LAPORAN

Perempuan

Penulis Birgitta A.P. Saputro - Senin, 06 September 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Bulan Agustus 2021, pemantauan media daring Klaster Perempuan paling banyak memberitakan isu pada topik Kesehatan Perempuan dan Kasus Kekerasan. Topik Kesehatan Perempuan didominasi kumpulan berita mengenai maraknya kasus yang menyebabkan kesehatan mental pada Perempuan akibat PPKM dan juga karena masalah internal dalam hubungan pribadi maupun keluarga. Kejadian-kejadian tersebut berujung pada tindakan nekat, yaitu berpakaian tidak pantas di depan umum, bunuh diri dan kejadian traumatis lainnya. Sedangkan pada topik Kasus Kekerasan, berita KDRT lebih dominan terpantau pada kasus menimpa sederet pasangan selebriti hingga pimpinan BUMN. Pada bulan ini, mayoritas aktor Perempuan datang dari kalangan selebriti yaitu Dhea Devanka dan Nindy Ayunda  karena kasus kekerasan terjadi dalam rumah tangganya. Sedangkan I Gusti Ayu Bintang secara konsisten muncul karena kapasitasnya sebagai MPPPA yang turut mengawal kasus musisi Dinar Candy agar mencegah dampak psikologis. Tidak ada anomali serius yang terjadi pada pantauan bulan ini.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (1-29 Agustus 2021)

Analisis Politik Perempuan

Pendahuluan

Analisis media daring periode 1-29 Agustus 2021 Klaster Perempuan terpantau sebanyak 16.972 berita. Hasil pengamatan maha data (Bagan 1), frekuensi pemberitaan klaster Perempuan lebih tinggi lebih kurang hanya 75 berita dari pada klaster Orang Muda. Topik utama yang menjadi perhatian di media adalah Kesehatan Perempuan dan Kasus Kekerasan.

Bagan 1. Agregat Maha Data (Agustus 2021)

Analisis Isu Perempuan

Berdasarkan kategori yang ditetapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar perempuan terbagi menjadi 6 topik dengan turunan 26 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi pada klaster Perempuan adalah Kesehatan Perempuan dan Kasus Kekerasan. Peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Perempuan dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Perempuan (Agustus 2021)

Selama bulan Agustus terdapat beberapa peristiwa dengan sorotan paling tinggi (Bagan 2). Pada Kesehatan Perempuan, isu dengan eksposur tertinggi adalah Kesehatan Mental Perempuan karena kasus yang menyebabkan kesehatan mental pada Dinar Candy karena dampak PPKM. Sedangkan pada topik Kasus Kekerasan, berita KDRT lebih dominan terpantau pada kasus menimpa sederet pasangan selebriti yang berujung ke perceraian.

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (Agustus 2021)

Pergerakan topik Kesehatan Perempuan diawali dengan berita anak yang menjadi rentan yatim piatu akibat pandemi Covid-19 karena kehilangan orang tua mereka. Lonjakan isu kedua terjadi pada selebriti Dinar Candy karena dampak PPKM, sehingga melakukan aksi berpakaian tidak pantas dan menimbulkan kontroversi. Lonjakan paling tinggi bertepatan pada topik Kasus Kekerasan, isu paling dominan terpantau adalah KDRT yang terjadi di kalangan selebriti. Pergerakan isu lain dapat dilihat pada kolom di bawah timeline pada Bagan 3.

Bagan 3. Pergerakan Isu Perempuan (Agustus 2021)

Analisis Aktor Utama

Selain pemantauan pada isu, sistem pemantauan turut mengamati aktor yang mendominasi pemberitaan di media daring dengan melakukan analisis tabulasi silang antara aktor dengan topik (Bagan 4). Secara umum tidak ada anomali pada aktor-aktor yang terpantau di Klaster Perempuan.

Bagan 4. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik (Agustus 2021)

Nama aktor didominasi oleh selebriti Indonesia karena tingginya pembahasan kasus yang menimpa mereka. Namnya muncul pada topik Kesehatan Perempuan dan Kasus Kekerasan. Mereka di antaranya ada Dhea Devanka, Nindy Ayunda dan Benny Simanjuntak karena kasus kekerasan terjadi dalam rumah tangga. Sedangkan I Gusti Ayu Bintang secara konsisten muncul karena kapasitasnya sebagai MPPPA yang turut mengawal kasus musisi Dinar Candy agar cegah dampak psikologis. Andrew Cuomo dan Joe Biden masuk dalam pantauan karena laporan dugaan pelecehan seksual oleh Andrew Cuomo selama menjabat sebagai Gubernur pada tenaga kerjanya. Sedangkan, Dian Siswarini dan Yessie D Yoseta adalah beberapa nama selevel pemimpin pada PT. XL Axiata yang mewakili topik Kesetaraan Gender.

Setelah menganalisis nama aktor, sistem dapat menarik temuan nama aktor yang terkolerasi antar topik. Dari analisis tersebut, tanggapan La Nyalla Mahmud M terkait Perempuan sebagai ketahanan keluarga beririsan pada dua isu yang dipantau, yaitu Kesehatan Mental Perempuan dan KDRT. Aktor dengan eksposur tertinggi dapat diukur dengan besaran lingkaran pada Bagan 5 maupun 6.

Bagan 5. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Perempuan (Agustus 2021)

Bagan 6. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam Klaster Perempuan (Agustus 2021)

Download Publikasi