LAB 45.

Para kandidat dapat memilih untuk magang sebagai “asisten peneliti” dengan peminatan: (1) politik keamanan; (2) ekonomi politik; dan (3) politik media.

Program magang LAB 45 bersifat sukarela. Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi secara langsung oleh staf LAB 45. Para kandidat terpilih akan diterangkan lebih lanjut mengenai uraian tugas oleh para analis.

Persyaratan

  • Mahasiswa/mahasiswi minimal tahun ketiga/keempat atau mereka yang baru lulus dengan disiplin ilmu di bidang ekonomi, politik, hubungan internasional dan komunikasi.
  • Berminat pada isu-isu ekonomi, politik dan keamanan terkini, serta perkembangan media di Indonesia.
  • Berbakat dalam menganalisis dan menulis akademik.
  • Menguasai metodologi kuantitatif dan/atau kualitatif.
  • Khusus peminatan analisis big data tentang politik media, diutamakan pendaftar yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Peluang

LAB 45 menyediakan sejumlah kesempatan untuk mengembangkan diri bagi para peserta magang berupa (i) pengalaman empiris dalam melakukan penelitian ilmiah; (ii) berkolaborasi dengan para analis kebijakan dan maha data; (iii) akses pada publikasi, rapat dan seminar; serta (iv) berjejaring dengan komunitas pengambilan kebijakan.

Protokol Kesehatan

Mencermati perkembangan pandemi COVID-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya, LAB 45 menyelenggarakan program magang dengan menggabungkan metode jarak jauh dan tatap muka.

Pertemuan langsung antara analis dan asisten peneliti hanya dilakukan dalam situasi khusus dan wajib mematuhi kebijakan protokol kesehatan LAB 45 yang dievaluasi secara berkala sesuai dengan perkembangan terkini.

Daftar

Asisten Peneliti

Fariz Raffandi Marzuki
Fariz Raffandi Marzuki
Ekonomi Politik

Fariz adalah mahasiswa Ilmu Ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Saat ini, dia aktif sebagai Chief Executive Officer dari the 19th Economix: Global Economics Challenge yang merupakan rangkaian lomba paper ekonomi bertaraf internasional. Minat penelitian adalah seputar kajian makroekonomi dan ekonomi pembangunan, terutama pada isu terkait pembangunan daerah, kesenjangan dan kemiskinan, serta pembangunan manusia.

Patricia
Patricia
Politik Keamanan

Patricia adalah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan.  Saat ini, dia sedang menyelesaikan skripsinya tentang perkembangan angkatan laut biru Tiongkok di balik kebijakan ‘peaceful development’. Minat penelitian adalah kajian hukum dan keamanan internasional, khususnya terkait Tiongkok dalam ranah regional dan global.

Aureli Anjani
Aureli Anjani
Politik Keamanan

Aurelia adalah mahasiswi jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan. Saat ini, dia sedang menyelesaikan skripsinya tentang inisiatif perdamaian sebagai upaya reunifikasi Korea. Minat penelitian adalah kajian konflik dan keamanan internasional, terutama pada isu perkembangan dan perlucutan senjata pemusnah massal.

Ikhlas Tawazun
Ikhlas Tawazun
Ekonomi Politik

Ikhlas adalah mahasiswa ilmu hubungan internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia. Saat ini, dia dalam masa tunggu menuju semester terakhir perkuliahannya. Minat penelitiannya meliputi kebijakan perdagangan dan industrial, serta kerja sama ekonomi internasional. Ikhlas juga aktif menulis dan membuat konten untuk berbagi pengetahuan kepada publik.

Andaru Zakaria
Andaru Zakaria
Politik Keamanan

Andaru adalah alumnus hubungan internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gadjah Mada. Dia menyelesaikan studinya dengan menulis skripsi tentang kebijakan transfer senjata Amerika Serikat ke Indonesia pasca pencabutan embargo. Minat penelitian adalah kajian komparatif hubungan sipil-militer di berbagai negara.

Rionanda Dhamma Putra
Rionanda Dhamma Putra
Ekonomi Politik

Rionanda adalah mahasiswa ilmu ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia. Saat ini, dia dalam masa tunggu menuju semester enam perkuliahannya. Keingintahuannya tentang banyak isu mendorong minatnya untuk melakukan penelitian seputar ekonomi politik, ekonomi pembangunan, pengentasan kemiskinan, dan perkembangan regional.

img
John Wick
Intercontinental CEO