LAPORAN

Perempuan

Penulis Ratu Dyah Ayu Widyaswari - Sabtu, 07 Agustus 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Pada periode pemantauan bulan Juli 2021, pemberitaan media daring Klaster Perempuan didominasi oleh topik Kasus Kekerasan, Kesehatan Perempuan, dan Kesetaraan Gender. Isu-isu dominan dalam topik Kasus Kekerasan di antaranya: kasus KDRT yang dialami beberapa artis dan public figure, peningkatan kasus kekerasan terhadap anak dan pembahasan pengesahan RUU PKS. Isu dominan pada topik Kesehatan Perempuan mencakup tentang momentum Peringatan Hari Anak 2021 yang membahas tema stunting dan perkawinan anak. Sedangkan pada topik Kesetaraan Gender, isu yang dominan adalah pengesahan UU Otsus Papua terkait kebijakan afirmasi 30% terhadap perempuan asli Papua di DPRK. Seperti bulan sebelumnya, aktor Perempuan di bulan Juli didominasi oleh kalangan artis serta public figure, salah satunya adalah Nadia Christina karena kasus KDRT oleh suaminya yang merupakan pesepak bola nasional Alfath Thahier.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (1-29 Juli 2021)

Analisis Politik Perempuan

Pendahuluan

Analisis media daring periode 1-29 Juli 2021 menghasilkan pemberitaan terpantau sebagai Klaster Perempuan. Dari pengamatan maha data (Bagan 1), frekuensi pemberitaan klaster Perempuan merupakan klaster terendah dengan jumlah 8.281 berita jika dibandingkan pada klaster lainnya. Topik utama yang menjadi perhatian media adalah Kasus Kekerasan, Kesehatan Perempuan, dan Kesetaraan Gender.

Bagan 1. Agregat Maha Data (Juli 2021)

Analisis Isu Perempuan

Berdasarkan kategorisasi yang ditetapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar perempuan terbagi menjadi 6 topik dengan 16 sub topik dan 26 isu. Mengacu pada temuan kuantitatif Tabel 1, topik dengan frekuensi pemberitaan tertinggi pada klaster Perempuan adalah Kekerasan Berdasarkan Gender dan Kesetaraan Gender. Uraian peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Perempuan dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Perempuan (Juli 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Perempuan (Juli 2021)

Selama bulan Juli terdapat beberapa peristiwa dengan sorotan tertinggi pada topik Kasus Kekerasan, Kesehatan Perempuan dan Kesetaraan Gender (Bagan 3). Dalam Kasus Kekerasan, isu dengan eksposur paling tinggi adalah KDRT yang terjadi pada public figure hingga berujung perceraian. Di samping itu, isu Kekerasan Berbasis Gender menarik perhatian Komnas Perempuan karena talak istri setelah menikah dianggap bentuk kekerasan terhadap perempuan.

Momentum Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli banyak menyoroti mengenai kekerasan pada anak dan isu Gizi Anak Buruk dalam topik Kesehatan Perempuan. Upaya pemerintah membenahi hak dan gizi anak menjadi tema besar utama dalam perayaan momentum tersebut. Apalagi pada minggu pertama, Ikatan Dokter Anak Indonesia menyatakan anak kurang gizi rawan terpapar Covid-19.

Isu Perempuan di Pemerintahan terpantau mengenai pengesahan UU Otsus Papua yang di dalamnya terdapat aturan mengenai kebijakan afirmasi DPRK Papua sekurang-kurangnya harus diisi 30% oleh perempuan asli Papua. Hal ini menunjukkan semangat tinggi dalam mendorong kesetaraan gender.

Bagan 3. Pergerakan Isu Perempuan (Juli 2021)

Analisis Aktor Utama

Selain pemantauan terhadap isu, sistem pemantauan turut mengamati aktor yang mendominasi pemberitaan di media daring dengan melakukan analisis tabulasi silang antara aktor dengan topik dan aktor dengan konstituen politik. Secara umum tidak ada anomali pada aktor-aktor yang terpantau di Klaster Perempuan. Namun, nama aktor didominasi oleh public figure karena tingginya KDRT dan Kasus Kekerasan yang menimpa kalangan tersebut.

Bagan 4. Analisis Aktor Perempuan terhadap Topik (Juli 2021)

Aktor Perempuan didominasi oleh beberapa nama Public Figure masuk ke dalam daftar kasus KDRT, dugaan kasus kekerasan serta penuntasan kasus. Pasangan Nadia Christina dengan Alfath Fathier pemain Persija dilaporkan mengalami KDRT yang akhirnya berujung pada perceraian.

Setelah menganalisis nama aktor, sistem dapat menarik temuan nama aktor yang terkolerasi antar topik. Dari analisis tersebut tidak terdapat anomali aktor dan eksposur berita diilustrasikan dari ukuran lingkaran setiap aktor. Yuni Shara adalah nama aktor yang terpantau beririsan pada ontologi aktor yang aktif membicarakan Isu Utama pada Klaster Perempuan karena berbicara terkait KDRT pernikahannya terdahulu yang membuat trauma.

Bagan 5. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Perempuan (Juli 2021)

Bagan 6. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam dalam Klaster Perempuan (Juli 2021)

Download Publikasi