TILIK DATA Pertahanan

Penulis Tim Analis LAB 45 - Jum'at, 09 April 2021
img

Media Daring

Pemantauan media daring selama bulan Maret 2021 menunjukkan bahwa pemberitaan didominasi oleh kinetik Kementerian Pertahanan, TNI, dan BUMN Strategis. Sayangnya, isu-isu substansial di bidang pertahanan dan militer yang tergolong high politics relatif belum menjadi sorotan utama pemberitaan di media daring.

Analisis media daring juga menunjukkan bahwa isu yang terpantau paling dominan adalah Kesejahteraan Prajurit menyoal gaji, perumahan, kesehatan, dan peningkatan kemampuan ketrampilan. Kemudian isu Korupsi dari Anggaran Pertahanan terkait kelanjutan penyelidikan kasus korupsi PT Asabri. Lalu isu BUMN Strategis seputar perkembangan kemajuan dan kemandirian industri pertahanan dalam negeri.

Media Sosial

Pembicaraan netizen terkait dengan Kementerian Pertahanan selama bulan Maret 2021 didominasi oleh narasi mengenai diamnya Menteri Pertahanan Prabowo di saat terjadinya beberapa kali aksi teror di Indonesia. Masyarakat di media sosial juga membicarakan penyerahan pesawat karya anak bangsa CN235-220 kepada AU Senegal dan peresmian kapal selam Alugoro-405 buatan dalam negeri.

Dibandingkan pantauan media sosial, diamnya Prabowo cenderung tidak mengundang kritikan dan diangkat di pemberitaan daring. Dua peristiwa aksi teror cenderung tidak menguatkan wacana percepatan penuntasan Rancangan Perpres tentang Pelibatan TNI dalam Penanganan Terorisme, baik di media daring maupun media sosial.

Analisis Media Daring





Analisis Percakapan Media Sosial





Download Publikasi