LAPORAN

Ekonomi Politik

Penulis Reyhan Noor, Indah Lestari, Makmur Keliat - Selasa, 10 Agustus 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Secara umum, eksposur berita daring dalam klaster ekonomi politik (ekopol) relatif menurun dari bulan sebelumnya. Namun, secara proporsi pantauan klaster ekopol berhasil mendominasi sebesar 50,27% di antara klaster lainnya. Selama bulan Juli, pemberitaan dalam klaster ekopol cenderung berfokus kepada kebijakan PPKM Darurat dan Level 4 yang terus diperpanjang hingga akhir periode pantauan.

Terdapat tiga isu utama yang dianalisis lebih lanjut pada laporan ini, pertama, penyaluran bantuan sosial dalam upaya membuat tren penurunan kasus Covid-19 yang terekam dalam isu pengurangan bantuan sosial (bansos). Kedua, respons pemerintah atas kebijakan PPKM Darurat melalui penambahan anggaran bantuan sosial di program PEN juga terekam dalam isu peningkatan bantuan sosial. Pemilihan isu ini sebagai pembanding lonjakan eksposur dalam konteks bantuan sosial selama periode pantauan. Terakhir, lonjakan eksposur yang signifikan juga terdeteksi pada isu pelonggaran regulasi terkait TKA yang dipicu oleh kedatangan 20 TKA asal China di Makassar.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Ekonomi Politik

Analisis Ekonomi Politik

Pendahuluan

Secara umum, seluruh konten berita di empat klaster pantauan mengalami penurunan selama bulan Juli kemarin. Pemberitaan klaster ekopol kembali mendominasi agregat maha data dengan proporsi yang meningkat signifikan menjadi 50,27%. Salah satu hal yang mempengaruhi dominasi tersebut adalah penurunan konten berita yang signifikan di klaster pantauan lain, terutama politik keamanan.

Bagan 1. Agregat Maha Data (Juli 2021)

Analisis Isu Utama

Pemberitaan klaster ekopol selama bulan Juli dipenuhi oleh berbagai tanggapan atau kebijakan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Level 4 di Jawa-Bali. Fenomena tersebut juga menjadi penyebab utama lonjakan eksposur terkait bantuan sosial yang termasuk ke dalam topik fiskal. Lebih lanjut, lonjakan eksposur terbesar terdeteksi pada topik China seiring kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China pada awal pemberlakuan PPKM Darurat. Beberapa peristiwa penting dari setiap topik pantauan selama bulan Juli telah dirangkum dalam Tabel 1.

Tabel 1 Rangkuman Pantauan Topik Ekonomi Politik (Juli 2021)

Bagan 2 Eksposur Topik Pantauan Klaster Ekonomi Politik (Juli 2021)

Dari tiga belas topik pantauan, tiga topik teratas dengan eksposur terbesar masih ditempati oleh topik infrastruktur, koperasi-UMKM, dan moneter secara berurutan. Ketiga topik ini selalu konsisten memiliki eksposur terbesar dalam beberapa bulan terakhir (lihat Bagan 2). Terdapat setidaknya tiga lonjakan eksposur dalam klaster ekopol dalam pantauan bulan Juli (lihat Bagan 3). Pertama, wacana PPKM Darurat pada awal bulan yang masuk ke dalam lintas topik pantauan. Kedua, kunjungan kerja Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto ke Singapura turut meningkatkan eksposur beberapa topik pantauan seperti koperasi-UMKM, blok perdagangan, dan liberalisasi. Terakhir, perpanjangan PPKM Darurat yang berubah nama menjadi PPKM Level 4 juga membuat lonjakan eksposur seiring dengan penambahan anggaran perlindungan sosial dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Masih berkaitan dengan kebijakan PPKM Darurat dan Level 4 selama bulan Juli, terdapat tiga isu utama yang akan dibahas lebih lanjut antara lain (1) penyaluran bantuan sosial dalam upaya membuat tren penurunan kasus Covid-19 yang terekam dalam isu pengurangan bantuan sosial, (2) respons pemerintah atas kebijakan PPKM Darurat melalui penambahan anggaran bantuan sosial di program PEN yang terekam dalam isu peningkatan bantuan sosial, dan (3) lonjakan eksposur yang signifikan juga terdeteksi pada isu pelonggaran regulasi terkait TKA yang dipicu oleh kedatangan 20 TKA asal China di Makassar.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat dua isu terkait bantuan sosial yang mengalami lonjakan eksposur akibat kebijakan PPKM Darurat dan Level 4. Pertama, isu pengurangan bantuan sosial yang eksposurnya meningkat bukan dalam konteks pengurangan anggaran atau penerima secara harafiah, melainkan terasosiasi pada upaya pemerintah untuk membuat tren penurunan kasus Covid-19. Dalam keterangan di media, berbagai pejabat pemerintah menyebutkan kebijakan PPKM Darurat dan Level 4 turut disokong oleh penyediaan dan penyaluran bantuan sosial sebagai mitigasi penurunan pendapatan masyarakat. Di sisi lain, isu peningkatan bantuan sosial juga mengalami lonjakan eksposur sejak wacana hingga realisasi penambahan anggaran perlindungan sosial dalam program PEN. Kebijakan ini turut menjawab perdebatan antara dua paradigma yaitu epidemiologi dan ekonomi. Pemerintah daerah juga terdeteksi aktif mendukung kebijakan ini dan pemerintah juga mendapat respons positif dari pengamat dan aktor politik lainnya.

Sementara itu, topik China kembali mengalami lonjakan seperti bulan Mei silam ketika TKA asal China datang ke Indonesia pada saat pelarangan mudik lebaran. Peristiwa serupa terjadi pada awal bulan Juli lalu, di mana kedatangan TKA asal China di Makassar bertepatan dengan dimulainya pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali. Kritik terhadap peristiwa ini tidak hanya datang dari partai oposisi melainkan dari partai koalisi pemerintah seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Selama lonjakan isu terjadi, pejabat pemerintah daerah terdeteksi lebih banyak mengambil porsi untuk merespons peristiwa ini dengan dalih bahwa para TKA sudah datang ke Jakarta sebelum pemberlakuan PPKM Darurat. Menjelang akhir bulan eksposur isu ini kembali mereda seiring dengan pelarangan masuknya TKA pada perpanjangan PPKM Darurat dan pemberlakuan PPKM Level 4.

Bagan 3 Pergerakan Isu Ekopol (Juli 2021)

Analisis Aktor Utama

Posisi aktor-aktor ekonomi politik periode Juli 2021 dipengaruhi oleh isu-isu terkait topik moneter, infrastruktur, dan koperasi-UMKM. Pada posisi aktor di Bagan 4, lima dari sepuluh aktor dengan eksposur tertinggi membicarakan ketiga topik di atas sesuai dengan tugas dan bidang kerjanya. Presiden Joko Widodo membicarakan isu infrastruktur, koperasi-UMKM dan fiskal, dengan eksposur tertinggi terdapat pada pembahasan terkait penerapan PPKM Darurat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan turut fokus membahas tentang penerapan PPKM Darurat. Gubernur BI Perry Warjiyo secara konsisten membahas tentang kebijakan BI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Menteri Koperasi dan UMKM terus mendorong optimalisasi pelaku koperasi UMKM salah satunya melalui kolaborasi dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap kemitraan antara usaha mikro kecil dan usaha besar. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mendapat eksposur terkait dengan pembangunan akses dalam rangka menghubungkan berbagai kawasan produktif, di antaranya Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulogebang dan Tol Serang-Panimbang Seksi 1.

Bagan 4 Analisis Aktor Ekopol terhadap Topik dalam Klaster Ekopol (Juli 2021)

Pemetaan aktor dalam isu dominan yang dibahas dalam bagian isu secara kuantitatif dipetakan dalam Bagan 5 dan 6, yakni terkait isu peningkatan bansos selama masa PPKM Darurat yang diharapkan segera diikuti tren penurunan kasus COVID-19 serta pelonggaran regulasi TKA. Dalam ontologi ditemukan irisan yang relevan. Aktor yang beririsan yakni Presiden Joko Widodo sebagai aktor yang berbicara dan dibicarakan terkait semua isu dominan. Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi aktor yang dibicarakan pada semua isu utama. Selanjutnya, beberapa aktor pemerintah pusat dan daerah yang terlibat langsung dalam menangani PPKM darurat secara aktif berbicara dan dibicarakan dalam isu pengurangan bansos. Kinetik mereka terekam ke dalam isu karena menyebutkan perihal bansos yang diikuti dengan harapan tren penurunan kasus COVID-19 sejalan dengan pelaksanaan PPKM Darurat. Adapun polemik kedatangan 20 TKA asal China mendapatkan kritik tidak hanya dari partai non koalisi, melainkan aktor seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ekonom Faisal Basri, Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi meskipun eksposur yang tidak terlalu besar.

Bagan 5 Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan terkait Isu Utama dalam Klaster Ekopol (Juli 2021)

Bagan 6 Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam Klaster Ekopol (Juli 2021)

Download Publikasi