LAPORAN

Ekonomi Politik

Penulis Reyhan Noor, Makmur Keliat - Jum'at, 09 Juli 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Berbeda dari bulan sebelumnya, peningkatan eksposur hampir terjadi pada seluruh topik pantauan membuat klaster ekonomi politik (ekopol) memiliki eksposur berita terbesar selama bulan Juni. Terdapat dua isu utama yang menjadi perhatian selama periode pantauan kali ini, yaitu (1) isu insentif pajak, dan (2) isu kesulitan keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Isu insentif pajak membahas perpanjangan insentif diskon PPnBM kendaraan bermotor yang dibandingkan dengan wacana PPN sembako dan pendidikan, serta penyelenggaraan tax amnesty jilid II. Sementara itu, isu kesulitan keuangan BUMN memberitakan seputar penurunan laba bersih BUMN akibat pandemi dan upaya restrukturisasi utang Garuda Indonesia.

Eksposur Topik Pantauan Klaster Ekonomi Politik

Analisis Ekonomi Politik

Pendahuluan

Selama pantauan bulan Juni, pemberitaan klaster ekopol meningkat signifikan dan mendominasi agregat maha data sebesar 40,2%. Dominasi tersebut turut dipengaruhi oleh penurunan konten berita yang masuk ke dalam pantauan klaster lainnya.

Bagan 1. Agregat Maha Data (Juni 2021)

Analisis Isu Utama

Peningkatan eksposur berita klaster ekopol dipengaruhi dari peningkatan hampir di seluruh topik yang dipantau, kecuali topik indikator ekonomi, liberalisasi, investasi, dan China. Topik China mengalami penurunan terbesar setelah lonjakan akibat kasus kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang terjadi pada bulan lalu. Di sisi lain, topik utang mengalami peningkatan terbesar karena pemberitaan terkait laporan Badan Pemeriksaan Keuangan yang mengkhawatirkan kemampuan pemerintah untuk membayar utang. Penjelasan peristiwa yang terjadi dalam topik pantauan selama bulan Juni dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1 Rangkuman Pantauan Topik Ekonomi Politik (Juni 2021)

Bagan 2 Eksposur Topik Pantauan Klaster Ekonomi Politik (Juni 2021)

Dari pantauan ketiga belas topik dalam klaster ekopol, topik infrastruktur, moneter, dan koperasi-umkm konsisten memiliki eksposur terbesar (lihat Bagan 2). Temuan ini juga terlihat pada analisis lonjakan eksposur secara harian. Terdapat tiga lonjakan eksposur selama bulan Juni antara lain kinetik Presiden Joko Widodo mengunjungi proyek infrastruktur Bandara JB Soedirman dan Jalan Tol Semarang-Demak, penetapan untuk menahan suku bunga acuan dan pembahasan terkait kekhawatiran taper tantrum pada Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia bulan Juni, dan kinetik Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto yang berbicara mengenai digitalisasi UMKM (lihat Bagan 3).

Lebih lanjut, terdapat dua isu utama yang menjadi perhatian di media daring selama bulan Juni yaitu (1) isu insentif pajak, dan (2) isu kesulitan keuangan BUMN. Isu insentif pajak kembali ramai diberitakan sejak munculnya wacana perpanjangan insentif diskon PPnBM hingga akhirnya terealisasi pada bulan yang sama. Lebih lanjut, pemberitaan juga kerap membahas keberpihakan kebijakan pemerintah dengan melakukan perbandingan antara insentif diskon PPnBM dan wacana pengenaan PPN terhadap sembako dan pendidikan, serta penyelenggaraan tax amnesty yang masuk ke dalam Revisi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP). Pembahasan utama menitikberatkan kepada keberpihakan pemerintah yang cenderung memberikan keringanan pajak untuk kelas menengah ke atas, sedangkan menambah beban bagi masyarakat menengah ke bawah. Sebagai catatan, RUU KUP baru resmi menjadi pembahasan antara pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada rapat paripurna tanggal 22 Juni silam.

Sementara isu kesulitan keuangan memiliki eksposur yang tidak terlalu besar, isu ini perlu menjadi perhatian utama karena berpotensi memiliki dampak yang signifikan terhadap keberlangsungan ekonomi politik. Pemberitaan isu setidaknya membahas dua substansi utama, yakni penurunan laba bersih dari BUMN akibat Pandemi Covid-19 dan upaya restrukturisasi utang Garuda Indonesia. Dari kedua substansi tersebut, proses restrukturisasi utang Garuda Indonesia menjadi perhatian utama berkaitan dengan proses politik yang sudah dilaksanakan melalui Rapat Dengar Pendapat DPR RI dan manajemen Garuda Indonesia pada tanggal 21 Juni silam. Pengambilan keputusan untuk menjalani proses permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) perlu menjadi perhatian ke depan, karena hasil permohonan tersebut menentukan nasib Garuda Indonesia apakah akan dipailit atau masih bisa melanjutkan operasinya.

Bagan 3 Pergerakan Isu Ekopol (Juni 2021)

Analisis Aktor Utama

Posisi aktor-aktor ekonomi politik periode Juni 2021 dipengaruhi oleh isu-isu terkait topik infrastruktur, moneter, dan koperasi-UMKM. Pada posisi aktor di Bagan 4, lima dari sepuluh aktor dengan eksposur tertinggi membicarakan ketiga topik di atas sesuai dengan tugas, dan bidang kerjanya. Presiden Joko Widodo membicarakan isu infrastruktur, fiskal, dan koperasi-UMKM, namun eksposur tertingginya adalah pada kunjungan kerja ke Bandara Jenderal Besar Soedirman. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki banyak menyinggung program pengembangan dan transformasi digital UMKM di berbagai forum publik. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono terus melakukan optimalisasi pelabuhan untuk mempersiapkan skema PNBP pascaproduksi. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendapatkan eksposur terkait perpanjangan insentif PPnBM kendaraan bermotor ditanggung pemerintah. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan informasi dinamika mata uang rupiah di tengah sinyal tapering off dari The Fed.

Bagan 4 Analisis Aktor Ekopol terhadap Topik dalam Klaster Ekopol (Juni 2021)

Pemetaan aktor dalam dua isu dominan yang dibahas dalam bagian isu secara kuantitatif dipetakan dalam Bagan 5 dan 6, yakni terkait isu kesulitan keuangan BUMN, dan insentif pajak. Dalam ontologi tidak ditemukan irisan yang relevan. Aktor yang beririsan hanya Presiden Joko Widodo sebagai aktor yang dibicarakan, meskipun beliau hanya disebutkan dalam pemberitaan perpanjangan insentif PPnBM dan persoalan keuangan Garuda Indonesia.

Bagan 5 Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan terkait Isu Utama dalam Klaster Ekopol (Juni 2021)

Bagan 6 Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam Klaster Ekopol (Juni 2021)

Download Publikasi