Publikasi Politik Media

img
Senin, 29 April 2024

Pantauan Media Putusan Mahkamah Konstitusi atas Gugatan Sengketa Pilpres 2024

Kategori Politik Media
Author Ali Nur Alizen, Ratu Dyah Ayu Gendiswardani, Salma Salima H.N.

Pantauan media atas isu Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden 2024 yang dilakukan pada tanggal 22 April 2024, ditemukan beberapa temuan menarik di media. Di media daring, eksposur naik pada pukul 09.00 sejak sidang dimulai hingga pukul 17.00. isu terbanyak yang naik adalah terkait dengan penolakan seluruh gugatan yang dilayangkan oleh kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, dissenting opinion tiga hakim MK terhadap putusan MK, dan poin-poin penolakan gugatan seperti pernyataan MK yang sebut tidak ada hubungan antara pemberian bansos dengan kenaikan suara yang didapatkan oleh salah satu paslon dan tidak terbuktinya tindakan cawe-cawe presiden dalam Pemilu 2024. Lima tokoh yang paling banyak diberitakan adalah 1) Hakim MK Saldi Isra, 2) Hakim MK Arief Hidayat, 3) Capres 01 Anies Baswedan, 4) Jubir MK Fajar Laksono, dan 5) Capres 03 Ganjar Pranowo. Pemberitaan pada umumnya diangkat oleh media nasional dan didominasi oleh sentimen pemberitaan netral cenderung negatif.

img
Senin, 18 Maret 2024

Prospek Penggunaan Tiktok Sebagai Instrumen Politik Pada Pemilihan Umum 2024

Kategori Politik Media
Author Ali Nur Alizen, Raisuddin, Ratu Dyah Ayu Gendiswardani, Salma Salima H.N., Rafi Alif Muhammad Akbar

Peran media sosial dalam dinamika politik elektoral telah banyak dibahas dalam lanskap akademik. Platform media sosial seperti Twitter dan Facebook telah memengaruhi berbagai pemilihan umum di dunia dalam berbagai bentuk. Pada pertengahan 2010-an, muncul media sosial baru yang pada tahun-tahun berikutnya akan mengalami pertumbuhan pesat, yakni TikTok. Besarnya audiens TikTok membuatnya dikonsiderasikan sebagai instrumen baru kandidat politik untuk bertarung dalam kontestasi politik di media sosial. Studi kasus di Filipina dan Malaysia menunjukkan tren awal penggunaan TikTok sebagai instrumen politik. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Pemilu pada tahun 2024 mendatang dan TikTok bukan tidak mungkin akan mengikuti jejak Facebook dan Twitter yang sudah terlebih dahulu digunakan politisi untuk menyebarkan narasinya.

Berdasarkan konteks ini, tim penulis melakukan focus group discussion dan wawancara mendalam dengan berbagai pihak yang relevan dalam isu ini. Hasil dari proses tersebut menunjukkan bahwa TikTok memang merupakan instrumen politik elektoral yang ideal untuk meningkatkan kesadaran pemilih terhadap seorang kandidat. Lebih lanjut, tim penulis juga menemukan bahwa TikTok memiliki karakteristik tertentu yang nantinya akan menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi politisi, otoritas, maupun masyarakat dalam dinamika politik elektoral di tahun 2024 mendatang. Monograf ini juga mengajukan beberapa poin saran bagi pihak-pihak yang akan terlibat dalam Pemilu 2024 dalam merespons TikTok.

img
Rabu, 14 Desember 2022

Affective Politics of Digital Media: Propaganda by Other Means

Kategori Politik Media
Author Salma Salima H.N.

Kini, sekat antara dunia nyata dan maya kian kabur. Media online dan media sosial menjadi arena baru pertarungan berbagai macam kepentingan. Di era post-truth, emosi memainkan peran sentral dalam laga tersebut. Megan Boler dan Elizabeth Davis (editor) dalam Affective Politics of Digital Media: Propaganda by Other Means menyajikan potret eksploitasi dan komodifikasi emosi yang marak terjadi dalam ekosistem media digital.

img
Rabu, 14 Desember 2022

Social Media and the Post-Truth World Order: The Global Dynamics of Disinformation

Kategori Politik Media
Author Rafi Alif Muhammad Akbar

Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS pada 2016, bersamaan juga dengan keputusan Britania Raya keluar dari Uni Eropa (Brexit) memicu diskusi panjang perihal fenomena post-truth. Post-truth sendiri dapat diartikan sebagai situasi di mana realitas tidak lagi objektif. Artinya, orang akan lebih menerima argumen-argumen berdasarkan emosi yang subjektif, alih-alih fakta empirik. Dalam fenomena ini, realitas didisrupsi dengan kehadiran info-info yang kebenarannya diragukan dan membentuk kebingungan publik. Media sosial menjadi poin pembicaraan krusial ketika membicarakan post-truth karena ia memungkinkan berita tersebar dengan cepat dan, melalui algoritmanya, lebih targeted kepada pengguna tertentu. Peran media sosial dalam kondisi post-truth kemudian berhubungan dengan konteks global yakni keresahan terkait tatanan liberal yang dibangun oleh Barat.

img
Senin, 20 Juni 2022

Pola Tagar-tagar Terpopuler di Twitter selama Mei 2022

Kategori Politik Media
Author Muhlis, Katherine Agatha Agape

Twitter menampilkan topik-topik populer (trending topic) berupa kata kunci (keyword) dan tagar (hashtag) dalam satu periode waktu. Studi ini menganalisis tagar-tagar Twitter yang ramai dibicarakan oleh warganet Indonesia dari 1 Mei sampai 31 Mei 2022.

img
Selasa, 05 April 2022

Propaganda dan Rekayasa Media Sosial

Kategori Politik Media
Author Diyauddin

Propaganda media dalam sebuah gelar pasukan tempur merupakan bagian tak terpisahkan dalam kampanye perang. Pada perang dunia ke-2 strategi blitzkrieg Jerman berhasil menaklukkan Prancis dengan memanfaatkan radio dan kendaraan lapis baja. Pada tahun 2014, ISIS menaklukkan kota Mosul dengan menggunakan internet sebagai senjata.

img
Senin, 25 Oktober 2021

Penanggulangan Pandemi

Kategori Politik Media
Author LAB 45

Pantauan media daring dan media sosial tentang upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia pada Oktober 2020-Oktober 2021.

img
Selasa, 19 Oktober 2021

Model Jagat Percakapan di Media Sosial

Kategori Politik Media
Author LAB 45

Analisa persepsi percakapan politik di media sosial pada Oktober 2020-Oktober 2021, mencakup jagat gema, jagat tarung, dan jagat natural.

img
Minggu, 17 Oktober 2021

Dinamika Isu dan Pola Sentimen dalam Pemberitaan Daring dan Percakapan Warganet

Kategori Politik Media
Author LAB 45

Pantauan dinamika isu dan pola sentimen selama tahun kedua pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin pada media daring dan media sosial.

img
Senin, 04 Oktober 2021

Percakapan Warganet tentang Isu-isu Pertahanan

Kategori Politik Media
Author LAB 45

Pantauan percakapan di media sosial tentang isu-isu pertahanan yang hangat dibicarakan selama tahun kedua pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.