Publikasi Ekonomi Politik

img

LAPORAN

Ekonomi Politik

Penulis Reyhan Noor, Makmur Keliat - Kamis, 25 Februari 2021

Klaster ekonomi politik (ekopol) selama bulan Januari masih menempati pemberitaan tertinggi, dengan total 45.393 konten berita atau 48,78?ri akumulasi antar klaster. Berdasarkan temuan tersebut, terdapat dua isu dengan capaian eksposur tertinggi yang perlu ditempatkan sebagai isu sensitif oleh pemerintah, sehingga dibangun kewaspadaan dan mitigasi risiko. Pertama, tingginya pemberitaan positif terkait narasi UU Cipta Kerja menguntungkan buruh, tetapi sumber utamanya berasal dari kegiatan sosialisasi pemerintah. Kedua, beberapa kasus kesulitan keuangan BUMN strategis yang naik pada Januari 2021. Sentimen positif terkait UU Cipta Kerja masih belum dapat dibuktikan hanya dari penantian peraturan pelaksana maupun komitmen investasi. Dibutuhkan dukungan data atas capaian pengurangan pengangguran selama 2021. Isu negatif terkait BUMN fokus kepada permasalahan utang yang berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi dan konsolidasi politik.

img

TILIK DATA

Vaksin

Penulis Tim Analis LAB 45 - Kamis, 25 Februari 2021

Media Daring

Vaksinasi dibandingkan Distribusi Vaksin dari topik Vaksin COVID-19.

Isu-isu terkait Program Vaksinasi adalah: (1) Program Vaksinasi yang membahas vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan; (2) Polemik Vaksinasi mengenai beberapa alasan penolakan vaksin, termasuk yang diributkan oleh Ribka Tjiptaning; (3) Vaksinasi Kelompok Rentan mengawasi perkembangan uji coba vaksin terutama untuk ibu hamil dan menyusui; dan (4) Orang Muda Abai Prokes menangkap gugatan Raffi Ahmad karena melanggar prokes setelah divaksin.

Secara umum, aktor-aktor yang terlibat dalam pemberitaan Vaksin COVID-19 didominasi oleh para menteri bidang perekonomian, dan kepala daerah. Aktor dengan sentimen negatif yang konsisten muncul adalah Ribka Tjiptaning.

Media Sosial

Isu dominan di bulan Januari di antaranya: momentum pelepasan vaksin Bio Farma, penyuntikan dosis vaksin pertama untuk Presiden Jokowi bersamaan isu pelanggaran protokol kesehatan oleh Raffi Ahmad, serta penyuntikan dosis kedua vaksin pada Presiden Jokowi.

Tagar-tagar terkait Vaksin didominasi oleh tagar dan narasi yang cenderung positif selama Januari. Warganet juga banyak memberikan komentar sinis terhadap orang-orang yang tidak percaya dan tidak mau disuntik vaksin.