LAPORAN

Orang Muda

Penulis Birgitta A.P. Saputro - Sabtu, 07 Agustus 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Analisis media daring bulan Juli 2021 pada klaster Orang Muda menyimpulkan topik dengan eksposur tertinggi adalah Pendidikan dan dilanjutkan Gaya Hidup. Adapun pemberitaan seputar Pendidikan didominasi isu Prestasi, yaitu mengenai pencapaian para Kontingen Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020. Sedangkan pada topik Gaya Hidup, terpantau isu Hobi yang membahas demam budaya Korea karena dianggap menjajah budaya Indonesia. Pada bulan ini, mayoritas aktor Orang Muda datang dari kelompok yang terlibat Olimpiade Tokyo 2020 yaitu Menpora Zainudin Amali dan atlet angkat besi Windy Cantika Aisah.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (Juli 2021)

Analisis Politik Orang Muda

Pendahuluan

Laporan analisis media daring periode pemantauan 1-29 Juli 2021 menyatakan klaster Orang Muda berada pada urutan ketiga dengan jumlah 9.662 berita (Bagan 1). Laporan ini menganalisis topik utama yang menjadi perhatian yaitu Pendidikan dan Gaya Hidup.

Bagan 1. Agregat Maha Data (Juli 2021)

Analisis Isu Orang Muda

Berdasarkan kategorisasi yang ditetapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar orang muda terbagi menjadi 7 topik dengan 16 sub topik dan 21 isu. Uraian peristiwa-peristiwa penting dari setiap topik pemberitaan Orang Muda dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Orang Muda (Juli 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Klaster Orang Muda (Juli 2021)

Selama bulan Juli terdapat beberapa peristiwa dengan sorotan tertinggi pada Klaster Orang Muda (Bagan 3). Pada minggu ke dua, isu prestasi memberitakan Indonesia yang menyelenggarakan akademi Edukreator dan melibatkan Youtube, LIPI serta Kemendikbud. Sedangkan, pada minggu keempat eksposur pemberitaan tinggi karena ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Pergerakan isu dalam topik pendidikan dan gaya hidup terurai di bawah grafik, di antaranya mengenai pertimbangan PON Papua tanpa penonton karena mempertimbangkan kondisi pandemi. Kedua, karena Dispora Kalsel merasa partisipasi anak muda masih kurang sehingga menobatkan enam pasangan orang muda yang dianggap berprestasi dan menginspirasi.

Bagan 3. Pergerakan Isu Orang Muda (Juli 2021)

Analisis Aktor Utama

Selain memantau isu, sistem pemantauan turut mengamati aktor yang mendominasi pemberitaan di media daring dengan melakukan analisis tabulasi silang antara aktor dengan topik dan dengan konstituen politik. Pada klaster Orang Muda, secara umum tidak ada anomali pada aktor yang diamati dan pemberitaan hanya menarik perhatian konstituen Pragmatis.

Bagan 4. Analisis Aktor Orang Muda terhadap Topik (Juli 2021)

Aktor Orang Muda dominan pada topik Pendidikan dengan isu Prestasi dan topik Koperasi-UMKM dengan isu inovasi digital orang muda. Latar belakang aktor, mayoritas berasal dari kelompok yang terlibat Olimpiade Tokyo 2020 yaitu Zainuddin Amali dan Windy Cantika Aisah. Sedangkan Joko Widodo dan Jhonny Gerald Plate terpantau pada lintas topik karena membahas isu inovasi digital UMKM dan kebijakan PPKM pada topik politik.

Setelah menganalisis nama aktor, sistem menarik temuan yang terkolerasi antar topik. Tidak ada nama yang terpantau beririsan pada ontologi aktor Klaster Orang Muda. Anomali yang terjadi bulan ini, adalah nama Presiden tidak masuk dalam pantauan sepuluh tokoh utama.

Bagan 5. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Orang Muda (Juli 2021)

Bagan 6. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam dalam Klaster Orang Muda (Juli 2021)

 

Download Publikasi