header

Publikasi

Publikasi Kami

img
Selasa, 21 Juni 2022

Pertahanan Ibu Kota Negara: Strategi dan Gelar Militer

CBDS Universitas Bina Nusantara, LAB 45 Politik Keamanan Research Report

Studi ini menganalisis geografi militer, karakter ancaman, dan adopsi strategi dalam peperangan yang melibatkan ibu kota negara.

img
Rabu, 18 Mei 2022

Pertempuran Ibu Kota Negara, 1910-2021

Binus University, Tim Peneliti LAB 45 Politik Keamanan Tilik Data

IKN yang berfungsi ganda sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi adalah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan dibandingkan dengan IKN yang hanya menjadi pusat pemerintahan. Selain itu, IKN dengan medan geografi yang kompleks (kombinasi perbukitan, persungaian, dan pegunungan) justru menjadi sasaran paling banyak, menandakan bahwa pihak penyerang selalu menemukan cara untuk mengatasi kendala medan geografi dalam menggempur IKN.

img
Rabu, 27 April 2022

Transformasi Perang Darat 2045

Andi Widjajanto, Dizar Sabana, Febry Triantama, Iis Gindarsah Politik Keamanan Buku

Perang adalah bagian tak terpisahkan dari peradaban manusia. Sejarah mencatat semua bangsa pernah terlibat dalam peperangan, terutama di palagan darat. Akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karakter perang darat mengalami perubahan dari masa ke masa. Pengalaman historis Indonesia menjadi penting untuk dikaji karena sebagai negara kepulauan, sekitar 52 persen dari seluruh operasi militer yang digelar sejak 1945 berbasis pada kekuatan darat. Berangkat dari pemikiran tersebut, buku ini bermaksud untuk mengkaji perkembangan literatur akademik seputar peperangan darat, memetakan posisi Indonesia dalam konflik bersenjata kontemporer, dan memproyeksikan karakter perang darat di masa depan.

img
Senin, 18 April 2022

Tren Dissenting Opinion dalam Putusan Mahkamah Konstitusi (2003-2022)

Dizar Sabana, Mutti Anggitta, Reine Prihandoko Politik Keamanan Tilik Data

Sejak berdiri pada 13 Agustus 2003, Mahkamah Konstitusi telah mengeluarkan putusan atas 1.639 perkara. Di dalam proses pengambilan putusan, tidak jarang terjadi perbedaan pendapat di antara kesembilan hakim Mahkamah Konstitusi. Pendapat yang berbeda ini dikenal dengan istilah hukum “Dissenting Opinion”.

img
Senin, 18 April 2022

Dapatkah UU TPKS Mengakhiri Kawin Anak?

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

DPR mengesahkan RUU TPKS menjadi UU 12 April lalu. UU ini berisi 93 pasal yang mengatur 19 jenis kekerasan seksual, termasuk kawin anak. Berdasarkan Pasal 10 UU TPKS, pelaku pemaksaan kawin anak dapat dihukum pidana penjara paling lama sembilan tahun dan/atau denda paling banyak Rp200.000.000. Artikel ini akan fokus membahas kawin anak, tanpa bermaksud mengecilkan pentingnya jenis kekerasan seksual lainnya. Tentu dengan UU TPKS ini kita berharap angka semua jenis kekerasan seksual akan turun, tak cuma kasus kawin anak.

img
Senin, 04 April 2022

Di Balik Ambisi Nuklir Korea Utara

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Seminggu setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik antarbenua, yang diklaim sebagai Hwasong-17, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa pemerintah Korea Utara telah berbohong. Berdasarkan hasil analisis intelijen Korea Selatan, yang diuji pada 24 Maret lalu bukanlah Hwasong-17, melainkan Hwasong-15. Korea Selatan menilai kebohongan publik tersebut dilakukan Kim Jong Un untuk menutupi fakta bahwa sebenarnya Hwasong-17 belum sukses dikembangkan.

img
Senin, 28 Maret 2022

Perfect Timing Uji Coba Hwasong-17 di Tengah Krisis Ukraina

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Kamis lalu, Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang diberi nama “Hwasong-17”. Berdasarkan data pemerintah Jepang, rudal berukuran 25 meter ini terbang sekitar 71 menit hingga ketinggian sekitar 6.000 km dan mencapai jarak sekitar 1.100 km. Hwasong-17 diluncurkan dari Bandara Internasional Pyongyang dan mendarat di zona ekonomi eksklusif Laut Jepang

img
Senin, 21 Maret 2022

Perundingan Rusia-Ukraina: Perdamaian Sudah Dekat?

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Perang Rusia-Ukraina sudah memasuki minggu keempat. Setidaknya 700 warga sipil Ukraina menjadi korban jiwa dan lebih dari 1.000 lainnya mengalami luka-luka. Seperti di Syria dan Chechnya, invasi Rusia di Ukraina juga menjadikan wilayah berpenduduk padat sebagai target pengeboman. Tak kurang tiga juta warga Ukraina sudah mengungsi ke negara-negara tetangga terdekat.

img
Senin, 14 Maret 2022

Diplomasi Pertahanan Indonesia dan Singapura

Dizar Sabana, Patricia, Reine Prihandoko Politik Keamanan Tilik Data

Secara kumulatif, Singapura menempati posisi ketiga sebagai mitra utama diplomasi pertahanan Indonesia. Defence Cooperation Agreement (DCA) antara kedua negara mengadopsi cakupan isu dan jenis kegiatan yang umumnya dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara mitra lain.

img
Selasa, 22 Februari 2022

Skenario Eskalasi Konflik di Ukraina dan Risikonya Terhadap Indonesia

Dizar Sabana, Indah Lestari, Reine Prihandoko, Reyhan Noor Politik Keamanan Tilik Data

Tilik data mengkaji skenario konflik terkini Rusia-Ukraina-NATO beserta identifikasi risiko yang berpotensi dihadapi Indonesia dan mitigasi yang dibutuhkan.