header

Publikasi

Publikasi Kami

img
Senin, 18 April 2022

Dapatkah UU TPKS Mengakhiri Kawin Anak?

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

DPR mengesahkan RUU TPKS menjadi UU 12 April lalu. UU ini berisi 93 pasal yang mengatur 19 jenis kekerasan seksual, termasuk kawin anak. Berdasarkan Pasal 10 UU TPKS, pelaku pemaksaan kawin anak dapat dihukum pidana penjara paling lama sembilan tahun dan/atau denda paling banyak Rp200.000.000. Artikel ini akan fokus membahas kawin anak, tanpa bermaksud mengecilkan pentingnya jenis kekerasan seksual lainnya. Tentu dengan UU TPKS ini kita berharap angka semua jenis kekerasan seksual akan turun, tak cuma kasus kawin anak.

img
Senin, 18 April 2022

Tren Dissenting Opinion dalam Putusan Mahkamah Konstitusi (2003-2022)

Dizar Sabana, Reine Prihandoko, Mutti Anggitta Politik Keamanan Tilik Data

Sejak berdiri pada 13 Agustus 2003, Mahkamah Konstitusi telah mengeluarkan putusan atas 1.639 perkara. Di dalam proses pengambilan putusan, tidak jarang terjadi perbedaan pendapat di antara kesembilan hakim Mahkamah Konstitusi. Pendapat yang berbeda ini dikenal dengan istilah hukum “Dissenting Opinion”.

img
Jum'at, 08 April 2022

Tantangan Realitas Geopolitik Baru

Makmur Keliat Ekonomi Politik Media Eksternal

Hingga kini institusi-institusi internasional belum efektif mengatasi kelabilan global sebagai akibat dari tindakan perang dan agresi militer. Ada sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia di masa depan.

img
Selasa, 05 April 2022

Propaganda dan Rekayasa Media Sosial

Diyauddin Politik Media Media Eksternal

Propaganda media dalam sebuah gelar pasukan tempur merupakan bagian tak terpisahkan dalam kampanye perang. Pada perang dunia ke-2 strategi blitzkrieg Jerman berhasil menaklukkan Prancis dengan memanfaatkan radio dan kendaraan lapis baja. Pada tahun 2014, ISIS menaklukkan kota Mosul dengan menggunakan internet sebagai senjata.

img
Senin, 04 April 2022

Di Balik Ambisi Nuklir Korea Utara

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Seminggu setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik antarbenua, yang diklaim sebagai Hwasong-17, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa pemerintah Korea Utara telah berbohong. Berdasarkan hasil analisis intelijen Korea Selatan, yang diuji pada 24 Maret lalu bukanlah Hwasong-17, melainkan Hwasong-15. Korea Selatan menilai kebohongan publik tersebut dilakukan Kim Jong Un untuk menutupi fakta bahwa sebenarnya Hwasong-17 belum sukses dikembangkan.

img
Jum'at, 01 April 2022

Polemik Harga Minyak Goreng

Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat Ekonomi Politik Tilik Data

Pasar minyak goreng di Indonesia mendapat banyak intervensi. Di hulu, intervensi dilakukan oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian ESDM. Sementara itu, Kementerian Perdagangan melalui Harga Eceran Tertinggi (HET) melakukan intervensi di hilir.

img
Senin, 28 Maret 2022

Perfect Timing Uji Coba Hwasong-17 di Tengah Krisis Ukraina

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Kamis lalu, Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang diberi nama “Hwasong-17”. Berdasarkan data pemerintah Jepang, rudal berukuran 25 meter ini terbang sekitar 71 menit hingga ketinggian sekitar 6.000 km dan mencapai jarak sekitar 1.100 km. Hwasong-17 diluncurkan dari Bandara Internasional Pyongyang dan mendarat di zona ekonomi eksklusif Laut Jepang

img
Senin, 21 Maret 2022

Perundingan Rusia-Ukraina: Perdamaian Sudah Dekat?

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Perang Rusia-Ukraina sudah memasuki minggu keempat. Setidaknya 700 warga sipil Ukraina menjadi korban jiwa dan lebih dari 1.000 lainnya mengalami luka-luka. Seperti di Syria dan Chechnya, invasi Rusia di Ukraina juga menjadikan wilayah berpenduduk padat sebagai target pengeboman. Tak kurang tiga juta warga Ukraina sudah mengungsi ke negara-negara tetangga terdekat.

img
Jum'at, 18 Maret 2022

Proyeksi Risiko Fiskal di Tahun 2023

Indah Lestari, Reyhan Noor, Makmur Keliat Ekonomi Politik Tilik Data

Dalam konteks ekonomi politik, fiskal tahun 2023 memiliki risiko yang sangat mungkin terjadi dengan dampak yang sedang berdasarkan penilaian dari tiga risiko utama.

img
Senin, 14 Maret 2022

Diplomasi Pertahanan Indonesia dan Singapura

Dizar Sabana, Reine Prihandoko, Patricia Politik Keamanan Tilik Data

Secara kumulatif, Singapura menempati posisi ketiga sebagai mitra utama diplomasi pertahanan Indonesia. Defence Cooperation Agreement (DCA) antara kedua negara mengadopsi cakupan isu dan jenis kegiatan yang umumnya dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara mitra lain.