TILIK DATA Perempuan dan Orang Muda

Penulis Ratu Dyah Ayu Widyaswari, Birgitta A.P. Saputro, Jaleswari Pramodhawardani - Rabu, 05 Mei 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Isu Pemberdayaan Perempuan pada Topik Kesetaraan Gender, isu Kekerasan Seksual pada topik Kasus Kekerasan, dan isu Prestasi pada topik Pendidikan merupakan isu – isu utama pemberitaan Perempuan dan Orang Muda pada bulan April 2021. Pemberdayaan Perempuan memuat momentum Hari Kartini yang dirayakan setiap tahun dengan apresiasi dan kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan dan semangat perempuan. Sedangkan Kekerasan Seksual terdiri dari tingginya keluhan korban yang turut menuntut karyawan pemerintah atas tindakan tercela tersebut. Isu Prestasi pada topik Pendidikan meliputi pemberitaan mengenai Maudy Ayunda dan beberapa orang muda Indonesia yang masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30 dan kemenangan Persija pada Piala Menpora 2021, serta bangkitnya kompetisi olahraga sepak bola setelah setahun mati akibat pandemi Covid – 19.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (1-30 April 2021)

Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (1-30 April 2021)

Analisis Politik Perempuan dan Orang Muda

Pendahuluan

Laporan analisis perempuan dan orang muda pada periode pemantauan 1 – 30 April 2021 menganalisis pemberitaan media daring yang terpantau sebagai klaster Perempuan dan Orang Muda. Berdasarkan pengamatan maha data (Bagan 1), frekuensi konten pemberitaan terkait klaster perempuan (27.843 berita) dan orang muda (19.851 berita) merupakan dua klaster terkecil dibandingan dengan klaster ekonomi (54.010 berita) dan klaster polhukam (75.968 berita). Laporan ini menganalisis isu-isu utama antara lain Pemberdayaan Perempuan, Kekerasan Seksual dan Prestasi.

Bagan 1. Agregat Maha Data (1-30 Maret 2021)

Analisis Isu Perempuan dan Orang Muda

Berdasarkan kategorisasi yang diterapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar perempuan dan orang muda terbagi dalam 13 topik dengan 23 sub topik dan 29 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi pada klaster Perempuan adalah Kesetaraan Gender, Kasus Kekerasan, dan Pendidikan untuk topik pada klaster Orang Muda. Peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Perempuan dan Orang Muda dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Perempuan dan Orang Muda (1-30 April 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (1-30 April 2021)

Bagan 3. Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (1-30 April 2021)

Pergerakan eksposur berita dengan eksposur tertinggi Perempuan terangkum pada Bagan 4. Lonjakan paling signifikan terjadi saat peringatan Hari Kartini dengan tren kegiatan yang membangun semangat sesama perempuan sehingga dianggap membangun ekonomi Indonesia dan meningkatkan Indeks Pemberdayaan Gender (IPG) di Bandung Jawa Barat.

Dinamika pemberitaan lain banyak terjadi pada topik Kasus Kekerasan, laporan tindakan asusila meningkat dan yang paling banyak disorot adalah laporan dari mereka yang sudah memiliki latar belakang atau public figure. Selain itu tanggal satu bulan April diramaikan agenda pemerintah untuk mendata keluarga 2021, guna sebagai tolak ukur angka penduduk dan kebutuhan akan gizi serta pelayanan keluarga berencana.

Bagan 4. Pergerakan Isu Perempuan (1-30 April 2021)

Untuk pergerakan eksposur seluruh pemberitaan orang muda per harinya terangkum dalam Bagan 5. Dapat dilihat terjadi tiga kali lonjakan eksposur yang signifikan. Lonjakan pertama terjadi pada tanggal 1 April 2021, masih terkait teror di Makassar dan Jakarta yang dilakukan oleh orang muda. Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Kertopati mengatakan bahwa milenial menjadi sasaran perekrutan teroris. Alasannya karena kaum muda ini masih mencari jati diri dan mengikuti pihak yang paling berpengaruh. Selain itu, pola rekruitmen teroris saat ini berkembang menjadi lebih terbuka menggunakan ruang publik seperti sekolah, kampus, dan perkumpulan kegiatan keagamaan. Sehingga pemerintah perlu melibatkan orang muda sebagai upaya melakukan pencegahan.

Lonjakan kedua terjadi pada tanggal 21 April 2021 mengenai pemberitaan Maudy Ayunda yang masuk ke dalam Forbes 30 under 30 tahun 2021. Forbes 30 under 30 ini menampilkan para milenial cerdas dan inovatif serta para pemimpin Gen Z yang gigih dan berkembang meskipun ada ketidakpastian global, dengan 30 penerima penghargaan yang dipilih dari 10 kategori. Tidak hanya Maudy Ayunda, beberapa orang muda dari Indonesia seperti youtuber Jeremy Polin dan kakaknya Jehian Polin Sijabat, pengusaha muda Jennifer Haryanyo dan Jessica Lin, serta sprinter Indonesia Muhammad Zohri juga turut masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30. Lonjakan terakhir pada 26 April terjadi akibat dua peristiwa, yaitu pemberitaan mengenai Pemkot Surabaya yang memberikan beasiswa kepada anak awak KRI Nanggala – 402 dan kemenangan Persija dalam kompetisi Piala Menpora 2021.

Bagan 5. Pergerakan Isu Orang Muda (1-30 April 2021)

Sepanjang bulan April 2021 terdapat enam peristiwa dengan sorotan tertinggi pada topik Pendidikan. Pertama, mengenai pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara 2021. Dalam pembukaan ini, Panglima TNI mengatakan Latsitarda merupakan sebuah momentum untuk membangun sinergi TNI, Polri dan masyarakat. Kegiatan ini menjadi sarana untuk menumbuhkan jiwa kejuangan, cinta tanah air serta semangat integrasi para taruna dan mahasiswa. Kedua, terkait generasi muda yang diajak untuk menggarap peluang berwirausaha pertanian di daerah – daerah sebagai upaya mendorong produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan penduduk di Indonesia. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap ada transformasi yang mendorong peningkatan SDM pertanian, salah satunya dengan penciptaan 2,5 juta wirausaha pertanian milenial pada tahun 2024.

Ketiga, Presiden Joko Widodo yang meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk mempersiapkan Liga 1 dan Liga 2 sebaik – baiknya, terutama terkait kemungkinan adanya penonton terbatas saat liga berlangsung. Presiden juga mengapresiasi gelaran Piala Menpora 2021 karena para suporter patuh terhadap imbauan tidak datang berkerumun ke stadion dan tidak nonton bareng. Keempat, Kodim 1709/Yawa yang melakukan pemeriksaan kesehatan pemuda dan pemudi di Yapen dan Waropen yang direkrut untuk menjadi prajurit TNI AD, sebelum menjalani pembinaan di Makodim 1709/Yawa.

Kelima, kolaborasi Telkomsel dan Telkom University yang menghadirkan beasiswa bagi para mahasiswa untuk mendorong terciptanya talenta digital. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman. Program beasiswa ini diharapkan dapat menjaring talenta yang mampu mengisi ragam fungsi kerja yang dibutuhkan industri, serta menjawab tantangan di era digital yang berkembang dari waktu ke waktu. Keenam, SMA Pradita Dirgantara yang memberikan beasiswa kepada anak prajurit KRI Nanggala – 402.

Analisis Aktor Utama

Selain pemantauan terhadap isu Perempuan dan Orang Muda, sistem maha data membantu agar dapat mengamati aktor-aktor mana saja yang paling mendominasi pemberitaan di media daring melalui tabulasi silang antara aktor dengan topik dan aktor dengan konstituen politik.

Aktor Perempuan terdapat anomali yang terpantau pada periode ini, yaitu munculnya nama-nama public figure yang ada kaitannya dengan topik pantauan klaster perempuan di Bagan 6. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina namanya muncul terkait topik Kesehatan Perempuan dalam kaitannya dengan kehamilan kedua dari pasangan selibritis tersebut. Sedangkan nama Nathalie Holscher, Thalita Latief dan Yuyun Sukawati terkait topik Kasus Kekerasan, ketiganya mengalami guncangan rumah tangga dengan pengalaman yang berbeda-beda. Natalie mengalami kabar orang ketiga dalam masa kehamilan anak pertamanya, sedangkan Thalita mengalami KDRT dan Yuyun mengalami kekerasan yang sama kepada anaknya. Laporan atas nama public figure cenderung terpantau dalam analisis karena mereka memiliki latar belakang dikenal banyak publik. Sehingga, kasus kekerasan seksual dari laporan pribadi yang mungkin tingkat urgensinya lebih tinggi namun dialami masyarakat biasa nama tokohnya belum masuk pantauan analisis aktor utama. Dan, nama aktor dengan eksposur tertinggi ditempati oleh Menteri PPPA, Ibu I Gusti Bintang Ayu D yang mana dalam periode ini paling sering muncul karena banyak kegiatan yang berkaitan dengan peringatan Hari Kartini atau topik Kesetaraan Gender.

Bagan 6. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik (1-30 April 2021)

Secara umum, aktor pada klaster Orang Muda berasal dari pemerintah pada tabel Bagan 7. Sebagian besar aktor yang terekam terkait dengan gerak kinetiknya sebagai pejabat pemerintah. Pada periode April 2021, eksposur utama aktor – aktor Orang Muda lebih banyak terekam berbicara mengenai topik Pendidikan. Volume pemberitaan pada Zainudin Amali (Menpora), Joko Widodo (Presiden RI), dan Bambang Soesatyo (Ketua MPR) terlihat lebih tebal dibandingkan dengan aktor lainnya. Tidak ada anomali pada aktor teratas klaster Orang Muda.

Berdasarkan analisis maha data, dapat ditarik temuan mengenai korelasi antar aktor yang terpantau dalam pemberitaan klaster Perempuan dan Orang Muda selama bulan April 2021. Bagan 8 dan 9 menjelaskan ontologi aktor – aktor yang aktif membicarakan dan aktif dibicarakan pada isu dominan. Terdapat dua aktor pada isu Pemberdayaan Perempuan (klaster Perempuan) dan Prestasi (klaster Orang Muda) yang saling terkait, yaitu Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) dan Presiden Joko Widodo. Pada klaster Perempuan, Ridwan Kamil berbicara mengenai over populasi, sementara pada klaster Orang Muda, Ridwan Kamil terekam terkait program pendidikan dan ekonomi kreatif untuk Orang Muda. Presiden Joko Widodo aktif dibicarakan oleh aktor lain dan merupakan hal yang lumrah.

Bagan 7. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik (1-30 April 2021)

Bagan 8. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Perempuan dan Orang Muda (1-30 April 2021)

Bagan 9. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam dalam Klaster Perempuan dan Orang Muda (1-30 April 2021)

Download Publikasi