header

Internship

Kesempatan Magang


img

Program

LAB 45 membuka ruang kreativitas kepada mahasiswa/mahasiswi untuk memperoleh pengalaman kerja dan melakukan penelitian mengenai topik dan isu strategis bagi kemajuan Indonesia.

LAB 45 menyelenggarakan program magang dalam tiga periode setiap tahun dengan durasi selama empat bulan.

Para kandidat dapat mengajukan aplikasi magang lebih awal atau sebelum batas waktu berikut:

  • Kuartal I (Januari sd. April)  : 10 Desember
  • Kuartal II (Mei sd. Agustus)  : 10 April
  • Kuartal III (September sd. Desember)  : 10 Agustus

Peminatan

Kesempatan magang tersedia bagi mahasiswa/mahasiswi program sarjana atau pascasarjana yang relevan dengan konsentrasi kajian LAB 45.

Para kandidat dapat memilih untuk magang sesuai dengan bidang peminatan: (1) politik keamanan; (2) ekonomi politik; dan (3) politik media.

Program magang LAB 45 bersifat sukarela. Para kandidat terpilih akan diterangkan lebih lanjut mengenai uraian tugas oleh para analis.

Persyaratan

  • Mahasiswa/mahasiswi minimal tahun ketiga/keempat atau mereka yang baru lulus dengan disiplin ilmu di bidang ekonomi, politik, hubungan internasional dan komunikasi.
  • Berminat pada isu-isu ekonomi, politik dan keamanan terkini, serta perkembangan media di Indonesia.
  • Berbakat dalam menganalisis dan menulis akademik.
  • Menguasai metodologi kuantitatif dan/atau kualitatif.
  • Khusus peminatan analisis big data tentang politik media, diutamakan pendaftar yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
  • Tidak sedang terikat dalam program magang di instansi pemerintahan, korporasi atau lembaga riset lain pada saat menjalani internship di LAB 45.

Peluang

LAB 45 menyediakan sejumlah kesempatan untuk mengembangkan diri bagi para peserta magang berupa (i) pengalaman empiris dalam melakukan penelitian ilmiah; (ii) berkolaborasi dengan para analis kebijakan dan maha data; (iii) akses pada publikasi, rapat dan seminar; serta (iv) berjejaring dengan komunitas pengambilan kebijakan.

Protokol Kesehatan

Mencermati perkembangan pandemi COVID-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya, LAB 45 menyelenggarakan program magang dengan menggabungkan metode jarak jauh dan tatap muka.

Pertemuan langsung antara analis dan asisten peneliti hanya dilakukan dalam situasi khusus dan wajib mematuhi kebijakan protokol kesehatan LAB 45 yang dievaluasi secara berkala sesuai dengan perkembangan terkini.

Daftar

Research Interns

Muhammad Ivan Radman
Muhammad Ivan Radman
Ekonomi Politik

Muhammad Ivan Radman adalah lulusan S1 Sistem Informasi Universitas Indonesia. Ia memiliki ketertarikan pada beberapa isu, seperti kebijakan publik, ekonomi politik, perencanaan pembangunan, pertahanan & keamanan, dan sosial kemasyarakatan.

Mohammad Imam Prabowo
Mohammad Imam Prabowo
Ekonomi Politik

Mohammad Imam Prabowo adalah Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Ia memilikii ketertarikan di Ekonomi dan Geopolitik. Sejumlah kajian yang Ia telah terbitkan meliputi Ekonomi Politik, Ekonomi Moneter dan Behavioural Economics.

Aubrey Firaekayoga
Aubrey Firaekayoga
Ekonomi Politik

Saya adalah mahasiswi Prodi S1 Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Sejumlah isu kajian yang saya minati meliputi bidang ekonomi politik internasional, pembangunan internasional, gender, serta HAM.

Gennifer Samuela Kiswanto
Gennifer Samuela Kiswanto
Ekonomi Politik

Fresh graduate, lahir di Surabaya, ingin berkontribusi pada kemajuan negara dan kesejahteraan masyarakat. Selalu berusaha yang terbaik dan memberikan yang terbaik, sisanya biarkan yang Diatas yang turun tangan.

Muhammad Rafkarilo Afi
Muhammad Rafkarilo Afi
Politik Keamanan

Muhammad Rafkarilo Afi yang biasa dipanggil Rafka adalah mahasiswa tingkat akhir dari Ilmu Politik Universitas Indonesia. Rafka memiliki minat akademis dalam beberapa isu, antara lain Hak Asasi Manusia, kebijakan publik, demokratisasi, politik identitas, dan nasionalisme. Dengan semangat pembelajar, Rafka memiliki semangat untuk terus mencari ilmu dan mengarungi bumi-manusia.

Rozan Firdaus Permana
Rozan Firdaus Permana
Politik Keamanan

Rozan Firdaus Permana merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional di FISIP Universitas Indonesia. Rozan memiliki minat yang besar dalam isu politik identitas dan keamanan non-tradisional. Selain itu, Ia juga tertarik pada isu hubungan sipil-militer dan reformasi sektor keamanan.

Muhammad Satrio Yodhatama
Muhammad Satrio Yodhatama
Politik Keamanan

Muhammad Satrio Yodhatama adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu Hubungan Internasional di FISIP Universitas Indonesia. Minat dan fokus utamanya adalah pada isu-isu politik luar negeri, diplomasi, dgeopolitik, dan geoekonomi. Terdapat pula minat untuk mendalami kawasan-kawasan tertentu seperti Eropa Timur, Asia Tengah, dan Timur Tengah.

I Gusti Agung Rama Raditya
I Gusti Agung Rama Raditya
Politik Keamanan

I Gusti Agung Rama Raditya adalah seorang mahasiswa jurusan ilmu hubungan internasional FISIP Universitas Indonesia. Berfokus di kajian HAM, ia memiliki minat yang besar dalam bidang keadilan transisional dan hukum humaniter internasional.

Yoga Susatyo
Yoga Susatyo
Maha Data

Yoga Susatyo merupakan mahasiswa jurusan Sosiologi di FISIP Universitas Indonesia. Memiliki minat dan fokus utama pada Sosiologi Politik, Masyarakat Jaringan, dan Sosio-Legal. Selain itu, ia juga mendalami kajian politik dan transformasi sosial di kawasan Asia Tenggara.

img

Alumni Kami

kutip

Mengikuti program magang di LAB 45 merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya mengingat dalam empat bulan saya mengikuti program magang ini, saya mendapatkan banyak pengalaman yang mengasah keahlian saya dan memungkinkan saya untuk berinteraksi dengan pakar-pakar di bidang kajian yang saya minati. Saya juga selalu dituntun oleh para analis dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dengan demikian memungkinkan saya untuk mengembangkan keahlian saya lebih lanjut terutama dalam pengumpulan dan pengolahan data. Terima kasih banyak LAB 45 atas semua ilmu yang telah diberikan, semoga akan terus berguna dalam karir saya kedepannya.

tim
Joseph Kristanto
kutip
Selama magang di LAB 45, saya mendapatkan suasana yang mendukung untuk belajar hal-hal baru melalui berbagai tugas yang diberikan. Para analis juga selalu menumbuhkan rasa ingin tahu serta kemampuan berpikir kritis dengan diskusi-diskusi yang dilakukan bersama. Pengalaman tersebut sangat mengasah kemampuan riset dan soft skills saya.
tim
Stephanie Lidya Nashirah Suprapto
kutip
Magang di LAB 45 merupakan tempat terbaik untuk membuka horizon pengalaman bekerja di penelitian ekonomi. Saya merasa ilmu saya di kuliah menjadi dipertajam lagj di LAB 45. Tidak hanya banyak belajar hal baru, magang di LAB 45 juga membuka banyak sekali kesempatan. LAB 45 juga memiliki lingkungan yang baik untuk mahasiswa magang. Kaka-kaka di sini pun sangat suportif dan pengertian.
tim
Malinda Rachel Lasromauli
kutip
Magang di LAB 45 telah membawa manfaat yang melimpah bagi saya. Saya berkesempatan untuk mendalami bidang-bidang yang saya minati, seperti geopolitik dan keamanan. Para analis juga telah menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan suportif, selalu siap menjadi mentor dalam mengolah, dan menganalisis data. Terima kasih atas pelajaran berharganya.
tim
Anastasia Artantri Widyautami
kutip
Perjalanan magang saya di LAB 45 adalah pengalaman yang sangat berharga dan mengajarkan saya banyak hal. Saya turut aktif dalam mengelola, membaca, dan menganalisis data, serta mendalami bidang-bidang politik dan keamanan yang saya minati. Saya juga belajar banyak hal dari analis di LAB 45 yang merupakan mentor-mentor saya, yang tanpa bimbingan mereka saya tidak akan bisa berkarya di LAB 45. Terima kasih atas segala ilmu, keterampilan, dan pelajarannya. Sukses selalu LAB 45!
tim
Arya Raditya Tjahjono
kutip
Magang di LAB 45 telah membawa banyak pengalaman baru dan manfaat bagi saya. Sebagai mahasiswa Ilmu Ekonomi, saya belajar banyak hal baru sekaligus mempertajam ilmu yang telah saya miliki. Analis analis disini juga sangat suportif dan membantu saya dalam mengasah kemampuan riset dan soft skills saya. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.
tim
Jesseline