TILIK DATA Perempuan dan Orang Muda

Penulis Ratu Dyah Ayu Widyaswari, Birgitta A.P. Saputro, Jaleswari Pramodhawardani - Kamis, 25 Februari 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Isu Kesehatan Reproduksi dan isu Lapangan Kerja Baru merupakan isu utama pemberitaan politik perempuan dan orang muda di bulan Januari 2021. Pemberitaan pada isu Kesehatan Reproduksi terkait dengan perhatian dan program yang dilakukan oleh aktor pemerintah untuk mencapai RPJMN 2020 -2024, kualitas kesehatan yang baik bagi perempuan dan nilai kesetaraan yang seutuhnya. Program KB dianggap masih menjadi solusi program pengendalian penduduk yang paling efektif. Sementara, isu Lapangan Kerja Baru mencakup pemberitaan mengenai program dan kinetik pemerintah, pembahasan mengenai UU Cipta Kerja oleh HIPMI, dan tulisan Susilo Bambang Yudhoyono di media sosial terkait tiga tantangan Indonesia pada tahun 2021.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (Januari 2021)

Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (Januari 2021)

 

Analisis Politik Perempuan dan Orang Muda

Pendahuluan

Laporan analisis politik perempuan dan orang muda pada bulan Januari 2021 menganalisis pemberitaan media daring yang terpantau sebagai klaster perempuan dan klaster orang muda. Analisis maha data (Bagan 1) menunjukan frekuensi konten pemberitaan terkait klaster orang muda (7.032 berita) memiliki jumlah yang lebih kecil dibandingkan pemberitaan klaster ekonomi (45.352 berita) dan klaster polhukam (34.016 berita), namun masih lebih banyak bila dibandingkan dengan klaster perempuan (5.501 berita). Laporan ini menganalisis isu-isu utama antara lain Kesehatan Reproduksi dan Lapangan Kerja Baru dan aktor-aktor yang ikut berbicara dalam isu tersebut.

Bagan 1. Komparasi Data Agregat 4 Klaster Pemberitaan (Januari 2021)

Analisis Isu Perempuan dan Orang Muda

Berdasarkan hasil analisis,  jumlah pemberitaan klaster perempuan menduduki posisi terendah atau sama dengan hanya 5,92% (Bagan 1). Sedangkan jika diukur berdasarkan jumlah topik pada klaster perempuan, topik emansipasi perempuan menduduki posisi terendah dengan total 817 pemberitaan (Tabel 1). Selisih total pemberitaan, memimpin topik kesetaraan gender yang didominasi berita seputar kesehatan reproduksi. Dengan demikian isu kesehatan reproduksi dalam topik kesetaraan gender adalah topik yang diangkat dalam analisis politik perempuan bulan ini.

Pada klaster Orang Muda, berdasarkan kategorisasi yang diterapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan terbagi dalam enam topik dengan 13 sub topik dan 15 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi adalah Ekonomi Kreatif. Peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Orang muda dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Perempuan dan Orang Muda (Januari 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (Januari 2021)

Bagan 3. Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (Januari 2021)

Berdasarkan pantauan pada maha data, pemberitaan sosialisasi KB MKJP 2021 juga terpantau aktif di pulau Sumatera. Lonjakan berita KB MKJP terjadi beberapa kali dalam pergerakan eksposur berita (Bagan 4). Di antaranya terjadi di kota Lubuklinggau dan Pangkalpinang. Gubernur Bangka Belitung dan Sumatera Selatan menyambut baik program yang digiatkan oleh BKKBN  untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk Indonesia. Uji coba penggerakan pelayanan KB kali ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK) badan operasional keluarga berencana (BOKB) atau DAK non fisik sub bidang KB 2021. Dana tersebut bersifat bantuan yang dapat didistribusikan oleh Pemerintah Daerah, sehingga diharapkan Pemerintah Daerah juga menyiapkan anggaran untuk pengelolaan Bangga Kencana khususnya pelayanan KB MKJP.

Bagan 4. Pergerakan Eksposur Pemberitaan Klaster Perempuan (Januari 2021)

Untuk pergerakan eksposur seluruh pemberitaan orang muda per harinya terangkum dalam Bagan 5. Dapat dilihat terjadi dua kali lonjakan eksposur yang signifikan. Lonjakan pertama pada tanggal 15 Januari 2021, terjadi pada isu Pengembangan Diri, pemberitaan mengenai alasan Komjen Listyo Sigit Prabowo yang dipilih sebagai calon Kapolri oleh Presiden Jokowi masuk ke dalam klaster orang muda karena banyak media daring yang menulis berbagai prestasi Komjen Listyo Sigit Prabowo sejak muda. Lonjakan kedua pada 21 Januari 2021 terjadi pada 2 subtopik yang berbeda, yaitu sub topik Pemberdayaan Santri dan Pemanfaatan Teknologi. Pada sub topik Pemberdayaan Santri terdapat pemberitaan mengenai Bupati Siak, Alfedri, yang meresmikan ruang kelas belajar untuk santri penghafal hadits. Sementara untuk sub topik Pemanfaatan Teknologi terdapat berita mengenai BNI yang menggenjot penyaluran KPR bagi kaum orang muda dengan melakukan digitalisasi pengajuan kredit (e-form) dan memperkuat pemasaran melalui media daring.

Isu Lapangan Kerja Baru merekam lima peristiwa dengan sorotan tertinggi. Pertama, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang menyebutkan UU Cipta Kerja akan menjadi kunci untuk menyerap bonus demografi melalui penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya. Kedua mengenai tulisan Susilo Bambang Yudhoyono dalam media sosialnya mengenai 3 tantangan yang akan dihadapi Indonesia pada tahun 2021. Tulisan dengan judul “Indonesia tahun 2021, Peluang untuk Sukses Ada, Jangan Kita Sia-siakan” yang membicarakan mengenai penanganan pandemi, krisis ekonomi, vaksin gratis, dan polarisasi di tengah masyarakat.

Ketiga, mengenai program yang dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk membangkitkan ekonomi dengan membuka lapangan kerja baru. Sandiaga Uno dalam kunjungan ke Lombok, NTB memastikan akan mengikutsertakan pemuda khususnya mahasiswa dan lulusan Politeknik Pariwisata Lombok dalam lima event internasional yang akan digelar di Lombok tahun 2021 ini. Sementara Kemenkop UKM membuka rekrutmen program Inkubator Wirausaha pada 3 Desember 2020 hingga 31 Januari 2021. Salah satu program strategisnya adalah pengembangan wirausaha muda inovatif dan berkelanjutan melalui inkubasi usaha terintegrasi. Keempat, Pemda Takalar yang menciptakan tenaga kerja mandiri melalui kegiatan Diklat 3 in 1 pembuatan aneka olahan berbasis ikan bagi 75 orang peserta dari kalangan milineal. Terakhir, mengenai pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Kabupaten Tulang Bawang.

Bagan 5. Pergerakan Eksposur Pemberitaan dalam Klaster Orang muda (Januari 2021)

Berdasarkan analisis maha data, terdapat beberapa temuan mengenai aktor yang terlibat dalam pemberitaan perempuan dan orang muda bulan Januari 2021. Pertama, pada isu Kesehatan Reproduksi terdapat satu nama tokoh internasional yang kurang relevan dengan isu yaitu Donald Trump. Dan tercatat satu nama tokoh internasional yang sedang menjalankan gerakan percepatan pemenuhan hak anak melaluin UNICEF Indonesia, yaitu Deborah Comini.  Pada isu Lapangan Kerja Baru, tidak ada anomali aktor yang muncul. Kebanyakan aktor pada klaster Orang muda merupakan aktor dari Pemerintah.

Kedua, Pada klaster Perempuan, nama Hasto Wardoyo muncul sebanyak dua kali baik dalam pantauan top person maupun influencer.  Hal ini menandakan eksposur berita atas nama Hasto Wardoyo terpantau paling tinggi. Beliau merupakan kepala BKKBN yang baru saja dipercayai Presiden Indonesia untuk mengawal program penurunan angka stunting untuk mencapai RPJMN 2020 – 2024. Hasil analisis maha data menunjukkan bahwa banyaknya berita mengenai beliau sesuai dengan latar belakangnya sebagai kepala BKKBN.

Ketiga, adalah, nama Ambu Anne atau dapat dibaca sebagai Anne Ratna Mustika. Beliau adalah seorang Bupati Purwakarta yang dengan gencar mengawal program KB MKJP di tujuh zona industri Purwakarta. Bertepatan dengan realisasi DAK BOKB daerah, sebagai Bupati - Anne akan memprioritaskan dana di zona Industri. Menurutnya, tujuh zona industri akan sangat banyak kedatangan  pasangan usia dini yang dalam usia subur (PUS) dan kondisi tersebut berpotensi mempengaruhi angka kehamilan yang tinggi. Alokasi DAK BOKP juga sudah dibahas oleh perwakilan BKKBN Jawa Timur, Sukaryo Teguh dan oleh Andi R perwakilan BKKBN dari Sulawesi Tengah.

Keempat, eksposur pemberitaan ditunjukkan oleh ukuran lingkaran aktor, sementara sentralitas aktor terhadap isu oleh ukuran garis jejaring. Peta ontologi pada Bagan 6 menunjukkan bahwa beberapa aktor pada kedua isu memiliki eksposur yang berbeda – beda. Ukuran lingkaran aktor Sandiaga Uno yang besar dan garis jejaring yang tebal pada peta ontologi Bagan 6 terjadi karena eksposur Sandiaga yang tinggi akibat gerak kinetiknya selama menjadi Menparekraf. Selain Sandiga, lingkaran aktor lainnya menunjukan bahwa seluruh aktor memiliki eksposur yang berimbang dan posisinya terhadap isu juga cukup setara.

Kelima, hanya Presiden Jokowi yang terpantau pada kedua isu (Bagan 7). Hal ini lumrah, mengingat cenderung tidak ada peristiwa yang saling mengaitkan kedua isu dan Presiden selaku pemimpin Negara dan memungkinkan membahas beberapa isu secara bersamaan.

Bagan 6. Jejaring Ontologi Aktor, Isu Utama Klaster Perempuan Januari 2021 (Influencer/Subjek Pemberitaan)

Bagan 7. Jejaring Ontologi Aktor, Isu Utama Klaster Perempuan Januari 2021 (Top Persons/Objek Pemberitaan)

Download Publikasi