TILIK DATA Perempuan dan Orang Muda

Penulis Ratu Dyah Ayu Widyaswari, Birgitta A.P. Saputro, Jaleswari Pramodhawardani - Jum'at, 12 Maret 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Topik Diskriminasi Perempuan dan Ekonomi Kreatif merupakan isu utama pemberitaan perempuan dan orang muda di bulan Februari 2021. Pemberitaan pada topik Diskriminasi Perempuan masih memberitakan mengenai RUU PKS dan kasus Aisha Weddings. Sementara, topik Ekonomi Kreatif terkait dengan program kartu Prakerja dan pengembangan pariwisata untuk membantu ekonomi di Indonesia.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (Februari 2021)

Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (Februari 2021)

 

Analisis Politik Orang muda dan Perempuan

Pendahuluan

Laporan analisis perempuan dan orang muda pada bulan Februari 2021 menganalisis pemberitaan media daring yang terpantau sebagai klaster perempuan dan orang muda. Berdasarkan pengamatan pada maha data (Bagan 1), frekuensi konten pemberitaan terkait klaster orang muda (3.716 berita) dan klaster perempuan (5.186 berita) merupakan dua klaster terkecil dibandingkan pemberitaan klaster ekonomi (34.908 berita) dan klaster polhukam (18.859 berita). Laporan ini menganalisis isu-isu utama antara lain Diskriminasi Perempuan dan Ekonomi Kreatif.

Bagan 1. Komparasi Data Agregat 4 Klaster Pemberitaan (Februari 2021)

Analisis Isu Perempuan dan Orang Muda

Berdasarkan kategorisasi yang diterapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar perempuan dan orang muda terbagi dalam 9 topik dengan 19 sub topik dan 26 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, pada klaster Perempuan topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi adalah Diskriminasi Perempuan dan Ekonomi Kreatif untuk topik klaster Orang Muda. Peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Perempuan dan Orang Muda dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Perempuan dan Orang Muda (Februari 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (Februari 2021)

Bagan 3. Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (Februari 2021)

Untuk pergerakan eksposur seluruh pemberitaan perempuan per harinya terangkum dalam Bagan 4. Dapat dilihat terjadi tiga kali lonjakan eksposur yang signifikan. Lonjakan pertama pada tanggal 4 Februari 2021 terkait peluncuran Program Keluarga Berencana Pasca Persalinan oleh Pemkab Bogor sebagai reaksi atas tingginya kasus kematian ibu dan anak di Kabupaten Bogor. Lonjakan kedua dan ketiga terjadi akibat tingginya pemberitaan mengenai penghargaan yang diberikan kepada Lies F. Nurdin yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan. Lies F. Nurdin dianugerahi piagam penghargaan atas partisipasinya dalam kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor dan dinobatkan sebagai Bunda Generasi Berencana (Genre) Sulsel. Selain itu, berita mengenai Bupati Dairi yang menerima kunjungan dari Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN Pusat untuk meninjau pelayanan KB melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) di Kabupaten Dairi).

Bagan 4. Pergerakan Eksposur Pemberitaan dalam Klaster Perempuan (Februari 2021)

Isu pada topik Diskriminasi Perempuan merekam lima peristiwa dengan sorotan tertinggi. Pertama, dukungan Arteria Dahlan (anggota Badan Legislatif PDIP) yang secara khusus mendukung usulan pembahasan Rancangan Undang – Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dengan beberapa catatan, antara lain RUU tersebut akan beririsan dengan RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang membahas perilaku kejahatan seksual. Oleh karena itu, RUU PKS membutuhkan penajaman lebih lanjut. Arteria juga turut mendorong penanganan dan pencegahan kekerasan seksual yang komprehensif. Kedua, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sinarko, Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Martuasah H Tobing, dan Kanit PPA AKP Madiyanta Ginting yang mendapat penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA) atas respon cepat Polrestabes Medan dalam penanganan kasus anak yang berkonflik dengan hukum. Selama tahun 2020, Satreskrim Medan telah menangani dan mengungkap kasus kekerasan terhadap anak termasuk pencabulan terhadap anak sebanyak 107 kasus.

Ketiga, inisiasi Kantor Staf Presiden (KSP) dalam membentuk gugus tugas Kementerian dan Lembaga untuk mendorong pembahasan RUU PKS oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Gugus tugas ini beranggotakan KSP, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA), Kejaksaan Agung, dan Kepolisian Indonesia. Gugus tugas ini berfungsi untuk mengawal kinerja politik, aspek substansi dan komunikasi media, sehingga pembahasan RUU PKS di DPR berlangsung efektif dan segera diundangkan, serta dapat menjadi landasan Pemerintah dalam menghapus kekerasan seksual.

Keempat pemberitaan terkait Bareskrim Polri yang masih menelusuri pemilik portal dari kasus Aisha Wedding. Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI Kompol Ema Rahmawati mengatakan bahwa divisi kejahatan siber Polri masih menelusuri pemilik portal Aisha Wedding yang mempromosikan perkawinan anak. Kontak yang dicantumkan diduga fiktif sehingga perlu waktu dan proses untuk menelusuri pemilik akun tersebut. Terakhir, Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, meminta pembahasan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PRT) segera ditindaklanjuti karena sudah menyangkut masalah kemanusiaan. Lestari menambahkan bahwa hak warga negara sama di mata hukum, sehingga terkait pembahasan aturan bagi pekerja rumah tangga prinsip keadilan wajib dikedepankan.

Untuk menelusuri berita Orang Muda lebih dalam yang terjadi selama bulan Februari dapat melihat pergerakan peristiwa pada Bagan 5. Selain menguraikan pergerakan eksposur berita yang menjadi bahasan isu utama, Bagan 5 juga menguraikan pergerakan eksposur berita diluar isu utama salah satunya dari topik teknologi. Pertama, lonjakan tersebut tinggi ketika Presiden mendorong Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai barometer perbankan syariah dunia, beliau juga menyinggung agar upaya ini dapat menjadi peluang bagi Orang Muda atau generasi penerus. Dapat dilihat pada tanggal satu dan dua bulan Februari lonjakan berita terkait hal tersebut mencapai angka lebih dari 400. Penggabungan BSI disambut baik.

Bagan 5. Pergerakan Eksposur Pemberitaan Klaster Orang Muda (Februari 2021)

Kedua, dari topik Budaya pada tanggal tiga terpantau Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang diperbantukan Badan Reintegrasi Aceh (BRA) menyatakan bahwa sejumlah 6.500 anak korban konflik masih membutuhkan beasiswa dari pemerintah terutama untuk pendidikan. Sebagaimana diketahui konflik GAM dengan RI sudah berlangsung selama 29 tahun sampai 2005 dan sangat disayangkan hal tersebut masih berdampak hingga kini bagi Orang Muda. Yang ketiga dari topik pendidikan, pada tanggal 11 salah satu politisi partai PKB, mengusulkan dua nama artis muda yang menurutnya sudah sangat berpengalaman dan berprestasi. Mereka di antaranya yaitu Agnes Monica dan Raffi Ahmad, menurut partai PKB kedua nama tersebut akan memiliki rasa tanggung jawab dan empati yang besar terhadap masyarakat jika terpilih menjadi pemimpin.

Pergerakan eksposur lain diteruskan berita seputar topik ekonomi kreatif, yaitu dengan jumlah pemberitaan tertinggi yang salah satunya menjadi isu utama pembahasan yaitu pengangguran. Pertama terdapat berita upaya Menparekaf memperluas strategi pemulihan sektor parekraf yang termasuk dalam isu pengembangan pariwisata. Sebagai Menparekraf, beliau menurunkan beberapa program yang begitu menarik perhatian walau dalam situasi kenormalan baru, yaitu work from destination dan school from destination. Beliau memilih Bali sebagai lokasi perdana kampanye pemulihan sektor parekraf.

Kedua adalah informasi lapangan pekerjaan, isu tersebut juga tinggi karena upaya Kemenparekraf membangun kawasan ekonomi kreatif di Lido (KEK Lido). Dalam upayanya beliau sepaham dengan Gubernur Jawa Barat untuk membuka lapangan kerja baru bagi kurang lebih 500 Orang Muda.

Pada minggu terakhir, tepat terdapat gelombang 12 program Kartu Prakerja yang akhirnya mengisi isu pengangguran pada Orang Muda dan menjadi isu bahasan utama. Meskipun jumlah berita pengangguran lebih rendah dari isu pemanfaatan teknologi terkait BSI yang didukung Presiden, namun secara jumlah berita berdasarkan topik jauh lebih unggul. Selain itu berita seputar skema dari pemerintah hingga keluh kesah peserta yang gagal daftar dan ditemukannya joki dan website palsu selama pendaftaran Kartu Prakerja.

Analisis Aktor Utama

Selain pemantauan isu Orang Muda dan Perempuan, sistem maha data membantu agar dapat mengamati aktor-aktor mana saja yang paling mendominasi pemberitaan di media daring. Secara umum, Aktor Perempuan berasal dari tokoh pemerintah, legislatif, dan aktor yang terkait kasus kekerasan seksual (Bagan 6). Sebagian besar aktor berbicara mengenai topik Diskriminasi Perempuan. Volume eksposur pemberitaan pada Hasto Wardoyo (Kepala BKKBN) dan Nindy Ayunda (penyanyi) terlihat lebih besar. Hasto Wardoyo terpantau intens diberitakan terkait program penurunan angka stunting dan pernikahan anak sebagai respons dari kasus Aisha Wedding. Sementara Nindy Ayunda terpantau pada pemberitaan terkait dirinya yang menjadi korban dalam kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Seluruh aktor Perempuan lebih terfokus pada konstituen Pragmatis yang merupakan sebuah anomali. Hal ini dikarenakan isu Perempuan seperti RUU PKS dan Aisha Wedding merupakan isu yang juga menjadi perhatian konstituen nasionalis dan kultural. Anomali lainnya terjadi pada aktor Ali Fikri (juru bicara KPK) yang berbicara mengenai pemeriksaan sejumlah pejabat di Bintan. Nama Ali Fikri masuk dalam pantauan pemberitaan aktor Perempuan karena salah satu pejabat yang diperiksa merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB).

Bagan 6. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik dalam Klaster Perempuan (Februari 2021)

Pada aktor Orang Muda (Bagan 7), nama aktor yang paling aktif terhadap kedua pembahasan di atas adalah Presiden Joko Widodo. Nama beliau terpantau aktif di berbagai topik, khususnya topik teknologi dan Koperasi-UMKM yang kaitannya dengan dukungan kepada BSI untuk masa depan Orang Muda. Meskipun beliau bukan lagi generasi Orang Muda, sebagai Presiden beliau bertanggung jawab dan peduli akan kebutuhan kelompok tersebut. Sehingga tidak mengherankan, jika nama Presiden termasuk dalam aktor yang paling aktif membahas isu-isu kelompok konstituen khusus ini. 

Setelah itu, terpantau nama Bambang Soesatyo sebagai urutan nama aktor kedua yang konsisten ada di pemberitaan. Bambang Soesatyo ketua MPR Indonesia baru saja resmi dilantik sebagai Ketua umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) 2021-2024. Sebagai Ketum Bamsoet percaya pada landasan Gotong Royong, ‘Standing and Growing Together yang diharapkan semakin berdaya guna, solid serta mandiri. Sehingga mampu mencetak atlit-atlit olahraga otomotif Indonesia yang mampu berprestasi di berbagai kejuaraan internasional. Optimisme yang disampaikan tersebut begitu berpengaruh, salah satunya yang dirasakan Sean Gelael yang merasakan support Ketum IMI sehingga meraih kemenangan di Asian Le Mans Series.

Terdapat hal menarik yang perlu disoroti pada aktor utama klaster Perempuan dan Orang Muda, yaitu tidak munculnya tokoh – tokoh perempuan dan orang muda dalam 20 besar aktor pada sistem maha data.

Bagan 7. Analisis Aktor Orang Muda terhadap Topik dalam Klaster Orang Muda

 

Download Publikasi