TILIK DATA Perempuan dan Orang Muda

Penulis Ratu Dyah Ayu Widyaswari, Birgitta A.P. Saputro, Mutti Anggitta, Jaleswari Pramodhawardani - Jum'at, 04 Juni 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Isu Gizi Anak pada Topik Kesehatan Perempuan, isu Kekerasan Seksual pada topik Kasus Kekerasan, dan isu Beasiswa serta Pelatihan pada topik Pendidikan merupakan isu–isu utama pemberitaan Perempuan dan Orang Muda pada bulan Mei 2021. Isu Gizi Anak terkait Indonesia yang menduduki peringkat keempat dunia dengan jumlah stunting terbanyak dan program penurunan stunting di berbagai daerah. Sedangkan Kekerasan Seksual didominasi oleh pemberitaan tertangkapnya begal payudara, kekecewaan sejumlah pihak terhadap lolosnya pemerkosa anak di Aceh, dan kritik terhadap anak DPRD yang ingin menikahi korban yang diperkosanya. Isu Beasiswa pada topik Pendidikan meliputi pemberitaan mengenai program beasiswa yang diluncurkan ataupun diberikan terkait momentum Hari Pendidikan Nasional 2021 serta Hari Kebangkitan Nasional 2021, dan Kominfo yang meluncurkan program Literasi Digital Nasional dalam isu Pelatihan.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (1-28 Mei 2021)

Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (1-28 Mei 2021)

Analisis Politik Perempuan dan Orang Muda

Pendahuluan

Laporan analisis perempuan dan orang muda pada periode pemantauan 1 – 28 Mei 2021 menganalisis pemberitaan media daring yang terpantau sebagai klaster Perempuan dan Orang Muda. Berdasarkan pengamatan maha data (Bagan 1), frekuensi konten pemberitaan terkait klaster Perempuan (20.633 berita) dan Orang Muda (14.300 berita) merupakan dua klaster terkecil dibandingan dengan klaster Ekonomi (41.024 berita) dan klaster Polhukam (50.975 berita). Laporan ini menganalisis isu-isu utama yaitu  Kekerasan Seksual dan Beasiswa.

Bagan 1. Agregat Maha Data (1-28 Mei 2021)

Analisis Isu Perempuan dan Orang Muda

Berdasarkan kategorisasi yang diterapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar perempuan dan orang muda terbagi dalam 13 topik dengan 23 sub topik dan 29 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi pada klaster Perempuan adalah Kesehatan Perempuan , Kasus Kekerasan, dan Pendidikan untuk topik pada klaster Orang Muda. Peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Perempuan dan Orang Muda dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Perempuan dan Orang Muda (1-28 Mei 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (1-28 Mei 2021)

Bagan 3. Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (1-28 Mei 2021)

Pergerakan eksposur berita dengan eksposur tertinggi Perempuan terangkum pada Bagan 4. Terjadi 3 kali lonjakan yang signifikan, pertama pada tanggal 4 Mei 2021, terkait pemberitaan mengenai Indonesia yang berada pada peringkat 4 dunia kasus stunting terbanyak dan anggota DPRD NTT yang melakukan pelecehan seksual. Lonjakan kedua yang merupakan lonjakan tertinggi terkait artis Aurel Hermansyah yang mengalami keguguran dan pembunuhan seorang anak oleh orangtuanya di daerah Temanggung. Kedua pemberitaan ini sempat menjadi berita utama selama tiga hari berturut-turut. Lonjakan terakhir terjadi pada tanggal 26 Mei mengenai Pemkab Lampung Selatan yang berhasil meraih Penghargaan Terbaik 1 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting 2021 di Provinsi Lampung. Selain itu tertangkapnya pelaku begal payudara di daerah Kemayoran juga menjadi berita utama dalam beberapa hari terakhir.

Bagan 4. Pergerakan Isu Perempuan (1-28 Mei 2021)

Sepanjang bulan Mei 2021 terdapat empat peristiwa dengan sorotan tertinggi pada topik Kekerasan Seksual. Pertama, Bambang Soesatyo yang mengatakan bahwa teroris Papua lakukan kejahatan transnasional terorganisasi. Teroris ini melakukan berbagai tindakan seperti kekerasan, pemerkosaan, ataupun pembunuhan yang meresahkan masyarakat Papua. Kedua, Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang disiksa di Singapura. Penyiksaan ini terjadi pada November 2018 hingga Maret 2019. Kasus tersebut sudah dibawa hingga ke pengadilan setempat.

Ketiga, terkait dugaan kasus pelecehan seksual Yudha Febrian, mantan pemain timnas U-16 dan U-19 Indonesia. Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan sudah meminta Komite Disiplin mendalami kasus ini dan bila terbukti maka akan diberikan sangsi tegas. Terakhir, mengenai pertanyaan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK yang menganduk unsur seksisme dan pelecehan seksual di dalamnya.

Pada klaster Orang Muda, pergerakan eksposur per harinya terangkum dalam Bagan 5. Dapat dilihat bahwa terjadi satu kali lonjakan yang signifikan terkait momentum Hari Kebangkitan Nasional 2021. Beberapa Kepala Daerah memanfaatkan momentum ini untuk memberikan beasiswa kepada orang muda berprestasi di daerahnya.

Bagan 5. Pergerakan Isu Orang Muda (1-28 April 2021)

Seperti klaster Perempuan, sepanjang bulan April 2021 terdapat empat peristiwa dengan sorotan tertinggi pada topik Orang Muda, yaitu Pendidikan. Pertama, momentum Hari Pendidikan Nasional 2021 dengan tema Serentak Bergerak: Wujudkan Merdeka Belajar. Pada Hardiknas ini, Nadiem Makarim (Mendikbudristek) berbicara mengenai transformasi pendidikan melalui melalui empat upaya perbaikan, yaitu perbaikan infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, melakukan perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen.

Kedua, peluncuran program beasiswa Mobilitas Mahasiswa Internasional atau (Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Nadiem berharap melalu IISMA mahasiswa Indonesia dapat mewujudkan mimpi dengan mengikuti mata kuliah di perguruan tinggi terkemuka, mengembangkan kemahiran lintas budaya, memperkuat jejaring global, dan mempersiapkan diri dengan dunia kerja saat ini. Ketiga, terkait Harkitnas 2021, PLN mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi Covid-19 melalui bantuan pelatihan, peralatan usaha, dan pembinaan UMKM agar naik kelas. Selain itu, terdapat pemberitaan terkait Kominfo yang meluncurkan program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” dan  Musi Banyuasin yang berhasil meraih double winner Anugerah Pesona Indonesia 2020.

Terakhir, pemberitaan terkait pengumuman pemenang kompetisi TikTok yang digelar oleh Walikota Malang. Kompetisi ini digelar Pemerintah Kota Malang dengan Jatim Times, yang bertujuan untuk mempromosikan Kota Malang di hari jadi ke-107 Kota Malang.

Analisis Aktor Utama

Selain pemantauan terhadap isu, sistem pemantauan turut mengamati aktor yang mendominasi pemberitaan di media daring dengan melakukan analisis tabulasi silang antara aktor dengan topik dan aktor dengan konstituen politik. Secara umum tidak ada anomali pada aktor-aktor yang terpantau di Klaster Perempuan. Namun, aktor yang muncul dominan oleh public figure karena masalah kesehatan pasangan muda Atta dan Aurel.  Sedangkan nama aktor pemerintah terkait banyak berbicara mengenai penanganan stunting yang masih menjadi momok dalam isu Kesehatan Perempuan.

Bagan 6. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik (1-28 Mei 2021)

Aktor Orang Muda dengan eksposur tertinggi adalah topik Pendidikan yang erat dengan isu Beasiswa karena peringatan Hardiknas serta Hardiknas dan isu Pelatihan yang meluncurkan program Literasi Digital Nasional lewat Kominfo. Volume eksposur pemberitaan terlihat lebih tebal pada aktor pemerintah dan hal ini merupakan lumrah karena setiap peristiwa saling terkait dengan kebijakan, karakter dan topik pemberitaan klaster. Termasuk nama Joko Widodo yang tinggi eksposurnya setelah meresmikan acara Literasi Digital Indonesia dengan tema “Indonesia Makin Cakap Digital”.

Bagan 7. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik (1-28 Mei 2021)

Setelah menganalisis nama aktor, sistem dapat menarik temuan nama aktor yang terkolerasi antar topik dan klaster. Dari analisis tersebut tidak terdapat anomali aktor dan eksposur berita diilustrasikan dari ukuran lingkaran setiap aktor. Nama aktor yang terpantau beririsan adalah Bambang Soesatyo dan Joko Widodo. Hal tersebut terpantau normal karena tidak ada peristiwa yang benar-benar mengaitkan dua isu antara klaster tersebut.

Bagan 8. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Perempuan dan Orang Muda (1-28 Mei 2021)

Bagan 9. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam dalam Klaster Perempuan dan Orang Muda (1-28 Mei 2021)

Download Publikasi