header

Publikasi

Publikasi Kami

img
Rabu, 21 September 2022

Dampak Utang Jatuh Tempo terhadap Nilai Tukar

Fariz Raffandi Marzuki, Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat Ekonomi Politik Tilik Data

Tekanan dari pembayaran kupon dan jatuh tempo utang terhadap nilai tukar cenderung tidak menimbulkan masalah. Tekanan ini juga relatif minimal terhadap Neraca Transaksi Berjalan (Current Account).

img
Kamis, 01 September 2022

Tinjauan Ekonomi Hijau

LAB 45, CSIS Ekonomi Politik Tilik Data

Istilah Ekonomi Hijau pertama kali muncul oleh Pearce et al. pada 1989, lewat laporan “Blueprint for a Green Economy”. Semenjak itu, terjadi perkembangan istilah. Pada 2011, United Nations Environment Programme (UNEP) mendefinisikan Ekonomi Hijau sebagai “peningkatan kesejahteraan dan kesetaraan sosial, dan secara signifikan mengurangi risiko lingkungan dan kelangkaan ekologi”.

img
Senin, 20 Juni 2022

Pola Tagar-tagar Terpopuler di Twitter selama Mei 2022

Muhlis, Katherine Agatha Agape Politik Media Tilik Data

Twitter menampilkan topik-topik populer (trending topic) berupa kata kunci (keyword) dan tagar (hashtag) dalam satu periode waktu. Studi ini menganalisis tagar-tagar Twitter yang ramai dibicarakan oleh warganet Indonesia dari 1 Mei sampai 31 Mei 2022.

img
Rabu, 18 Mei 2022

Pertempuran Ibu Kota Negara, 1910-2021

Binus University, LAB 45 Politik Keamanan Tilik Data

IKN yang berfungsi ganda sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi adalah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan dibandingkan dengan IKN yang hanya menjadi pusat pemerintahan. Selain itu, IKN dengan medan geografi yang kompleks (kombinasi perbukitan, persungaian, dan pegunungan) justru menjadi sasaran paling banyak, menandakan bahwa pihak penyerang selalu menemukan cara untuk mengatasi kendala medan geografi dalam menggempur IKN.

img
Kamis, 28 April 2022

Polemik Komoditas Gula

Fariz Raffandi Marzuki, Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat Ekonomi Politik Tilik Data

Produktivitas komoditas gula dalam negeri tidak dapat berkembang akibat dua hal, yaitu: (1) rendahnya upaya intensifikasi seperti mesin dari pabrik gula yang mayoritas berumur 100-184 tahun; dan (2) terbatasnya kegiatan ekstensifikasi terlihat dari ketersediaan lahan tanam tebu.

img
Senin, 18 April 2022

Tren Dissenting Opinion dalam Putusan Mahkamah Konstitusi (2003-2022)

Dizar Sabana, Reine Prihandoko, Mutti Anggitta Politik Keamanan Tilik Data

Sejak berdiri pada 13 Agustus 2003, Mahkamah Konstitusi telah mengeluarkan putusan atas 1.639 perkara. Di dalam proses pengambilan putusan, tidak jarang terjadi perbedaan pendapat di antara kesembilan hakim Mahkamah Konstitusi. Pendapat yang berbeda ini dikenal dengan istilah hukum “Dissenting Opinion”.

img
Jum'at, 01 April 2022

Polemik Harga Minyak Goreng

Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat Ekonomi Politik Tilik Data

Pasar minyak goreng di Indonesia mendapat banyak intervensi. Di hulu, intervensi dilakukan oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian ESDM. Sementara itu, Kementerian Perdagangan melalui Harga Eceran Tertinggi (HET) melakukan intervensi di hilir.

img
Jum'at, 18 Maret 2022

Proyeksi Risiko Fiskal di Tahun 2023

Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat Ekonomi Politik Tilik Data

Dalam konteks ekonomi politik, fiskal tahun 2023 memiliki risiko yang sangat mungkin terjadi dengan dampak yang sedang berdasarkan penilaian dari tiga risiko utama.

img
Senin, 14 Maret 2022

Diplomasi Pertahanan Indonesia dan Singapura

Dizar Sabana, Reine Prihandoko, Patricia Politik Keamanan Tilik Data

Secara kumulatif, Singapura menempati posisi ketiga sebagai mitra utama diplomasi pertahanan Indonesia. Defence Cooperation Agreement (DCA) antara kedua negara mengadopsi cakupan isu dan jenis kegiatan yang umumnya dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara mitra lain.

img
Selasa, 22 Februari 2022

Skenario Eskalasi Konflik di Ukraina dan Risikonya Terhadap Indonesia

Indah Lestari, Reyhan Noor, Dizar Sabana, Reine Prihandoko Politik Keamanan Tilik Data

Tilik data mengkaji skenario konflik terkini Rusia-Ukraina-NATO beserta identifikasi risiko yang berpotensi dihadapi Indonesia dan mitigasi yang dibutuhkan.