TILIK DATA Perempuan dan Orang Muda

Penulis Ratu Dyah Ayu Widyaswari, Birgitta A.P. Saputro, Jaleswari Pramodhawardani - Selasa, 06 April 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Isu Gizi Anak pada Topik Kesehatan Perempuan dan isu Pelatihan pada topik Pendidikan merupakan isu – isu utama pemberitaan Perempuan dan Orang Muda pada periode 1-30 Maret 2021. Topik Kesehatan Perempuan meliputi pemberitaan mengenai penanganan stunting dan Deklarasi Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan sebagai respons tingginya perkawinan anak di Indonesia. Topik Pendidikan sebagai eksposur tertinggi terkait berita upaya Kemendikbud mengatur ulang skema program KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah Merdeka demi mewujudkan akses pendidikan tinggi semakin merata dan berkualitas. Pemberitaan aksi teror yang terjadi pada minggu terakhir bulan Maret menarik perhatian yang tinggi pada beberapa kelompok agama, sehingga mendorong isu Pemberdayaan Santri pada topik Budaya menempati posisi nomor tiga.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (1-30 Maret 2021)

Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (1-30 Maret 2021)

Analisis Politik Perempuan dan Orang Muda

Pendahuluan

Laporan analisis perempuan dan orang muda pada bulan Maret 2021 menganalisis pemberitaan media daring yang terpantau sebagai klaster perempuan dan orang muda. Berdasarkan pengamatan pada maha data (Bagan 1), frekuensi konten pemberitaan terkait klaster perempuan (31.667 berita) dan orang muda (23.793 berita) merupakan dua klaster terkecil dibandingkan pemberitaan klaster ekonomi (70.656 berita) dan klaster polhukam (86.232 berita). Laporan ini menganalisis isu-isu utama antara lain Kesehatan Perempuan dan Pendidikan.

Bagan 1. Agregat Maha Data (1-30 Maret 2021)

Analisis Isu Perempuan dan Orang Muda

Berdasarkan kategorisasi yang diterapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar perempuan dan orang muda terbagi dalam 13 topik dengan 23 sub topik dan 29 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi pada klaster Perempuan adalah Kesehatan Perempuan dan Pendidikan untuk topik pada klaster Orang Muda. Peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Perempuan dan Orang Muda dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Perempuan dan Orang Muda (1-30 Maret 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (1-30 Maret 2021)

Bagan 3. Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (1-30 Maret 2021)

Untuk pergerakan eksposur seluruh pemberitaan perempuan per harinya terangkum dalam Bagan 4. Dapat dilihat terjadi empat kali lonjakan eksposur yang signifikan. Lonjakan pertama terkait pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) secara serentak pada tanggal 2 Maret 2021. Beberapa kegiatan bakti sosial yang dilakukan seperti pelayanan KB gratis, penyuluhan pencegahan stunting, dan launching Pelayanan KB MKJP Program Bangga Kencana. Lonjakan kedua dengan eksposur tertinggi terjadi pada tanggal 8 Maret 2021 yang bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia. Momentum Hari Perempuan Sedunia ini dimaanfaatkan oleh sebagian besar gerakan perempuan untuk menaikkan isu RUU PKS agar segera disahkan. Lonjakan ketiga pada 18 Maret 2021 terkait MUI dan Pemerintah yang mendeklarasikan Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Hal ini sebagai respons meningkatnya jumlah perkawinan anak khususnya selama pandemi Covid-19 yang memberikan kontribusi terhadap naiknya permohonan dispensasi perkawinan di Indonesia. Lonjakan terakhir yang terjadi pada 25 Maret 2021 terkait dengan pernyataan Megawati Soekarnoputri (Presiden ke-5) mengenai kondisi Tri Rismaharini yang semakin kurus dan sering menangis sejak menjabat sebagai Menteri Sosial karena mengalami kesedihan terhadap masalah masyarakat yang tinggal di kolong jembatan.

Bagan 4. Pergerakan Isu Perempuan (1-30 Maret 2021)

Sepanjang bulan Maret terdapat enam peristiwa dengan sorotan tertinggi, yaitu lima peristiwa dari topik Kesehatan Perempuan dan satu peristiwa dari isu Kekerasan Seksual pada topik Kasus Kekerasan. Pertama, penerbitan laporan catatan tahunan (Catahu) 2021 oleh Komnas Perempuan. Catahu ini merupakan dokumentasi data – data kekerasan terhadap perempuan yang dialami sepanjang 2020 di seluruh Indonesia. Pada tahun 2020 jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan tercatat sebanyak 299.911 kasus, turun 31% dari tahun sebelumnya. Menurut Andry Yentriyani (Ketua Komnas Perempuan) penurunan kasus terjadi antara lain karena banyaknya kuesioner yang dikembalikan menurun hingga 50%, bahkan di beberapa daerah seperti Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara tidak diketahui kondisi atau perkembangan kasus kekerasan terhadap perempuan.  Kedua, Ketua TP PKK Bali, Putri Suastini Koster, yang menyerahkan bantuan kepada 20 balita kurang gizi dan 10 ibu hamil di Desa Tista Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-49 PKK tahun 2021.

Ketiga, sebanyak 6.239 balita di Pelalawan mendapatkan bantuan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pasific Rayon (APR). Ketua PKK Kabupaten Pelalawan, Hj Ratna Mainar Harris, mengapresiasi dukungan RAPP-APR karena Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu daerah lokasi khusus (lokus) intervensi stunting di Riau. Keempat, dalam acara Deklarasi Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan perkawinan perlu dipersiapkan secara matang khususnya kematangan mental dan pengetahuan, serta kesadaran terhadap hak dan kewajiban masing – masing agar tercipta keluarga yang harmonis dan bahagia. Sehingga penting bagi calon pasangan suami dan istri mendapatkan bimbingan atau konseling pranikah. Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, bila perlu dibuat aturan bagi calon pasangan yang ingin menikah harus lulus kelas konseling pranikah. 

Kelima, Menko PMK, Muhadjir Effendy, yang mengatakan bahwa masalah ketersediaan air bersih berkaitan erat dengan isu pembangunan manusia, khususnya masalah stunting pada anak. intervensi penyediaan air minum, sanitasi yang layak, serta perubahan perilaku berkontribusi 70% dalam pencegahan stunting. Keenam, pemberitaan terkait satgas TMMD ke-110 Kodim 0813/Bojonegoro bersama Dinas Kesehatan Bojonegoro menggelar kegiatan Posyandu Remaja. Dalam kegiatan posyandu ini, para remaja akan diberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa, pencegahan penyalahgunaan NAPZA, gizi, aktifitas fisik, pencegahan Penyakit Tidak menular (PTM), dan pencegahan kekerasan pada remaja.

Bagan 5. Pergerakan Isu Orang Muda (1-30 Maret 2021)

Pada Orang Muda, pergerakan eksposur berita terjadi lonjakan pada tanggal 15 Maret, hal tersebut tinggi karena Pemerintah melalui Kemenpora mempersiapkan Desain Besar Olahraga Nasional. Desain tersebut memberikan panduan perencanaan di bidang olahraga mulai dari hulu hingga hilir yang ditujukan untuk peningkatan prestasi olahraga nasional di kancah dunia. Namun pada tanggal 23 Maret, pemberitaan lebih diramaikan dengan program KIP-K Merdeka sampai tanggal 28 Maret. Selain menguraikan pergerakan eksposur berita yang menjadi bahasan isu utama, Bagan 5 juga menguraikan pergerakan eksposur berita di luar isu utama. 

Topik Ekonomi Kreatif bulan ini masih di banjiri berita Kartu Prakerja gelombang 15, dalam praktiknya Ma’ruf Amin selaku pemerintah menganggarkan rencana tersebut hingga tahun 2022.  Pada topik Budaya tinggi karena adanya praktik program santri yang berbeda-beda setiap daerahnya. Namun pada akhir bulan aksi teror yang terjadi di Makassar mendorong pergerakan eksposur dengan tanggapan masyarakat, sejumlah kelompok agama terutama dari kalangan kelompok agama yang mengutuk keras aksi teror bom bunuh diri tersebut.

Analisis Aktor Utama

Selain pemantauan terhadap isu Perempuan dan Orang Muda, sistem maha data membantu agar dapat mengamati aktor-aktor mana saja yang paling mendominasi pemberitaan di media daring. Secara umum, Aktor Perempuan berasal dari aktor pemerintah (Bagan 6). Sebagian besar Aktor Perempuan yang terekam terkait dengan gerak kinetiknya sebagai pejabat pemerintah, sementara beberapa aktor lainnya terekam akibat momentum Hari Perempuan Sedunia. Aktor Perempuan banyak berbicara mengenai topik Kesetaraan Gender. Volume pemberitaan pada I Gusti Ayu Bintang (Menteri PPPA), Muhadjir Effendy (Menteri Koordinator PMK), dan Hasto Wardoyo (Kepala BKKBN) terlihat lebih besar dibandingkan dengan aktor lainnya.

I Gusti Ayu Bintang banyak diberitakan saat berbicara mengenai Hari Perempuan Sedunia, perkawinan anak, dan pemerintah yang berkomitmen meningkatkan partisipasi perempuan dalam pengambilan putusan publik saat acara Commission on the Status of Women (CSW) tahun 2021 di Markas Besar PBB, New York. Muhadjir Effendy terpantau intens diberitakan terkait program penurunan angka stunting di berbagai daerah. Sementara Hasto Wardoyo banyak berbicara mengenai Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan program penurunan angka stunting. Ujaran figur pada aktor Perempuan banyak menarik konstituen nasionalis hingga kultural dan hal tersebut merupakan lumrah. Beberapa aktor seperti Ali Fikri (juru bicara KPK), Scott Morrison (PM Australia), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (politisi Indonesia), dan Krisdayanti (artis) tidak relevan pada isu perempuan.

Bagan 6. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik (1-30 Maret 2021)

Pada Bagan 7, jika dilihat secara umum aktor Orang Muda berasal dari tokoh pemerintahan. Sebagian besar aktor yang berbicara membahas topik Pendidikan. Salah satunya nama Boy Rafli Amar yang menjadi perhatian bulan ini karena aksi teror yang terjadi pada akhir bulan. Menurutnya, anak muda adalah target utama khas kelompok terorisme. Kelompok tersebut mengincar melalui jaringan media sosial, sehingga fungsinya perlu pemantauan secara khusus.

Berbeda halnya dengan pemanfaatan teknologi kelas E-Sport, hal ini merupakan sebuah upaya baik dan positif yang dilakukan Edho Zell. YouTuber tersebut gencar kampanye sekolah yang dinamai Esports Academy ID. Berawal dari hobi bermain, kini Edho dapat membagi pelatihan cara bermain agar menjadi lebih profesional. Bagan 8 dan Bagan 9 menjelaskan ontologi aktor – aktor yang membicarakan dan dibicarakan pada isu dominan. Untuk periode Maret, aktor pada isu Gizi Anak (klaster Perempuan) dan isu Pelatihan (klaster Orang Muda) tidak memiliki aktor yang beririsan kecuali Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo aktif dibicarakan oleh aktor lain merupakan hal yang lumrah.

Bagan 7. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik (1-30 Maret 2021)

Bagan 8. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Perempuan dan Orang Muda (1-30 Maret 2021)

Bagan 9. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam dalam Klaster Perempuan dan Orang Muda (1-30 Maret 2021)

Download Publikasi