Perundingan Rusia-Ukraina: Perdamaian Sudah Dekat?

Mutti Anggitta Kumparan Senin, 21 Maret 2022
img

Perang Rusia-Ukraina sudah memasuki minggu keempat. Setidaknya 700 warga sipil Ukraina menjadi korban jiwa dan lebih dari 1.000 lainnya mengalami luka-luka. Seperti di Syria dan Chechnya, invasi Rusia di Ukraina juga menjadikan wilayah berpenduduk padat sebagai target pengeboman. Tak kurang tiga juta warga Ukraina sudah mengungsi ke negara-negara tetangga terdekat.

Dengan kekuatan militer jauh di atas kekuatan militer Ukraina, idealnya Rusia dapat memenangkan perang ini dengan cepat. Akan tetapi, pada kenyataannya, perang masih berlangsung dan tanda-tanda kemenangan Rusia masih belum terlihat. Kuatnya resistensi dari warga sipil dan militer Ukraina yang mendapat bantuan persenjataan dari 28 negara serta beratnya sanksi ekonomi atas Rusia dari komunitas internasional membuat perang ini tidak mudah untuk dimenangkan oleh Presiden Putin.

Di medan perang di berbagai wilayah di Ukraina, dunia masih menyaksikan berlangsungnya penggunaan kekerasan. Akan tetapi, di meja perundingan antara Rusia dan Ukraina, dunia juga melihat adanya progres cukup baik yang mengindikasikan sebuah kesepakatan dapat dicapai. Sejauh apa kita dapat optimis bahwa perang akan segera berakhir?

Publikasi Terbaru

img
Kamis, 28 April 2022
img
Rabu, 27 April 2022