Publikasi Politik Keamanan

img

TILIK DATA

"Kudeta Myanmar"

Penulis Tim Analis LAB 45 - Senin, 22 Maret 2021

Media Daring

Kudeta militer di Myanmar tidak menjadi isu yang seksi diberitakan oleh media daring di Indonesia selama periode pemantauan. Mayoritas pemberitaan berupa laporan perkembangan situasi yang cenderung menyadur dari pemberitaan internasional. Intensitas pemberitaan cukup normal, terlebih karena tidak banyak komentar maupun perdebatan antaraktor domestik Indonesia atas kudeta tersebut.

Meskipun terdapat kecaman dari beberapa aktor (seperti Fadli Zon dan Azis Syamsuddin), namun tidak berdampak pada intensitas pemberitaan yang diangkat. Perlu dicatat bahwa Indonesia sempat dituduh mendukung junta militer Myanmar, namun dengan cepat diklarifikasi oleh Kemenlu RI. Kejadian ini juga tidak menambah intensitas pemberitaan terkait kudeta militer Myanmar di media daring.

Media Sosial

Pembicaraan masyarakat mengenai kudeta militer Myanmar di media sosial selama periode pemantauan. didominasi oleh percakapan mengenai kekerasan yang dilakukan oleh junta militer Myanmar kepada masyarakat yang mengikuti aksi demonstrasi anti kudeta. Pembicaraan masyarakat ini menyoroti puluhan korban yang tewas pada aksi demo tersebut.

Sebagian masyarakat juga memperbincangkan aksi kudeta oleh junta militer Myanmar yang disertai penangkapan dan penahanan sejumlah aktor politik, seperti Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Myint.

img

LAPORAN

Politik Keamanan 2020

Penulis Reine Prihandoko, Iis Gindarsah - Minggu, 14 Maret 2021

Pemberitaan politik keamanan selama tahun 2020 cenderung didominasi oleh nuansa kegaduhan akibat peristiwa-peristiwa insidental yang memberikan sentimen negatif terhadap pemerintah). Isu Keterlibatan Oknum pada subtopik Kasus Korupsi, isu Oposisi Ekstraparlementer pada topik Friksi Koalisi Politik, dan isu Penanggulangan Terorisme pada topik Terorisme merupakan tiga isu utama pemberitaan politik keamanan sepanjang tahun 2020. Kasus Korupsi meliputi pemberitaan seputar terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus pergantian antarwaktu anggota DPR dan terhadap dua Menteri, serta rangkaian kasus persidangan terkait Djoko Tjandra. Sementara itu, Oposisi Ekstraparlementer mencakup pemberitaan perihal munculnya gerakan oposisi dari Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) dan berbagai polemik seputar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Penanggulangan Teror meliputi wacana pemulangan anggota ISIS eks WNI dan aksi teror di Sigi yang berujung pada pengejaran kelompok MIT.

img

LAPORAN

Politik Keamanan

Penulis Dizar Sabana, Reine Prihandoko, Iis Gindarsah - Jum'at, 12 Maret 2021

Isu KKB, Keterlibatan Oknum Kasus Korupsi, dan Korupsi di sektor Pertahanan merupakan isu-isu utama pemberitaan media daring terkait politik keamanan pada bulan Februari 2021. KKB meliputi berbagai insiden baku tembak oleh KKB yang memakan korban warga sipil maupun aparat. Isu ini cukup menjadi anomali karena insidennya terjadi secara berturut-turut di saat yang berdekatan. Keterlibatan oknum kasus korupsi mencakup residu penyelesaian kasus korupsi 2020. Korupsi di sektor pertahanan meliputi kelanjutan pendalaman dugaan kasus korupsi PT Asabri. Selain isu-isu utama tersebut, beberapa lonjakan volume pemberitaan terjadi saat pemeriksaan Abu Janda atas persoalan ‘Islam arogan’, pemindahan 26 tersangka teroris JAD ke Cikeas, serta kunjungan Perdana Menteri Malaysia. Secara umum, tidak ada anomali dari aktor-aktor yang terpantau oleh maha data pada pemberitaan Polhukam selama bulan Februari 2021.

img

TILIK DATA

Pertahanan

Penulis Tim Analis LAB 45 - Jum'at, 12 Maret 2021

Media Daring

Pada periode pemantauan di bulan Februari 2021, media daring cenderung memberitakan Anggaran Pertahanan dibandingkan aspek Profesionalisme Militer dan Industri Pertahanan.

Isu-isu yang terpantau dominan adalah residu kasus-kasus penyimpangan Anggaran Pertahanan, yakni kelanjutan penyelidikan dugaan korupsi PT Asabri terkait penetapan tersangka, penyitaan aset,
dan pemeriksaan para saksi.

Secara umum, aktor-aktor yang banyak diberitakan dalam isu-isu Pertahanan didominasi oleh: (1) pejabat Kejaksaan Agung, (2) Plt Jubir KPK, dan (3) para tersangka dalam kaitan dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asabri.

Media Sosial

Pembicaraan mengenai Kementerian Pertahanan pada bulan Februari 2021 didominasi oleh percakapan mengenai utas yang dibuat Rachlan Nashidik mengenai keberhasilan PT PAL yang bisa membuat kapal selamnya sendiri, gagal panen pada proyek lumbung pangan di Kalimantan Tengah dan pembelian mobil Pindad Maung dan mobil Bima Esemka oleh Menhan Prabowo untuk keperluan operasional.

img

LAPORAN

Politik Keamanan

Penulis Dizar Sabana, Reine Prihandoko, Iis Gindarsah - Kamis, 25 Februari 2021

Isu Keterlibatan Oknum Kasus Korupsi, isu Penanggulangan Teror, serta isu KKB dan Rasisme merupakan isu-isu utama pemberitaan politik keamanan di bulan Januari 2021. Keterlibatan oknum kasus korupsi meliputi residu penyelesaian kasus korupsi 2020. Penanggulangan Teror mencakup polemik penerbitan Maklumat Kapolri terkait pelarangan aktivitas FPI, Perpres 7/2021, dan pembebasan Abu Bakar Ba’asyir. KKB meliputi insiden pembakaran oleh anggotanya, baku tembak di Intan Jaya, serta penangkapan Naftali Tipagau. Rasisme mencakup ujaran rasis yang menyasar Natalius Pigai. Selain isu-isu utama tersebut, beberapa lonjakan volume pemberitaan penting untuk dicatat, seperti pencalonan LSP sebagai Kapolri yang sangat dominan akibat kinerja mumpuninya dalam memberantas korupsi dan janji penanggulangan terornya. Sementara itu, isu-isu terkait Papua jadi anomali karena pemberitaannya naik, padahal seharusnya cenderung mereda setelah naik di bulan Desember.

img

TILIK DATA

Pertahanan

Penulis Tim Analis LAB 45 - Kamis, 25 Februari 2021

Media Daring

Pada periode pemantauan di bulan Januari 2021, media daring cenderung memberitakan Anggaran Pertahanan dibandingkan aspek Profesionalisme Militer dan Industri Pertahanan.

Isu-isu yang terpantau dominan adalah residu kasus-kasus penyimpangan Anggaran Pertahanan, yakni: (1) dugaan aliran dana korupsi PT DI ke Kemensetneg; dan (2) kelanjutan penyelidikan dugaan korupsi PT Asabri.

Secara umum, aktor-aktor yang banyak diberitakan dalam isu-isu Pertahanan didominasi oleh: (1) pejabat Kejaksaan Agung dalam kaitan dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asabri; dan (2) pejabat KPK, PT DI, dan Kemensetneg dalam kaitan kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat PT DI.

Media Sosial

Di bulan Januari 2021 percakapan warganet didominasi tentang ditemukannya seaglider oleh nelayan di perairan Sulawesi dan dugaan penyusupan kapal survei Tiongkok.

Diperbincangkan warganet terkait isu yang berhubungan Kemenhan relatif kecil dan tidak signifikan.