LAPORAN

Politik Keamanan

Penulis Dizar Sabana, Reine Prihandoko - Selasa, 06 Juli 2021
img

Ringkasan Eksekutif

Topik utama pemberitaan media daring terkait Politik Keamanan di bulan Juni 2021 meliputi topik Korupsi, Papua, dan Pertahanan. Topik korupsi memuat pemberitaan terkait pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Topik Papua memuat aksi teror Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), kinerja Satgas Nemangkawi, dan dugaan aliran dana dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Papua ke pemasok senjata KKB.

Eksposur Pemberitaan Pantauan Polkam

Tilik Data Politik Keamanan

Pendahuluan

Selama bulan Juni 2021, analisis maha data berbasis media daring menunjukkan volume atau eksposur pemberitaan seputar Politik dan Keamanan (Polkam) relatif serupa dengan perekonomian, namun jauh lebih banyak dibanding klaster Perempuan dan Orang Muda (Bagan 1). Temuan tersebut disebabkan oleh maraknya pemberitaan terkait topik Korupsi dan Papua. Perihal korupsi, kelanjutan alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menerima eksposur signifikan seiring dengan pelantikan pegawai yang lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan manuver pegawai-pegawai yang diberhentikan. Pemberitaan Keterlibatan Oknum, seperti pemeriksaan Azis Syamsudin, pemburuan Harun Masiku, serta pemotongan vonis Jaksa Pinangki turut berkontribusi meningkatkan eksposur topik korupsi. Pada topik Papua, dua isu yang menerima eksposur relatif besar adalah aksi teror KKB yang menelan korban sipil di berbagai kampung dan ditemukannya indikasi aliran dana dari Pemerintah Kabupaten Puncak dan Ketua DPRD Tolikara kepada KKB. Selain dua topik utama, pemberitaan dalam topik Pertahanan, Politik Luar Negeri, dan Amandemen UUD juga memperoleh eksposur cukup tinggi sepanjang Juni 2021.

Bagan 1. Agregat Maha Data (Juni 2021)

Analisis Isu Utama

Berdasarkan kategorisasi yang diterapkan pada sistem analisis maha data, pemberitaan seputar Polkam terbagi dalam sebelas topik dengan 29 subtopik dan total 59 isu. Selama bulan Juni 2021, terpantau dua topik Polkam dengan eksposur tertinggi yaitu Korupsi, dan Papua (Bagan 2). Peristiwa penting di setiap topik pemberitaan dapat dilihat pada kolom keterangan di Tabel 1.

Tabel 1. Rangkuman Pantauan Topik Polkam (Juni 2021)

Bagan 2. Eksposur Topik Pantauan Polkam (Juni 2021)

Eksposur harian seluruh pemberitaan Polkam terangkum dalam Bagan 3. Dapat dilihat terjadi lonjakan eksposur signifikan terjadi ketika pengumuman 75 pegawai KPK tidak lolos tes TWK. Eksposur pemberitaan juga tinggi ketika Prabowo bertemu dengan Komisi I DPR RI, terjadinya baku tembak antara aparat dengan KKB di Nipurolome dan Eromaga, serta saat Azis Syamsudin diperiksa oleh KPK atas perkara dugaan suap penghentian kasus yang menyeret penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial.

Bagan 3. Pergerakan Isu Polkam (Juni 2021)

Keterlibatan Oknum yang disertai narasi pelemahan KPK menjadi isu dominan Polkam selama bulan Juni 2021. Pemberitaan ini adalah dampak dari pengumuman 75 pegawai KPK dinyatakan tidak lolos tes ASN dan terancam dinonaktifkan di bulan sebelumnya. Akibatnya, 75 pegawai KPK yang tak lulus TWK dan dibebastugaskan oleh pimpinan KPK tersebut mengajukan aduan ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Aduan yang diajukan berkaitan dengan dugaan pelanggaran HAM dalam proses TWK. Pimpinan KPK sempat mangkir dari panggilan pemeriksaan Komnas HAM hingga akhirnya pada hari Kamis (17/6/2021) diwakili oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron memenuhi panggilan Komnas HAM. Tidak hanya itu, media daring juga diramaikan dengan pemberitaan soal tantangan pemburuan Harun Masiku, pemeriksaan Azis Syamsudin dalam kasus Walikota Tanjungbalai, polemik pemotongan vonis Jaksa Pinangki, serta kelanjutan sidang korupsi bantuan sosial Covid-19 dan ekspor benur.

KKB selama bulan Juni 2021 terpantau beberapa kali melancarkan aksi terornya. Media daring menjadi ramai ketika adanya baku tembak selama tiga jam antara aparat dengan KKB di Bandara Aminggaru, Ilaga. Aksi ini mengakibatkan tiga warga sipil tertembak, satu pesawat rusak, serta tower dan satu rumah warga terbakar. Selain itu, juga terjadi penembakan dan penyanderaan oleh KKB terhadap warga sipil yang merupakan tukang bangunan di Kampung Bingky, Kabupaten Yahukimo. Tidak hanya pemberitaan tentang aksi teror KKB, media daring turut memuat pemberitaan tentang penangkapan pemasok senjata KKB, Ratius Murib, yang terlibat yang diduga didanai oleh Ketua DPRD Tolikara Sonny Wanimbo.

Analisis Aktor Utama

Sistem analisis maha data turut memantau aktor-aktor yang muncul di pemberitaan media daring. Berbeda dengan periode-periode sebelumnya, persebaran eksposur aktor polkam cenderung tidak merata di periode ini (Bagan 4). Meskipun demikian, tidak ada anomali. Sesuai dengan jumlah eksposur topiknya, beberapa aktor polkam dengan eksposur tertinggi terpantau pada topik Korupsi dan Papua. Meskipun topik Pertahanan, Politik Luar Negeri, dan Amandemen UUD juga memiliki eksposur pemberitaan yang cukup tinggi, namun aktornya sangat beragam. Hal ini mengakibatkan hanya satu atau bahkan tidak ada aktor polkam yang mendominasi secara khusus (hanya Dahnil Anzar pada topik Pertahanan dan Joko Widodo pada topik Amandemen UUD). Rizieq Shihab dan Prabowo Argo Yuwono terpantau pada lintas topik karena terekam dalam pemberitaan terkait sidang vonis hukuman atas kasus ujaran bohong oleh Imam Besar FPI yang dibandingkan dengan kasus koruptor.

Bagan 4. Analisis Aktor Polkam terhadap Topik dalam Klaster Polkam (Juni 2021)

Berdasarkan analisis maha data, dapat ditarik temuan mengenai korelasi antar aktor (Bagan 5 dan 6) yang terpantau dalam pemberitaan klaster Polkam selama bulan Juni 2021. Tidak ada aktor anomali yang muncul pada kedua isu utama. Eksposur pemberitaan ditunjukkan oleh ukuran lingkaran aktor, sementara sentralitas aktor terhadap isu oleh ukuran garis jejaring. Tidak korelasi signifikan dalam dua isu utama Polkam. Hanya Menko Polhukam Mahfud Md dan Presiden Jokowi yang terpantau pada beberapa isu. Hal ini lumrah, mengingat tidak ada peristiwa yang saling mengaitkan kedua isu tersebut, maupun persamaan kebijakan, karakter, dan sektor aparat pemerintah yang menanganinya.

Bagan 5. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Membicarakan Isu Utama dalam Klaster Polkam (Juni 2021)

Bagan 6. Jejaring Ontologi Aktor yang Aktif Dibicarakan terkait Isu Utama dalam Klaster Polkam (Juni 2021)

Download Publikasi