header

Publikasi

Publikasi Kami

img
Rabu, 25 Mei 2022

Penataan Bisnis Minyak Sawit

Makmur Keliat Ekonomi Politik Media Eksternal

Pemerintah telah membuat langkah positif membuka kembali keran ekspor minyak sawit. Juga telah melakukan investigasi pelanggaran bisnis minyak sawit. Namun, upaya itu perlu dilengkapi agenda kebijakan untuk perbaikannya.

img
Senin, 18 April 2022

Dapatkah UU TPKS Mengakhiri Kawin Anak?

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

DPR mengesahkan RUU TPKS menjadi UU 12 April lalu. UU ini berisi 93 pasal yang mengatur 19 jenis kekerasan seksual, termasuk kawin anak. Berdasarkan Pasal 10 UU TPKS, pelaku pemaksaan kawin anak dapat dihukum pidana penjara paling lama sembilan tahun dan/atau denda paling banyak Rp200.000.000. Artikel ini akan fokus membahas kawin anak, tanpa bermaksud mengecilkan pentingnya jenis kekerasan seksual lainnya. Tentu dengan UU TPKS ini kita berharap angka semua jenis kekerasan seksual akan turun, tak cuma kasus kawin anak.

img
Jum'at, 08 April 2022

Tantangan Realitas Geopolitik Baru

Makmur Keliat Ekonomi Politik Media Eksternal

Hingga kini institusi-institusi internasional belum efektif mengatasi kelabilan global sebagai akibat dari tindakan perang dan agresi militer. Ada sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia di masa depan.

img
Selasa, 05 April 2022

Propaganda dan Rekayasa Media Sosial

Diyauddin Politik Media Media Eksternal

Propaganda media dalam sebuah gelar pasukan tempur merupakan bagian tak terpisahkan dalam kampanye perang. Pada perang dunia ke-2 strategi blitzkrieg Jerman berhasil menaklukkan Prancis dengan memanfaatkan radio dan kendaraan lapis baja. Pada tahun 2014, ISIS menaklukkan kota Mosul dengan menggunakan internet sebagai senjata.

img
Senin, 04 April 2022

Di Balik Ambisi Nuklir Korea Utara

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Seminggu setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik antarbenua, yang diklaim sebagai Hwasong-17, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa pemerintah Korea Utara telah berbohong. Berdasarkan hasil analisis intelijen Korea Selatan, yang diuji pada 24 Maret lalu bukanlah Hwasong-17, melainkan Hwasong-15. Korea Selatan menilai kebohongan publik tersebut dilakukan Kim Jong Un untuk menutupi fakta bahwa sebenarnya Hwasong-17 belum sukses dikembangkan.

img
Senin, 28 Maret 2022

Perfect Timing Uji Coba Hwasong-17 di Tengah Krisis Ukraina

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Kamis lalu, Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang diberi nama “Hwasong-17”. Berdasarkan data pemerintah Jepang, rudal berukuran 25 meter ini terbang sekitar 71 menit hingga ketinggian sekitar 6.000 km dan mencapai jarak sekitar 1.100 km. Hwasong-17 diluncurkan dari Bandara Internasional Pyongyang dan mendarat di zona ekonomi eksklusif Laut Jepang

img
Senin, 21 Maret 2022

Perundingan Rusia-Ukraina: Perdamaian Sudah Dekat?

Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

Perang Rusia-Ukraina sudah memasuki minggu keempat. Setidaknya 700 warga sipil Ukraina menjadi korban jiwa dan lebih dari 1.000 lainnya mengalami luka-luka. Seperti di Syria dan Chechnya, invasi Rusia di Ukraina juga menjadikan wilayah berpenduduk padat sebagai target pengeboman. Tak kurang tiga juta warga Ukraina sudah mengungsi ke negara-negara tetangga terdekat.

img
Minggu, 13 Maret 2022

Muda(h) Bekerja di Laut

M. Riza Damanik Ekonomi Politik Media Eksternal

Anak muda, perempuan, dan ekonomi hijau akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia ke depan. Pembenahan ekosistem bekerja di laut menjadi kunci.

img
Kamis, 10 Februari 2022

Pengaturan Baru Rente Sumber Daya

Makmur Keliat Ekonomi Politik Media Eksternal

Seperti halnya industri ekstraktif di sumber daya alam (SDA) lainnya, industri batubara dapat dikategorikan sebagai kegiatan penghasil rente. penataan bisnis rente ini adalah suatu keharusan.

img
Rabu, 24 November 2021

Why fear nuclear power?

Dizar Sabana, Mutti Anggitta Politik Keamanan Media Eksternal

The United Nations Climate Change Conference (COP26) has ended. Neither President Joko “Jokowi” Widodo nor Environment and Forestry Minister Siti Nurbaya Bakar promised to guide Indonesia to reach net-zero emissions by 2050.