header

Internship

Kesempatan Magang


img

Program

LAB 45 membuka ruang kreativitas kepada mahasiswa/mahasiswi untuk memperoleh pengalaman kerja dan melakukan penelitian mengenai topik dan isu strategis bagi kemajuan Indonesia.

LAB 45 menyelenggarakan program magang dalam tiga periode setiap tahun dengan durasi selama empat bulan.

Para kandidat dapat mengajukan aplikasi magang lebih awal atau sebelum batas waktu berikut:

  • Kuartal I (Januari sd. April)  : 10 Desember
  • Kuartal II (Mei sd. Agustus)  : 10 April
  • Kuartal III (September sd. Desember)  : 10 Agustus

Peminatan

Kesempatan magang tersedia bagi mahasiswa/mahasiswi program sarjana atau pascasarjana yang relevan dengan konsentrasi kajian LAB 45.

Para kandidat dapat memilih untuk magang sesuai dengan bidang peminatan: (1) politik keamanan; (2) ekonomi politik; dan (3) politik media.

Program magang LAB 45 bersifat sukarela. Para kandidat terpilih akan diterangkan lebih lanjut mengenai uraian tugas oleh para analis.

Persyaratan

  • Mahasiswa/mahasiswi minimal tahun ketiga/keempat atau mereka yang baru lulus dengan disiplin ilmu di bidang ekonomi, politik, hubungan internasional dan komunikasi.
  • Berminat pada isu-isu ekonomi, politik dan keamanan terkini, serta perkembangan media di Indonesia.
  • Berbakat dalam menganalisis dan menulis akademik.
  • Menguasai metodologi kuantitatif dan/atau kualitatif.
  • Khusus peminatan analisis big data tentang politik media, diutamakan pendaftar yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
  • Tidak sedang terikat dalam program magang di instansi pemerintahan, korporasi atau lembaga riset lain pada saat menjalani internship di LAB 45.

Peluang

LAB 45 menyediakan sejumlah kesempatan untuk mengembangkan diri bagi para peserta magang berupa (i) pengalaman empiris dalam melakukan penelitian ilmiah; (ii) berkolaborasi dengan para analis kebijakan dan maha data; (iii) akses pada publikasi, rapat dan seminar; serta (iv) berjejaring dengan komunitas pengambilan kebijakan.

Protokol Kesehatan

Mencermati perkembangan pandemi COVID-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya, LAB 45 menyelenggarakan program magang dengan menggabungkan metode jarak jauh dan tatap muka.

Pertemuan langsung antara analis dan asisten peneliti hanya dilakukan dalam situasi khusus dan wajib mematuhi kebijakan protokol kesehatan LAB 45 yang dievaluasi secara berkala sesuai dengan perkembangan terkini.

Daftar

Research Interns

Ikhlas Tawazun
Ikhlas Tawazun
Ekonomi Politik

Ikhlas adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Dia sedang menyelesaikan skripsinya tentang pajak karbon Uni Eropa terhadap impor. Minat penelitiannya adalah perdagangan internasional, integrasi regional, dan topik ekonomi politik internasional lainnya.

Andaru Zakaria
Andaru Zakaria
Politik Keamanan

Andaru adalah alumnus Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada. Ia menyelesaikan studinya dengan menulis skripsi tentang kebijakan transfer senjata AS ke Indonesia pasca pencabutan embargo. Minat penelitian adalah kajian komparatif hubungan sipil-militer di berbagai negara.

Bimo Pragilaksono
Bimo Pragilaksono
Politik Keamanan

Bimo adalah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan. Dia sedang menyelesaikan skripsinya tentang upaya resolusi konfiik di daerah Tigray, Ethiopia. Minat penelitiannya adalah kajian politik dan keamanan internasional.

Muhlis
Muhlis
Politik Media

Muhlis merupakan mahasiswa Paramadina Graduate School of Diplomacy, Universitas Paramadina. Selain menjalani perkuliahan di semester empat, ia sedang menyusun rencana penelitian mengenai diplomasi digital antara Amerika Serikat dan China di kawasan Indo Pasifik.

Trayaka Rosadi
Trayaka Rosadi
Ekonomi Politik

Trayaka Rosadi adalah mahasiswi ilmu hubungan internasional di Fakultas Falsafah dan Peradaban, Universitas Paramadina. Saat ini, dia menjalani semester keenam perkuliahannya. Minat penelitiannya adalah pada isu-isu terkini seputar diplomasi dan kerja sama ekonomi internasional.

Hree Dharma Santhi Putri Samudra
Hree Dharma Santhi Putri Samudra
Politik Kemanan

Putri Samudra merupakan mahasiswi hubungan internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Ia sedang menyelesaikan skripsi mengenai diplomasi kesehatan Tiongkok terhadap Indonesia. Minat penelitiannya meliputi perlindungan hak sipil kelompok minoritas di Asia Timur dan Asia Tenggara, politik domestik dan internasional Tiongkok, ASEAN dan konstelasi geopolitik di Asia-Pasifik.

Katherine Agatha Agape
Katherine Agatha Agape
Politik Media

Katherine Agatha Agape adalah mahasiswi hubungan internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan. Ia tengah menuntaskan skripsinya tentang diplomasi budaya Jepang terhadap Tiongkok dalam sengketa Kepulauan Senkaku. Minat penelitiannya adalah soal politik media dan masyarakat transnasional di Asia.

Jessica Arreta
Jessica Arreta
Ekonomi Politik

Jessica Arreta adalah mahasiswi ilmu ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Minat penelitiannya adalah pada isu-isu seputar ekonomi pembangunan, transformasi struktur ketenagakerjaan, dan kerjasama ekonomi internasional.

img

Alumni Kami

kutip

Magang di LAB 45 adalah salah satu pengalaman berharga sepanjang masa perkuliahan saya. Tidak hanya berkembang secara akademik, saya juga bertumbuh secara individu. Melalui tugas dan projek yang dikerjakan saya belajar mengenai aplikasi metode penelitian yang sebelumnya tidak pernah saya dalami sebelumnya dan terlibat dalam penelitian profesional bersama para peneliti di LAB 45. Lebih daripada itu, LAB 45 memberi saya kesempatan untuk berproses dan membangun koneksi. Bimbingan yang diberikan pun relevan dan mendorong performa saya sebagai mahasiswa. Selalu bersyukur pernah menjadi bagian dari LAB 45. Semangat terus LAB 45!

tim
Aurelia Anjani
kutip

Mendapat kesempatan untuk bisa magang di LAB 45 merupakan salah satu pengalaman yang paling berkesan dalam hidup saya. Selain mendapatkan banyak pengetahuan dan ilmu baru mengenai isu politik, keamanan dan pertahanan di Indonesia, saya bisa merasakan dan terjun langsung ke dalam dunia riset akademik. Terlibatnya saya dalam proyek penelitian dan berbagai pertemuan juga membuat saya dapat membangun relasi dan koneksi dalam dunia penelitian. Tidak hanya itu, working environment yang sangat nyaman dan friendly dan para analis yang selalu suportif, membuat pengalaman dan waktu saya selama di LAB 45 menjadi tidak terasa seperti magang pada umumnya. Pernah menjadi bagian dari LAB 45 merupakan pengalaman yang akan selalu saya cherish selamanya. Terima kasih dan sukses terus, LAB 45!

tim
Amanda Shafira
kutip

Saya bersyukur bisa bergabung program magang menjadi research assistant di LAB 45. Selama 4 bulan magang, saya telah mendapatkan banyak pengalaman kerja dalam bidang riset ekonomi dan politik. Bekerja dengan para analis ekonomi politik LAB 45, memberikan saya banyak ilmu dalam menganalisa kebijakan ekonomi dan juga memahami kondisi ekonomi politik di Indonesia. Ditambah pula, magang bersama LAB 45 menambah hard skill saya dalam menyiapkan data riset dan soft skill penting seperti berpikir kritis. Selain itu, saya diberikan kesempatan untuk networking sekaligus berdiskusi dengan para analis dalam LAB 45 sehingga bisa mendapatkan wawasan baru yang bisa menunjang pendidikan dan karir masa depan.

tim
Simon Sihombing
kutip

Berkesempatan magang di LAB 45 menjadi political economics research merupakan pengalaman yang luar biasa dan sangat berkesan. Selama magang saya belajar banyak mengenai hard and soft skills, terutama terkait dengan pembahasan isu ekonomi politik, mengolah data, presentasi, dan mendiskusikannya. Disini dalam bekerja tidak sendiri, ditemani oleh teman magang yang lain dan juga kakak-kakak analis dari LAB 45 yang siap sedia jika kita kesulitan dalam mengerjakan tugas yang ada. Sehingga selama menjalani magang tidak mengalamai kesulitan yang berarti. Suasana yang dibangun menyenangkan tidak membuat pressure, namun tetap mendapatkan insight dan belajar banyak hal baru yang jarang dibahas di kelas. Hal ini karena ketika kita mengulas artikel atau bahan lainnya, selalu ada pandangan atau opini yang disampaikan dari analis atau bahkan teman magang sendiri. Saling bertukar insight, pandangan, dan pertanyaan suatu hal yang lumrah ada disini. Kegiatannya seperti sedang belajar, namun bedanya tidak ada dosen yang menilai, hanya ada teman magang dan analis dari LAB 45 yang sangat supportive.

tim
Muhammad Amin Rizky