TILIK DATA

Vaksin

Penulis Tim Analis LAB 45 - Jum'at, 12 Maret 2021
img

Media Daring

Seperti periode sebelumnya, media daring pada bulan Februari 2021 cenderung memberitakan aspek Program Vaksinasi dibandingkan Distribusi Vaksin COVID-19. Isu-isu yang diangkat adalah: (1) vaksinasi tahap kedua untuk masyarakat lanjut usia dan pekerja pelayanan publik; (2) perdebatan adanya sanksi bagi masyarakat yang menolak vaksin; (3) pemberian izin BPOM pada vaksin Sinovac untuk lansia; dan (4) kerumunan saat kunjungan kerja Presiden ke Maumere.

Secara umum, aktor-aktor yang terlibat dalam pemberitaan Vaksin COVID-19 didominasi oleh para menteri bidang perekonomian, dan kepala daerah. Terkait Politik 2024, terpantau 3 aktor dominan yang mengangkat isu Vaksin, yaitu: (1) Erick Thohir terkait mekanisme vaksinasi gotong royong; (2) Ganjar Pranowo terkait penolakan sanksi dan dukungan terhadap vaksin nusantara; serta (3) Airlangga Hartarto terkait optimisme penurunan kasus COVID-19 akibat pemberlakuan PPKM dan vaksinasi nasional.

Media Sosial

Pada bulan Februari 2021, terdapat tiga momen penting yang dibicarakan warganet terkait dengan vaksin yaitu penyuntikan vaksin Wakil Presiden, Ma’ruf Amin yang bersamaan dengan pembicaraan mengenai vaksinasi massal yang diselenggarakan untuk essential workers (tenaga kesehatan, tenaga pendidik, wartawan, pedagang, tokoh lintas agama, atlit dan lainnya). Warganet juga mengkritik pemberitaan vaksinasi yang sudah dilakukan kepada para koruptor dan DPR beserta keluarganya.

Analisis Media Daring





Analisis Percakapan Media Sosial




Download Publikasi