LAPORAN

Orang Muda

Penulis Ratu Dyah Ayu Widyaswari - Senin, 06 September 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Pada periode pemantauan bulan Agustus 2021, pemberitaan media daring Klaster Orang Muda didominasi oleh topik Pendidikan dan Gaya Hidup. Isu Prestasi dalam topik Pendidikan banyak memberitakan mengenai atlet Indonesia yang memperoleh medali dalam Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 dan harapan kepala daerah yang mengirimkan atletnya ke PON XX Papua agar dapat berprestasi.  Sementara itu, isu Hobi pada topik Gaya Hidup memberitakan mengenai e-Sports yang masuk ke dalam cabang olahraga (cabor) eksibisi pada PON XX Papua dan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2. Pada bulan Agustus 2021, aktor Orang Muda didominasi oleh tokoh pemerintah. Terdapat tiga aktor Orang Muda yang memiliki eksposur tertinggi, yaitu Zainudin Amali (Menpora), Joko Widodo (Presiden RI), dan Listyo Sigit Prabowo (Kapolri).

Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (Agustus 2021)

Analisis Politik Orang Muda

Pendahuluan

Selama bulan Agustus 2021, analisis maha data berbasis media daring menunjukkan eksposur pemberitaan seputar Orang Muda merupakan klaster terendah dengan jumlah 16.880 berita jika dibandingkan dengan klaster lainnya (Bagan 1). Pada periode ini, jumlah volume pemberitaan klaster Orang Muda meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya.

Bagan 1. Agregat Maha Data (Juli 2021)

Analisis Isu Orang Muda

Berdasarkan ketegorisasi yang ditetapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar perempuan terbagi menjadi 7 topik dengan 16 sub topik dan 21 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi pada klaster Orang Muda adalah Pendidikan dan Gaya Hidup. Uraian peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Orang Muda dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Orang Muda (Agustus 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (Agustus 2021)

Selama bulan Agustus terdapat beberapa peristiwa dengan sorotan tertinggi pada pemberitaan Orang Muda (Bagan 3). Diawali dengan dukungan Presiden Joko Widodo terhadap inisiatif Kementerian Pertanian (Kementan) yang menggelar pelatihan wirausaha pertanian kepada 1 juta petani milenial dan ribuan duta petani andalan. Presiden berharap pelatihan yang dilakukan dapat menjadikan profesi petani sebagai profesi yang menjanjikan. Kedua, Zainudin Amali (Menpora) yang mengumumkan bahwa penyelenggaraan Liga 1 kembali diundur menjadi tanggal 27 Agustus 2021 dari yang sebelumnya dilaksanakan pada 20 Agustus 2021.

Kenaikan eksposur kembali terjadi ketika Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus untuk atlet Indonesia yang meraih medali pada Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Kepresidenan Bogor. Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang sudah berjuang maksimal. Presiden juga memberikan bonus apresiasi sebesar Rp 100 juta kepada seluruh atlet yang telah mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Terakhir, Sandiaga Uno (Menparekraf) yang mengajak mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk meningkatkan potensi budaya lokal dalam perekonomian digital sebab ekonomi kreatif memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia dan pembangunan bangsa.

Bagan 3. Pergerakan Isu Orang Muda (Agustus 2021)

Analisis Aktor Utama

Selain memantau isu, sistem pemantauan turut mengamati aktor yang mendominasi pemberitaan di media daring dengan melakukan analisis tabulasi silang antara aktor dengan topik dan dengan konstituen politik. Sesuai dengan pola normalnya, persebaran eksposur aktor orang muda pada periode ini tidak menunjukkan anomali Bagan 4). Aktor – aktor dengan eksposur tertinggi terpantau pada topik Pendidikan dan Gaya Hidup. Pada periode ini, Aktor Orang Muda didominasi oleh tokoh pemerintah. Topik Pendidikan dan Gaya Hidup didominasi oleh pemberitaan mengenai prestasi atlet Indonesia pada ajang olahraga Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, dimulainya Liga 1 dan Liga 2, serta persiapan PON XX Papua. Salah satu hal yang menarik perhatian orang muda pada pemberitaan bulan ini adalah e-Sports yang akan menjadi cabang olahraga eksibisi dalam PON XX Papua. Secara normal, Zainudin Amali dan Presiden Jokowi muncul pada lintas topik. Selain itu, beberapa aparat keamanan, yakni Listyo Sigit Prabowo (Kapolri) dan Boy Rafli Amar (Kepala BNPT) muncul terkait pengamanan dan izin diadakannya Liga 1 dan Liga 2, serta PON XX Papua. Nama Atta Halilintar (influencer) muncul terkait dirinya yang merilis lagu berjudul “This is Indonesia” sebagai hadiah HUT RI ke-76.

Bagan 4. Analisis Aktor Orang Muda terhadap Topik (Agustus 2021)

 

Pada bulan Agustus, tidak ada aktor anomali yang muncul pada kedua isu utama. Setelah menganalisis nama aktor, sistem menarik temuan yang terkolerasi antar topik. Volume pemberitaan ditunjukkan oleh ukuran lingkaran aktor, sementara sentralitas aktor terhadap isu oleh ukuran garis jejaring. Eksposur aktor Orang Muda tertinggi yang aktif berbicara adalah Sandiaga Uno dan Zainudin Amali. Aktor pada ontologi (Bagan 5 dan Bagan 6) terbagi rata antara atlet, public figure/influencer, dan tokoh pemerintah. Aktor terkait antar isu yang aktif berbicara maupun dibicarakan adalah Zainudin Amali dan hal tersebut merupakan lumrah karena merupakan isu-isu fokus Kemenpora.

Bagan 5. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Orang Muda (Agustus 2021)

Bagan 6. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam dalam Klaster Orang Muda (Agustus 2021)

Download Publikasi