TILIK DATA

Orang Muda

Penulis Ratu Dyah Ayu Widyaswari, Birgitta A.P. Saputro, Mutti Anggitta, Jaleswari Pramodhawardani - Selasa, 06 Juli 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Selama bulan Juni 2021, topik dalam klaster Orang Muda yang terpantau paling banyak diberitakan adalah Pendidikan dan Gaya Hidup. Adapun pemberitaan seputar Pendidikan didominasi kabar prestasi bahwa paket C setara dengan program pendidikan lain, program Talent Corner dari Kemenaker serta nama Albert Januarta yang melintang berkat prestasi biliar dan program beasiswa yang diluncurkan dari Bank Indonesia sebagai bekal penerus bangsa. Sedangkan pada topik Gaya Hidup terdapat isu penutupan sementara tempat olahraga selama PPKM, antrean BTS Meal yang dianggap menimbulkan klaster dan antusias sukarelawan FIBA Asia Cup 2021. Secara umum, isu-isu yang naik di pemberitaan masih dalam koridor normal karena menjadi perhatian konstituen Nasionalis – Pragmatis. Sementara pada Aktor Orang Muda didominasi oleh tokoh-tokoh pemerintah. Aktor dengan eksposur terbesar adalah Zainudin Amali terkait penyelenggaraan turnamen internasional FIBA Asia Cup 2021, PON XX 2021 di Papua, dan wafatnya Markis Kido.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (1-25 Juni 2021)

Analisis Politik Orang Muda

Pendahuluan

Laporan analisis periode pemantauan 1-25 Juni 2021 menganalisis pemberitaan media daring yang terpantau sebagai Klaster Orang Muda. Berdasarkan pengamatan maha data (Bagan 1), frekuensi konten pemberitaan terkait Klaster Orang Muda sebesar 12.503 berita sehingga menjadi klaster sebagai urutan terakhir jika dibandingkan dengan yang lainnya. Laporan ini menganalisis isu-isu utama yang menjadi perhatian yaitu Pendidikan dan Gaya Hidup

Bagan 1. Agregat Maha Data (1-25 Juni 2021)

Analisis Isu Orang Muda

Berdasarkan ketegorisasi yang ditetapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar orang muda terbagi menjadi 7 topik dengan 17 sub topik dan 22 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, dua topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi pada klaster Orang Muda yaitu Pendidikan dan Gaya Hidup. Uraian peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Orang Muda dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Orang Muda (1-25 Juni 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (1-25 Juni 2021)

Selama bulan Juni terdapat beberapa peristiwa dengan sorotan tertinggi pada topik Pendidikan dan Gaya Hidup (Bagan 3). Pada topik Gaya Hidup, diawali dengan eksposur berita antrean BTS Meal yang menarik perhatian Satgas Covid-19 hingga netizen Korea Selatan. Kedua, adalah kebijakan Jakarta dalam proses penyekatan dengan menutup fasilitas olahraga sementara selama PPKM darurat.

Selain itu, pergerakan isu topik pendidikan terurai di bawah grafik yang diantaranya adalah edukasi sampah oleh milenial di Sidoarjo. Kedua, adalah program talent corner yang diselenggarakan oleh Kemenaker. Serta fenomena kesetaraan program paket C yang saat ini sudah menjadi pilihan utama untuk masuk ke perguruan tinggi.

Bagan 3. Pergerakan Isu Orang Muda (1-25 Juni 2021)

Analisis Aktor Utama

Selain pemantauan terhadap isu, sistem pemantauan turut mengamati aktor yang mendominasi pemberitaan di media daring dengan melakukan analisis tabulasi silang antara aktor dengan topik dan aktor dengan konstituen politik. Secara umum tidak ada anomali pada aktor-aktor yang terpantau di Klaster Orang Muda. Aktor Orang Muda didominasi oleh tokoh pemerintah.

Bagan 4. Analisis Aktor Orang Muda terhadap Topik (1-25 Juni 2021)

Topik Pendidikan merupakan topik yang banyak dibicarakan oleh Aktor Orang Muda. Volume eksposur pemberitaan terlihat lebih tebal pada aktor Zainudin Amali, Joko Widodo, dan Teten Masduki. Volume eksposur pemberitaan terlihat lebih tebal pada aktor pemerintah dan hal ini merupakan lumrah karena setiap peristiwa saling terkait dengan kebijakan dan kinetik mereka sebagai Presiden dan Menteri.

Pemberitaan mengenai Zainudin Amali didominasi oleh penyelenggaraan turnamen internasional dan nasional seperti FIBA Asia Cup 2021 dan PON XX 2021 di Papua, serta wafatnya Markis Kido, mantan pemain bulu tangkis nasional. Joko Widodo terkait persiapan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021 dan namanya yang sering disebut oleh berbagai kalangan, sedangkan Teten Masduki banyak berbicara mengenai digitalisasi UMKM.

Setelah menganalisis nama aktor, sistem dapat menarik temuan nama aktor yang terkolerasi antar topik. Dari analisis tersebut tidak terdapat anomali aktor dan eksposur berita diilustrasikan dari ukuran lingkaran setiap aktor. Nama aktor yang terpantau beririsan adalah Joko Widodo, Aqua Dwipayana, dan Zainudin Amali. Hal tersebut terpantau normal.

Bagan 5. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Orang Muda (1-25 Juni 2021)

Bagan 6. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam dalam Klaster Orang Muda (1-25 Juni 2021)

Download Publikasi