header

Acara

Acara

img

Menelusuri Langkah Akselerasi Transformasi Ekonomi Digital di Indonesia

Seminar Selasa, 14 November 2023 08:30 - 12:00 WIB

Seminar ini bertujuan untuk menyebarkan informasi tentang transformasi teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung kemajuan ekonomi. Diharapkan acara ini akan menjadi forum penting untuk membahas kebijakan nasional terkait ekonomi digital. Jangan lewatkan kesempatan ini pada tanggal 14 November 2023, pukul 08.30-12.00 WIB di Universitas Padjajaran. Bergabunglah dalam diskusi ini untuk memahami peran penting teknologi dalam perkembangan ekonomi kita.

img

Menyelami Posisi Strategis Indonesia dalam Rantai Nilai Global: Perspektif Nasional, Regional, dan Internasional

Seminar Senin, 30 Oktober 2023 09:00 - 12:00 WIB

Ikuti seminar yang berjudul "Menyelami Posisi Strategis Indonesia dalam Rantai Nilai Global: Perspektif Nasional, Regional, dan Internasional". Temukan diskusi mendalam tentang posisi Indonesia dalam GVCs di tengah kompetisi geoekonomi dan cara kita mencapai posisi strategis di masa depan. Seminar ini akan diadakan pada hari Senin, 30 Oktober 2023, pukul 09.00 - 12.00 WIB di Gedung Konferensi Theater 1, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

img

Transformasi Ekonomi Biru Menuju Indonesia Emas 2045

Seminar Jum'at, 27 Oktober 2023 13:30 - 17:00 WIB

Datang dan bergabunglah dalam seminar "Transformasi Ekonomi Biru Menuju Indonesia Emas 2024" pada 27 Oktober 2023, pukul 13.30 - 17.00 WITA di Universitas Sam Ratulangi. Seminar ini akan mendiskusikan bagaimana ekonomi biru bisa menjadi alternatif baru dalam menopang perekonomian nasional. Juga, ini adalah kesempatan bagi mahasiswa dan masyarakat untuk memahami lebih dalam tentang potensi ekonomi biru di Indonesia.

img

Rivalitas Strategis dan Dinamika Geopolitik

Seminar Kamis, 26 Oktober 2023 09:00 - 12:00 WIB

Rivalitas negara adidaya yang tak kunjung mereda mengakibatkan instabilitas global dan menghambat laju pembangunan internasional. Bersama dengan Universitas Mulawarman, LAB 45 akan menyelenggarakan seminar kolaborasi dalam menyajikan perkembangan persaingan kekuatan global dan dampaknya bagi Indonesia serta kawasan. Menilik lebih dalam, seminar ini juga mempertimbangkan peran-inisiatif negara-negara non-adidaya dalam konteks geopolitik yang semakin kompetitif. Selain itu, seminar ini juga akan mengevaluasi peluang dan tantangan yang muncul dari persaingan geopolitik, khususnya bagaimana Indonesia bisa memitigasi risiko dan mengoptimalkan peluang guna memajukan kepentingan nasional.

img

Tantangan dan Potensi Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia

Seminar Selasa, 24 Oktober 2023 09:00 - 12:00 WIB

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat mendorong banyak negara untuk mempersiapkan diri menghadapi transformasi digital. Indonesia, sebagai negara berkembang dengan potensi di sektor digital yang berlimpah, juga tengah mengantisipasi keadaan tersebut. Meskipun salah satu tujuan utama transformasi digital adalah menjembatani ketimpangan antara Jawa dengan daerah lainnya, proses transformasi digital di Indonesia saat ini masih didominasi oleh diskursus yang terpusat di Jakarta dan Pulau Jawa. Untuk itu, diperlukan diskusi dan kolaborasi dengan masyarakat dan institusi di luar Pulau Jawa untuk mempercepat proses transformasi digital di Indonesia.

img

Optimasi Industri Pertahanan Nasional Indonesia

Seminar Selasa, 24 Oktober 2023 09:00 - 12:00 WIB

kuti seminar yang akan meningkatkan kesadaran Anda tentang pentingnya optimasi industri pertahanan nasional untuk transformasi militer Indonesia. Dapatkan wawasan tentang hambatan, peluang, dan realitas industri ini dalam konteks geopolitik hingga tataran lokal di Kepulauan Riau. Pelajari juga bagaimana Anda dapat berkontribusi dan bersaing dalam rantai pasok global. Narasumber akan membahas secara mendalam tentang optimalisasi industri, kesiapan SDM, dan peran mahasiswa dalam ekosistem industri pertahanan.

img

Meniti Jalan Menuju Transformasi Ekonomi Hijau di Indonesia

Seminar Senin, 23 Oktober 2023 12:00 - 15:00 WIB

Upaya mengatasi perubahan iklim memiliki urgensi tinggi bagi Indonesia mengingat dampak yang ditimbulkan. Bentuknya yang berupa gugusan kepulauan di wilayah tropis membuat Indonesia terancam akan mengalami lebih banyak bencana seperti banjir dan pasang air laut. Meskipun Indonesia telah mencanangkan capaian target net zero emission (NZE) pada tahun 2060, Indonesia masih memiliki kekurangan krusial dalam berbagai pengukuran ekonomi hijau. Untuk itu, diperlukan transisi menuju ekonomi yang lebih berkelanjutan dan bersahabat dengan alam.